Opini & Cerita
·
8 September 2020 17:02

Fase Quarter Life Crisis: Begini Tips Menghadapinya di Masa Depan

Konten ini diproduksi oleh Cermati
Fase Quarter Life Crisis: Begini Tips Menghadapinya di Masa Depan (170)
Fase quarter life crisis biasanya banyak dialami oleh mereka yang memasuki usia 25 tahun, 29 tahun atau 30 tahun awal.
ADVERTISEMENT
Fase ini biasanya memberikan 2 hasil yang menonjol antara memotivasi untuk lebih mengembangkan diri menjadi lebih baik atau menghancurkan kepercayaan diri hingga menyebabkan stress berkepanjangan.
Masing-masing hasil tersebut biasanya banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan pola pikir dari mereka yang mengalaminya. Karena kedua faktor tersebut adalah hal yang paling mendominasi kondisi psikologis dalam menghadapi fase ini.
Untuk itu, dukungan baik dari keluarga, teman terdekat hingga rekan kerja sangatlah penting dalam membantu seseoarang yang tengah mengalami fase ini untuk bisa melaluinya dengan baik, tanpa tekanan dan berujung ke hasil yang lebih baik.
Jadi apa sebenarnya fase quarter life crisis?
ADVERTISEMENT
Apakah fase ini memiliki gejala hingga solusi yang tepat untuk mengatasinya?
Berikut penjelasan lengkap tentang fase quarter life crisis, gejala dan tips menghadapinya yang telah dirangkum oleh Cermati.com:
Fase Quarter Life Crisis, Gejala Psikologi yang Normal Terjadi di Usia 20 dan 30 an
Pengertian fase quarter life dalam psikologi adalah momen ketika seseorang mulai mengalami kecemasan satu arah terhadap kualitas dan tujuan hidupnya selama ini.
Fase ini juga menyebabkan seseorang terus bertanya kepada dirinya tentang seberapa besar pencapaiannya selama ini tapi lebih kearah yang negatif atau pesimistik yang berlebihan.
Apakah fase quarter life crisis itu nyata dan benar-benar ada orang yang mengalaminya?
ADVERTISEMENT
Tentu saja fase ini hal yang nyata dan benar-benar dialami oleh banyak orang. Terutama mereka yang sudah memasuki usia 25 tahun keatas.
Fase ini tidak hanya membuat mereka yang mengalaminya banyak memikirkan tentang karir, keluarga, hubungan, keuangan, tujuan hidup tapi juga masa depannya dalam beberapa tahun hingga beberapa puluh tahun berikutnya.
Jadi gejala psikologi quarter life crisis adalah proses yang alami dan benar-benar normal.
Untuk mengenal gejala fase ini dan cara mengatasinya, kamu bisa baca selengkapnya disini!