Entertainment
·
25 Juli 2017 10:24

Iqbaal 'CJR' Masuk Geng Motor di Bandung Demi Peran 'Dilan'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Iqbaal 'CJR' Masuk Geng Motor di Bandung Demi Peran 'Dilan' (156920)
Iqbaal eks CJR (Foto: Munady Widjaja/kumparan)
Aktor muda Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan beberapa waktu yang lalu baru saja terpilih menjadi pemeran utama dalam film yang diadaptasi dari novel berjudul 'Dilan' karya Pidi Baiq.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, pro dan kontra atas terpilihnya pria berusia 17 tahun tersebut menjadi tokoh Dilan masih berlanjut. Namun, Iqbaal terlihat santai dan tak menanggapi orang-orang yang memandangnya sebelah mata.
"Dari sebelumnya, dia (Pidi Baiq) udah bilang, 'Nanti kalau misalnya ada yang enggak suka kamu jadi Dilan, santai aja, Bal'. Jadi ya, tetap semangat lah!," ungkap Iqbaal ketika dijumpai di kantor Falcon Pictures, Duren Tiga, Jakarta Selatan.
Tinggal satu hari lagi sebelum syuting pertama film Dilan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Segala macam persiapan telah dilakukan Iqbaal agar proses syutingnya berjalan lancar. Mulai dari melakukan proses reading, adaptasi dengan motor Dilan, bahkan sampai berlatih fighting.
"Tiap hari reading, tiap hari workshop motor, kemarin latihan fighting terakhir. Nanti di Bandung fighting lagi, H-1 sebelum scene-nya," terang personel CJR tersebut.
ADVERTISEMENT
"Buat fighting-nya sendiri, kemarin ditanganin sama Piranha team, yang sempat bikin film Merantau sama The Raid 1. Pegel ya.. Pemanasan aja sudah 20 menit sendiri. Tapi enggak apa-apa, seru, jadi olahraga buat gue dan pengalaman yang baru juga," imbuhnya sambil tertawa
Iqbaal 'CJR' Masuk Geng Motor di Bandung Demi Peran 'Dilan' (156921)
Iqbal CJR menjadi pemeran 'Dilan' (Foto: DN. Mustika/kumparan)
Dalam cerita sendiri, karakter Dilan merupakan seorang anak SMA yang pintar namun juga nakal. Dilan diketahui merupakan salah seorang personel geng motor di kota Bandung. Dilan juga punya julukan sebagai 'Panglima Tempur'.
Bahkan demi mendalami peran sebagai seorang anggota geng motor, Iqbaal sampai harus terjun langsung ke dalam geng motor ternama di Bandung.
"Sebenarnya kalau masuk geng motor sendiri sudah, dari workshop sebulan lalu. Pas sudah tahu jadi Dilan, langsung dibawa ke Bandung. Terus diajak sama ayah (Pidi Baiq) ketemu geng motornya. Besok juga mau ketemu lagi sama geng motornya, sama ayah juga," jelas Iqbaal.
ADVERTISEMENT
Menurut pelantun 'Sampaikan Sayangku untuk Dia' ini maksud dan tujuannya berbaur dengan anak-anak geng motor, supaya ia bisa lebih mendalami peran. Ia harus tahu apa yang dilakukan anak-anak geng motor saat sedang berkumpul bersama.
"Jadi (kemarin) lebih banyak ngobrol, sharing, gitu," lanjutnya.
Iqbaal 'CJR' Masuk Geng Motor di Bandung Demi Peran 'Dilan' (156922)
Konpers Film Dilan. (Foto: D.N. Mustika Sari/kumparan)
Pria yang kini menempuh pendidikan di Amerika Serikat itu ternyata juga mendapatkan sambutan hangat dari para geng motor di Bandung untuk memerankan tokoh Dilan.
"Mereka keren banget sih, mereka fully support gue sebagai Dilan. Karena kebanyakan dari mereka emang kenal ayah, dari 2001. Sekian tahun lamanya. Jadi gue dikasih kepercayaan enggak cuma dari ayah tapi juga dari geng motor sendiri. So Insya Allah lah (lancar)," katanya.
Lalu kira-kira, bagaimana ya pandangan Iqbaal selama ini terhadap geng motor?
ADVERTISEMENT
"Selama ini, persepsi orang-orang yang harus dilurusin. Geng motor kan kelihatannya kayak, wah! bandel, galak, awut-awutan. Padahal enggak gitu juga, sih."
"Kalau emang geng motornya keren, jadi organisasi ya keren-keren aja, justru, bisa keliling Bandung, bisa keliling Indonesia. Cuma geng motor yang rese aja tuh yang bacok-bacokin orang, emang enggak jelas aja sih kalau yang kayak gitu," ujarnya dengan santai.
Iqbaal 'CJR' Masuk Geng Motor di Bandung Demi Peran 'Dilan' (156923)
Konpers Film Dilan. (Foto: D.N. Mustika Sari/kumparan)
Sebelumnya, Nama Iqbaal 'CJR' mendadak ramai diperbincangkan setelah ia 'dinobatkan' untuk memerankan sosok Dilan. Namun tak semua dapat menerima keputusan tersebut.
Berbagai respons netizen pun ramai menghiasi dunia maya setelah misteri siapa yang akan memerankan Dilan, terungkap. Netizen pun terbagi dua kubu. Ada yang mendukung ada pula yang menghujat.
ADVERTISEMENT
Sebagian yang kecewa pun bertanya-tanya mengapa harus Iqbaal yang terpilih sebagai Dilan. Mereka pun mengungkapkan sosok imajinasi mereka hancur dalam sekejap hanya karena seorang Iqbaal yang dipilih.
Ya, netizen boleh saja mengungkapkan isi hati, kekecewaan, atau pun pujian. Namun ternyata Iqbaal bisa santai memberikan tanggapan atas semua komentar negatif dari netizen.
"Film sekelas Harry Potter aja yang selesai shooting tahun 2014, sampai sekarang, fans berat Harry Potter bilang kalau Daniel Radcliffe enggak cocok meranin tokoh Harry Potter. Jadi, kalau ada yang bilang gue juga kayak gitu, gue rasa itu yang malah bakal bikin ini film ini jadi laris manis," tutupnya dengan santai.