kumparan
15 April 2019 15:32

Kata-Kata Motivasi Tokoh Terkenal untuk Pacu Semangat Korban Bullying

Bullying (1).jpg
Lini media massa tengah ramai dengan tagar Justice For Audrey (#JusticeForAudrey). Hastag ini viral sebagai bentuk dukungan dan simpati Netizen untuk Audrey, siswi SMP korban bullying atau perundungan oleh 12 pelajar SMA di Pontianak, Kalimantan Barat. Kasus tersebut mendapat perhatian dari berbagai kalangan, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai artis Bollywood, Kareena Kapoor.
ADVERTISEMENT
Audrey mungkin tidak sendiri. Beberapa orang di antara kita pasti pernah mengalami bullying. Dihina, diejek, dicemooh, disindir, bahkan mengarah pada kekerasan fisik. Bagi si korban, manusiawi sih kalau sakit hati dan dendam kepada pelaku, mengingat perilaku bullying akan selalu membayangi hidup korban. Dampak buruk yang ditimbulkan dari bullying, mulai dari down, kehilangan percaya diri, depresi, hingga keinginan bunuh diri. Ngeri banget ya.
Bullying akan selalu menyisakan trauma. Tidak mudah menyembuhkan luka itu. Tidak seperti putus cinta yang bisa diobati dengan mencari penggantinya. Tetapi, kamu harus mampu bangkit dari keterpurukan akibat perundungan tersebut. Berdiri lagi karena jalanmu masih panjang. Ada masa depan cerah menantimu.
Kamu bisa memacu semangat dari kata-kata motivasi 5 tokoh terkenal ini. Mereka yang pernah menjadi korban bully saat masih duduk di bangku sekolah, namun sekarang sukses, berprestasi, dan bergelimang harta.
ADVERTISEMENT
1. Lady Gaga
“Kalau kamu memiliki mimpi, berjuanglah untuk mimpi tersebut. Bahkan passion sekalipun perlu disiplin. Ini juga bukan tentang berapa kali kamu ditolak, gagal, atau terjerembab. Tapi ini tentang berapa kali kamu bisa berdiri lagi, dan kembali memberanikan diri untuk terus bertahan.”
Tips: Mimpi harus terus dikejar apapun halangan dan rintangan yang ada di depan mata. Tak peduli dengan perkataan, sikap, perlakuan orang-orang jahat yang menjegal mimpimu. Jika kamu terjatuh, marah, kesal, sedih, kecewa, takut, tidak percaya diri saat berusaha menggapai mimpi, jangan berlarut-larut. Segera bangkit, anjing menggonggong, kafilah berlalu. Biarkan orang mau bilang apa. Teruslah berjuang, kerja keras, disiplin, dan berdoa, maka suatu saat kamu akan mereguk kesuksesan dan mencapai apa yang kamu cita-citakan.
ADVERTISEMENT
Stefani Joanne Angelina Germanotta atau dikenal dengan Lady Gaga, pernah di bully habis-habisan semasa sekolah dan kuliah. Bukan hanya menjadi bahan tertawaan karena fisik, seperti memiliki hidung besar, tapi aktris dan penyanyi yang baru saja berhasil menyabet piala di Oscar 2019 itu juga pernah diejek “Stefani Germanotta, kamu tidak akan pernah terkenal.”
2. Kylie Jenner
“Di mana-mana ada hal yang di bully. Mereka yang ter-bully, kalian tidak sendiri. Kalian yang di bully, satu-satunya pendapat yang penting adalah pendapatmu dan jangan pernah berubah.”
Tips: Mendengar ejekan, hinaan, cemoohan, dan perkataan kasar dari orang yang tidak menyukaimu tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada yang dikomentari miring atau jelek. Jadi abaikan saja, jangan terpengaruh dengan komentar-komentar tersebut. Tetaplah jadi diri sendiri, ikuti kata hati untuk meraih impian dan cita-citamu. Ini adalah jalan hidupmu, kamu yang memutuskan dan kamu yang menjalani.
ADVERTISEMENT
Model sekaligus pengusaha sukses, Kylie Jenner ternyata memiliki masa lalu yang pahit. Si bungsu dari keluarga Kardashian-Jenner ini sudah di bully sejak umur 9 tahun dari sana sini. Dikatain bibir tipis lah, postur tubuh terlalu flat, bahkan dikabarkan operasi plastik, pasang implan. Pokoknya enggak ada benarnya di mata haters.
Tapi sepertinya Kylie mampu berdamai dengan pengalaman buruk tersebut. Masa bodoh, cuek dengan komentar-komentar negatif orang lain. Terbukti, adik dari Kendal Jenner itu saat ini dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia versi Majalah Forbes 2019. Di usia yang baru 21 tahun, Kylie telah memiliki harta kekayaan USD1 miliar atau setara Rp14,1 triliun dari bisnis kosmetiknya, Kylie Cosmetics.
3. Tom Cruise
"Saya akan membuat diri saya sebagai diri saya sendiri, bukan seperti yang orang lain inginkan saya menjadi apa.”
ADVERTISEMENT
Tips: Kamu adalah kamu, bukan orang lain. Hidupmu pun demikian. Kamu pasti tidak ingin orang lain, termasuk para Netizen menyetir hidupmu untuk menjadi ini dan itu. Mereka bukan Tuhan yang menciptakan-Mu, memberi rezeki, sehingga mereka tidak berhak atas apapun di dalam dirimu. So, apapun bentuk bully-an orang lain terhadapmu, jangan sampai mengubah dirimu. Be your self, karena yang kamu butuhkan bukan seberapa banyak orang menyukaimu, tapi seberapa nyaman kamu menjadi diri sendiri.
Tom Cruise pernah menjadi korban bullying saat masih sekolah. Aktor dan produser hollywood berusia 56 tahun itu sering diejek teman-temannya karena logat atau gaya bicara yang aneh. Tom pun kerap melawan saat di bully untuk memberi efek jera pada si pelaku.
ADVERTISEMENT
4. Sudhamek
“Pada saat mengalami luka batin, emosional terus, saya lawan dengan bentuk kemarahan. Tapi kemarahan, kecewa, rasa terhina itu saya ubah menjadi energi untuk saya buktikan bahwa saya tidak seperti yang mereka bayangkan.”
Tips: Jadikan hinaan, ejekan, cemoohan, hujatan sebagai pecutan untuk membuktikan kepada mereka yang meremehkanmu bahwa kamu bisa sukses, maju, berkembang, menjadi lebih baik. Bukan hanya mengisi hati dengan amarah dan dendam yang bisa menyeretmu pada perilaku jahat. Kalau kamu berbuat jahat untuk membalas perlakuan mereka, apa bedanya kamu dengan mereka.
Tetaplah menjadi orang baik. Balas kejahatan dengan kebaikan dan sikap rendah hati, sehingga mereka tersadar bahwa kamu orang yang baik dan tulus, tak pantas diperlakukan buruk. Bahwa mem-bully yang ditujukan kepada siapapun adalah tindakan tidak terpuji.
ADVERTISEMENT
Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, pendiri GarudaFood sering di bully semasa duduk di bangku SMP dan SMA. Namanya dianggap aneh dan menjadi bahan tawaan teman-temannya ketika absen. Bukan hanya itu, konglomerat tersebut juga pernah dihina dengan sebutan “orang kere” yang membuat hatinya terluka dalam. Namun ia berusaha legowo dan mengubur kenangan pahit itu. Kini, Sudhamek dapat membuktikan. Orang kere menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Harta kekayaannya USD810 juta atau setara Rp11,4 triliun.
5. Tulus
"Saya mulai kompromi dengan pengalaman tersebut (bully). Saya bikin twist dari cerita itu. Bahwa ternyata dengan memanggil saya gajah, mereka mendoakan yang baik-baik untuk saya.”
Tips: Harus mendengar bully-an setiap hari memang menyakitkan. Tapi coba untuk tetap berpikir positif. Toh, belum tentu mereka lebih baik dari kamu. Diejek gendut misalnya, berarti kamu lebih makmur, sejahtera dari mereka. Jangan terlalu sedih dan dipikirkan terus menerus, malah bikin kamu stres. Mending kamu fokus pada hal-hal positif, seperti mengembangkan bakat, memperbaiki diri agar lebih mudah menggapai prestasi.
ADVERTISEMENT
Muhammad Tulus atau yang lebih populer dipanggil Tulus sewaktu kecil sering dipanggil gajah lantaran badannya yang bongsor. Tapi penyanyi papan atas Indonesia itu tak mau larut dalam kesedihan. Pemenang AMI Awards kategori “Artis Pria Soul/R&B/Urban Terbaik tahun 2017” itu, justru sukses dengan karier bermusik dan karyanya. Salah satunya lagu berjudul “Gajah” yang terinspirasi dari pengalaman buruk tersebut.
Kamu Juga Pantas Bahagia dan Sukses
Bahagia dan sukses milik siapapun, termasuk kamu para korban bullying. Memang tidak mudah melupakan pengalaman pahit dari praktik bullying. Tapi mau sampai kapan kamu diam dan terus terpuruk. Lawan dengan semangat dan tekad kuatmu untuk maju, membahagiakan orang-orang yang menyayangimu. Jangan berkecil hati. Buktikan kamu bisa lebih berhasil dari mereka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan