Pentingnya Peran Komunikasi Pemasaran terhadap Perusahaan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
20 Juni 2022 17:49
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Carissa Rahma Wijaya tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : penulis
zoom-in-whitePerbesar
sumber : penulis
ADVERTISEMENT
Komunikasi pemasaran merupakan komunikasi dua arah yang penyebaran informasinya dilakukan oleh pembeli dan penjual yang terlibat dalam kegiatan pemasaran. Kegiatan ini membantu dalam pengambilan keputusan melalui pertukaran informasi, penjelasan persuasif, dan negosiasi.
ADVERTISEMENT
Komunikasi pemasaran memiliki peran penting bagi pemasar. Secara khusus, komunikasi pemasaran adalah sarana bagi perusahaan untuk secara langsung atau tidak langsung menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen tentang status produk yang mereka jual di pasar.
Komunikasi dalam pemasaran dibagi menjadi 3 bagian penting, yaitu:
1. Komunikator bertindak sebagai pengirim
2. Penerima akan menerima berita dari komunikator
3. Alat atau media penyampaian pesan berupa saluran menjadi saluran informasi
Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan, yaitu menyampaikan citra merek tertentu. Selain itu, komunikasi pemasaran dapat mengembangkan kesadaran konsumen terhadap produk/jasa yang dihasilkan perusahaan. Menginformasikan kepada konsumen tentang produk/jasa yang ditawarkan, sehingga meningkatkan penjualan perusahaan.
Kerangka dasar pada komunikasi pemasaran dapat ditujukan untuk mempengaruhi konsumen tentang gaya dan harga suatu produk, bentuk dan warna kemasannya, serta sikap dan tata cara berpakaian staf penjualan, barang, dekorasi toko, sebagai bentuk komunikasi kepada pembeli.
ADVERTISEMENT