Tugu dan Museum Rempah Akan Dibangun di Ternate

Konten Media Partner
30 Desember 2021 19:43
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Suasana Launching City Branding 'Ternate Kota Rempah'. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Suasana Launching City Branding 'Ternate Kota Rempah'. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan membangun tugu dan museum rempah di Kota Ternate. Hal itu dilakukan pemerintah kota sebagai upaya memperkuat city branding 'Ternate Kota Rempah'.
ADVERTISEMENT
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, saat memberikan sambutan pada launching city branding di Benteng Oranje, Rabu (29/12), mengatakan akan menyiapkan tugu rempah, museum rempah, dan pasar rempah.
“City Branding ini merupakan identitas untuk memotret Ternate Kota Rempah. Nanti ada regulasi peraturan wali kota, bahkan kita menyiapkan laboratorium petani yang di dalam ada bibit pala dan cengkih sebagai ciri khas utamanya," kata Tauhid.
Selain itu, kata dia, Pemkot Ternate akan memperkuat internalisasi dan sosialisasi city branding Ternate sebagai kota rempah.
"Langkah pertama yang dilakukan adalah menyampaikan ke seluruh OPD, sekolah, maupun kantor pemerintahan yang ada di Kota Ternate agar setiap pojok gedung pemerintahan dan kota harus diisi dengan ciri khas rempah," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Secara estetika, bisa dipakai dalam rangka memperkuat internalisasi rempah-rempah, kemudian pemerintah juga bekerjasama dengan pihak Bandara Babullah agar ketika orang masuk di Ternate sudah ada ciri khas yang menandakan Ternate Kota Rempah,” tambahnya.
Sementara Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, menambahkan bahwa Pemerintah Kota Ternate telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Nomor 29 tahun 2021 tentang City Branding Kota Ternate.
Ia menginginkan, dengan adanya regulasi tersebut turut memperkuat city branding agar benar-benar aroma rempah tercium seantero Kota Ternate.
"Caranya adalah berbagai manajemen branding akan dilakukan tahun 2022, sehingga disosialisasikan apa itu kota rempah sampai pada kalangan remaja maupun masyarakat umum," kata Rizal.
Ia menyebut, Bappelitbangda ke depan juga bakal mengintervensi secara kuat pada OPD dan stakeholder lainnya untuk bergandengan sama-sama berkolaborasi menggerakkan kota rempah ini.
ADVERTISEMENT
“Jadi ke depan hotel akan diubah welcome drink, minuman pembuka ketika orang datang di restoran itu disediakan sirup yang beraroma rempah. Sehingga identitas Ternate masuk segala dimensi di lingkungan Pemerintah Kota Ternate itu,” harapnya. (SAR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·