• 4

Fakta-fakta tentang Kondisi Anak Asri Welas

Fakta-fakta tentang Kondisi Anak Asri Welas


Asri Welas menyusui anaknya.

Asri Welas menyusui anaknya. (Foto: Instagram/@asri_welas)
Perasaan artis Asri Welas masih terus diliputi kecemasan melihat sang buah hati terbaring lemah di rumah sakit. Ia harus menerima kenyataan jika anak tercintanya, Rayyan Gibran Ridha Rahardja yang baru berusia 5 bulan ini divonis dokter menderita katarak di kedua mata. Namun sampai saat ini Asri masih berdiri tegar demi mendampingi bayi mungil tersebut menjalani berbagai tindakan medis.
Di bawah ini kumparan (kumparan.com) mencoba merangkum perjalanan Asri mendampingi Ibran hingga bisa kembali melihat seperti anak normal lainnya.
1. Asri seolah merasakan langit runtuh saat mendengar vonis dokter
Siapa yang menyangka kebahagiaan Asri sebagai seorang ibu yang baru melahirkan Ibran pada 12 hari lalu harus berganti dengan kesedihan. Asri harus menerima kenyataan bahwa bayi mungil tersebut memiliki kelainan pada matanya sejak ia menginjak usia 3 bulan.
Hancur. Setidaknya itu yang dirasakan Asri pertama kali mendengar vonis dokter atas penyakit Ibran.
"Waktu itu Terus terang rasanya seperti langit runtuh harus menerima Kenyataan waktu Prof Rita (dokter yang menangangi anak Asri) bilang Mas Ibran ada katarak di ke 2 matanya," ujar Asri pada keterangan foto yang diunggah ke akun Instagramnya, Senin (11/9).
"Ini foto pemeriksaan pertama Mas Ibran diusianya 3 bulan. Pinternya anakku sayang, kita jalani semua pemeriksaan dari awal agar mas Ibranku bisa melihat dunia amin," katanya.
2. Bayinya Asri harus jalani operasi pengambilan katarak
Tak mau larut dalam kesedihan, Asri langsung meminta dokter untuk mengambil tindakan. Dengan kasihnya sebagai seorang ibu, Asri pun selalu mendampingi Ibran untuk melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum operasi.
"2 minggu setelah (periksa), Mas Ibran ku harus operasi pengambilan katarak. Ada banyak yg harus di periksa karena ada banyak sebab kenapa bisa terkena katarak," tulis Asri pada unggahan selanjutnya di Instagram.
"Pada awalnya asri melihat di usia 3 bulannya ada titik putih tepat di tengah mata di ke dua matanya mas Ibran, bismillah operasi berjalan lancar," lanjutnya.
Perempuan berusia 38 tahun ini pun menjelaskan bahwa penyakit yang diderita Ibran bukan karena virus rubela dan tokso, karena pemeriksaan kehamilan Asri dinyatakan negatif dari virus tersebut.
"Di mas Ibran sendiri juga tidak ada virus tersebut. Kita periksa apakah jantungnya bocor, alhamdulilah tidak. Otaknya apakah ada virus, alhamdulilah tidak ada. Tahap awal adalah operasi pengangkatan di mata kanan nya," ujar Asri.
Setelah operasi mata kanan berjalan dengan lancar, 2 minggu kemudian dokter kembali mengemabil tindakan pada mata kiri Ibran. Lagi-lagi dengan ketegarannya, Asri berharap kondisi anaknya tersebut dapat segera membaik.
"Alhamdulilah mata mas Ibran bisa melihat dengan menggunakan kacamata +16, sehingga dilakukan operasi pengangkatan katarak di mata kirinya mas Ibran," tuturnya.
Dokter pun menyarankan agar Ibran diberikan latihan dengan mainan digantung di atas mata yang berwarna, berbunyi dan juga bercahaya untuk memberikan stimulus pada retina Ibran.
3. Ibran alami diare dan infeksi saluran kencing

Ketegaran pemain film 'Cek Toko Sebelah' ini ternyata masih harus diuji. Ternyata Ibran tak hanya menderita katarak tapi juga sempat mengalami diare dan infeksi saluran kencing. Hal ini membuat Asri langsung melarikan bayi mungil tersebut ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan secara intensif.
"Mas Ibran kemarin2 Ada diare sehari bisa 15 kali pup yang membuat Berat badan Nya juga turun. Alhamdulilah sudah normal tidak ada diare Lagi," ujar Asri dalam keterangan video yang diunggah pada akun Instagramnya, Selasa (12/9).
"Sedangkan dalam penyembuhan infeksi pada pipisnya juga Dr. Clara bilang sudah membaik menuju sembuh, Dr. Clara juga sedang mengecek darah nya mas Ibran untuk mengetahui metaboliknya yang Akan dikirim ke Malaysia," sambungnya.
4. Ibran pakai kacamata +16
Setelah kondisi diare dan infeksi saluran kencingnya membaik, kondisi kedua mata Ibran pun diketahui berangsur-angsur membaik.
"Terima kasih ya ALLAH terima kasih Prof.Rita dan team membuat mas Ibranku bisa melihat warna warni dunia. mas Ibran akan memakai kacamata untuk membantu retinanya berkembang baik," ujar Asri dalam akun Instagram pribadinya.
Asri pun mengatakan bahwa saat ini buah hatinya tersebut harus memakai kacamata yang dirancang khusus agar penglihatannya semakin jelas.
"Pagi ini Alhamdulilah kacamata nya sudah datang. Alhamdulilah ya ALLAH bisa melihat dunia yang warna warni, minta doanya teman2 ku tercinta mas Ibranku sedang recovery pasca operasi," ungkap Asri dalam video yang memperlihatkan Ibran tengah memakai kacamata.
Kabar baik lainnya yang diumumkan Asri adalah sariawan di atas amandel yang sempat membuat bayinya susah untuk minum susu pun sudah membaik. Hal itu membuat berat badan Ibran yang sempat menyusut, perlahan mulai bertambah
"Ibran tidak lupa refleks menyusui dari mulutnya untuk meningkat kan Berat badan. Alhamdulilah Berat badan Nya juga naik secara bertahap dan bagus terima kasih doanya teman2 ku, sobat @deltafm kU. Mas Ibranku kuat, mas Ibranku sembuh. Hari ini 5 bulan mas Ibran ki," lanjutnya.
5. Ibran jalani transfusi darah karena penurunan HB

Kecemasan Asri kembali muncul saat Ibran harus menjalani tindakan medis lain. Ya, meskipun kondisinya membaik namun ternyata Ibran mengalami penurunan HB sehingga harus dilakukan transfusi darah.
"Selamat pagi, dari semalam kita membutuhkan darah O+ untuk mas Ibram karena HB nya rendah dan trombositnya tinggi akibat kemarin mas Ibram diare, dan infeksi saluran kemih , berat badannya alhamdulilah sudah meningkat dan membaik namun HB nya rendah juga trombositnya tinggi sehingga pagi ini harus ada tindakan transfusi darah," tulis Asri pada Rabu (13/9).
Transfusi darah pun berjalan selama 4 jam. "Dari semalam mencari darah O+ alhamdulilah sudah kita dapat pagi ini dari pihak rumah sakit minta doanyA pagi ini selama 4 jam mas Ibranku akan transfusi darah mas Ibranku sehat, mas Ibran kU sembuh," lanjutnya.
Namun di tengah-tengah transfusi yang dilakukan ternyata ada sedikit kendala. Hal itu lagi-lagi membuat Asri cemas. Karena pembuluh vena Ibran yang masih kecil, maka langsung terjadi pembengkakan di tangan.
"Memang mas Ibran masih 5 bulan jadi pembuluh Vena nya kecil sehingga baru 3 cc masuk, tangannya bengkak, sehingga kita harus mencari pembuluh baru, dan darah yang akan masuk sudah tidak dapat digunakan lagi, kita sedang menunggu darah O+ yang baru, alhamdulilah sekarang Mas Ibran sudah ditangani dokter bedah untuk mencari pembuluh vena dalamnya sehingga transfusi darahnya bisa berjalan baik. minta doanya teman2," ungkap Asri kembali dalam postingan video di akun Instagramnya, Rabu (13/9).

Asri pun seolah tak pernah lelah memberikan semangat kepada buah hatinya, meskipun rasanya hati Asri juga bergejolak melihat kondisi Ibran.
"Anakku sayang mas Ibran semangat nya ☺️ tidak ada sedih di rautnya ☺️kuat ya sayang, mas ibran sehat, selalu Senyum dan ketawa Kalo nyanyi lagu kesukaannya," tutup Asri.



HiburanSelebritiGosipListicle Artis

500

Baca Lainnya