News
·
7 Mei 2021 16:05

Mencicipi Kuliner Halal Citra Rasa Indonesia di Shanghai, China

Konten ini diproduksi oleh Cerita Santri
Negeri China tiap tahun semakin menunjukkan perkembangan di berbagai sektor. Mulai teknologi, pendidikan, dan lainnya. Pandemi Covid-19 yang berasal dari sana juga berhasil mereka atasi di negerinya sendiri berkat kecanggihan teknologi yang mereka punya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tentunya kita sudah tidak asing dengan kelezatan kuliner asal negeri tirai bambu yang melegenda. Namun, di samping menjamurnya masakan China di seantero dunia, di negara itu sendiri juga ada masakan khas Indonesia yang nangkring di salah satu sudut kota besar Shanghai.
Restoran itu bernama Bali Bistro, dan menjadi satu-satunya restoran halal Indonesia yang ada di Shanghai. Kelezatan masakan restoran ini akan kita telusuri bersama salah satu alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, Muhammad Fairuz Fikri.
Keinginan Fairuz, sapaannya, untuk kuliah di luar negeri telah ia pupuk sejak ia masih kecil. Orang tuanya juga yang selalu menanamkan mindset tersebut.
Ketika memilih Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, Fairuz makin percaya mimpi itu akan ia wujudkan mengingat juga sudah banyak alumni pesantren ini yang berkuliah di luar negeri. Tentunya ia harus beradaptasi di sana.
ADVERTISEMENT
Mulai dari bahasa yang sangat berbeda dengan Indonesia, kesulitan mencari masjid karena China bukan negara dengan mayoritas penduduk muslim, serta sulitnya mencari makanan halal. Untungnya, Bali Bistro ini hadir sekaligus bisa menjadi pilihan Fairuz ketika kangen masakan Indonesia.
Bali Bistro yang akan kita kunjungi bukan hanya terkenal dengan keautentikkan masakan Indonesianya, namun juga sederet prestasi yang sudah mereka raih. Restoran yang dulunya merupakan tempat bagi masyarakat dan pejabat Indonesia selama fase persiapan Shanghai Expo pada tahun 2008 ini sekarang menjadi mitra resmi kampanye “Wonderful Indonesia” oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.
-------------------------------------------------------------------------
*Selama bulan Ramadhan, Alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, bekerja sama dengan Kumparan, akan mengajak kita berkeliling ke sejumlah destinasi yang menjadi pilar peradaban Islam.
ADVERTISEMENT