Bisnis
·
24 Mei 2020 9:13

Inovasi Pengusaha Muda Bantu Ojol Dongkrak Penghasilan di Tengah Pandemi Corona

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Inovasi Pengusaha Muda Bantu Ojol Dongkrak Penghasilan di Tengah Pandemi Corona (3870)
(Juan)
Ciremaitoday.com, Cirebon - Sebuah program inovatif lagi-lagi diciptakan anak bangsa di tengah pandemi COVID-19. Melalui program bertajuk #SehatBareng, salah satu produsen minuman lokal yakni itsbuah, membantu masyarakat yang bergelut di bidang transportasi online melawan COVID-19, dengan meningkatkan pendapatannya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, itsbuah juga membagikan 1.000 botol jus untuk tenaga medis. Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan di daerah, salah satunya di Cirebon, Jawa Barat.
Pendiri dan CEO itsbuah Hamzah Pasaoran Sinaga, selama delapan tahun ini perusahaannya konsisten untuk menyediakan alternatif hidup sehat bagi masyarakat. Selain itu, misi sosialnya juga membantu warga menengah bawah yang terdampak langsung secara ekonomi akibat pandemi COVID-19.
“Untuk saat ini, kita fokus membantu kepada para pengemudi ojek online. Meski kami menyadari yang terkena dampak ini sebenarnya berasal dari berbagai lapisan profesi, namun karena keseharian operasional kami berhubungan dengan mereka, maka kita fokuskan dulu ke segmen ini," katanya, Sabtu (23/5/2020).
Wabah ini, tidak saja mengancam kesehatan, juga ekonomi sektor riil yang bisa menimbulkan dampak lanjutan karena berpotensi merontokan tatanan sosial masyarakat.
ADVERTISEMENT
Tak terkecuali, pengemudi ojek online (ojol) sangat merasakan dampak ekonominya. Mayoritas driver ojol mengalami penurunan omzet hingga 70 persen karena merosotnya jumlah penumpang.
“Dari informasi yang kami dapati di lapangan, saat ini penghasilan mereka hanya kisaran Rp30 ribu rupiah per hari. Sebelum adanya Pandemi COVID-19, dalam sehari mereka bisa mendapat Rp200 ribu," imbuhnya.
Di sisi lain, selama Pandemi COVID-19 minat masyarakat terhadap itsbuah melalui pembelian online mengalami peningkatan. Peluang positif inilah yang menginspirasi program #SehatBareng.
"Jadi, untuk setiap pembelian paket IMMUNE Booster melalui GoFood atau Tokopedia, konsumen secara langsung membantu memberikan penghasilan tambahan sebesar Rp20 ribu rupiah kepada ojek online yang mengantarkan produk kami ke rumah. Pembayaran tersebut nantinya akan ditransfer langsung ke masing-masing pengemudi melalui GoPay dan OVO," terangnya.
ADVERTISEMENT
Selain bantuan insentif untuk kurir online, itsbuah juga membagikan 1000 botol cold pressured juice untuk tim medis yang menangani pasien COVID-19 di berbagai rumah sakit dalam program #nutrisibuatpejuang.
"Bagi konsumen yang membeli paket produk, maka tenaga medis akan mendapatkan 5 botol cold pressed juice dari itsbuah," tuturnya.
Pihaknya juga membuka ruang donasi langsung dari konsumen berupa dana yang akan disalurkan untuk membeli kelengkapan APD bagi tenaga kesehatan di lapangan.
“Intinya, di masa wabah ini kami ingin berkontribusi dari hulu ke hilir, dari upaya pencegahan, pengobatan hingga pertahanan ekonomi,” pungkasnya.