kumparan
24 Juli 2019 17:20

Belajar dari Kasus Bank Mandiri, Lakukan ini Saat Sistem Eror

Nomor Rekening.jpg
Saldo rekening para nasabah Bank Mandiri sempat mengalami eror membuat panik. Kasus ini terjadi selama seharian pada Sabtu, 20 Juli kemarin. Ada saldo nasabah yang tinggal nol rupiah, tapi ada juga yang rekeningnya bertambah.
ADVERTISEMENT
Kasus saldo eror atau hilangnya saldo pada rekening bukanlah hal yang baru muncul sekali atau dua kali. Bahkan kasus seperti ini bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya bisa karena sistem eror atau memang adanya pencurian uang di rekening seperti skimming.
Jika hal itu terjadi pada bank, di mana tempat Anda menabung, ada tiga hal utama yang seharusnya dilakukan sebagai nasabah cerdas, sebagai berikut:
1. Tidak Perlu Panik
Siapa sih yang tidak panik ketika melihat saldo rekening tiba-tiba berkurang banyak tanpa sebab atau bahkan hilang hingga nol rupiah? Hal ini memanglah sangat wajar, tapi seharusnya nasabah tak perlu merasa khawatir akan hal itu.
ADVERTISEMENT
Semua uang nasabah yang ditabungkan tidak akan hilang begitu saja. Sebab, semua alur keuangan sudah terekam oleh sistem. Jadi, jika adanya perubahan saldo secara mendadak bisa dikembalikan lagi setelah sistem diperbaiki.
Selain itu, setiap nasabah yang membuka rekening di bank terpercaya juga akan langsung terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Baca artikel selengkapnya di sini.