Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.89.0
Konten dari Pengguna
English Fun: Belajar Kosa Kata Dengan Flashcards di SDN 02 Gunungjaya
3 Februari 2024 16:26 WIB
Tulisan dari Sesa Rahmadayanti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pendidikan anak sejak dini membutuhkan inovasi yang menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. KKN Desa Gunungjaya Tim 1 2023/2024 memberikan pengalaman belajar yang kaya melalui penggunaan kartu gambar (flashcards) dan mini games, khususnya "What's Missing" dan "Musical Cards" pada tanggal 20 Januari 2024. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya proses pembelajaran kosa kata, tetapi juga membawa kegembiraan dan interaksi yang positif ke dalam kelas.
ADVERTISEMENT
Pilar dari inisiatif pembelajaran ini adalah penggunaan flashcards. Setiap kartu menggambarkan objek atau konsep tertentu dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, siswa tidak hanya mengasah kemampuan membaca, tetapi juga memperoleh pemahaman visual dan kosa kata baru.
Permainan Pertama: "What's Missing"
Permainan "What's Missing" menjadi daya tarik utama dalam proses pembelajaran. Sebuah set kartu gambar ditampilkan untuk sejenak, memberikan waktu bagi siswa untuk meresapi kosakata. Setelah itu, kartu-kartu tersebut diacak lalu satu kartu dihapus tanpa diketahui. Tantangan untuk siswa adalah mengidentifikasi kartu yang hilang. Permainan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan mengingat, tetapi juga melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Permainan Kedua: "Musical Cards"
Kartu-kartu gambar diletakkan di lantai, dan sambil mendengarkan musik, siswa bergerak di sekitar kartu-kartu tersebut. Saat musik berhenti, mereka harus cepat mengambil kartu terdekat dan mengenali objek yang ada pada kartu. Permainan ini menggabungkan unsur kompetisi dan gerak, menjaga tingkat keterlibatan siswa dan menyelipkan kesenangan dalam pembelajaran.
ADVERTISEMENT
Pendekatan pembelajaran ini telah memicu peningkatan partisipasi siswa. Permainan ini dapat memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar.
Melalui permainan "What's Missing" dan "Musical Cards", siswa tidak hanya mengenal kata-kata baru, tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka untuk menyimpan dan mengingat informasi dengan lebih baik.
Sifat interaktif dari permainan ini telah menciptakan lingkungan yang mendukung peningkatan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris. Proses belajar tidak hanya terbatas pada kata-kata, tetapi juga melibatkan elemen keterlibatan dan kreativitas.
Pembelajaran kosa kata menggunakan flashcards dan mini games di SDN 02 Gunungjaya telah membuktikan bahwa pembelajaran tidak hanya bisa efektif tetapi juga menyenangkan. Melalui permainan interaktif seperti "What's Missing" dan "Musical Cards", Kegiatan ini telah membuka pintu bagi pemahaman yang mendalam tentang Bahasa Inggris dengan cara yang menghibur. Kegiatan ini tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang dinamis tetapi juga mengembangkan pengetahuan siswa, kegiatan ini juga dapat menanamkan fondasi yang kuat untuk pemahaman bahasa Inggris yang lebih mendalam di masa depan.
ADVERTISEMENT