Food & Travel12 September 2020 18:10

Muncul Pulau Batu Datar saat Surut, Waduk Darma di Kuningan Diserbu Wisatawan

Konten Redaksi Ciremai Today
Muncul Pulau Batu Datar saat Surut, Waduk Darma di Kuningan Diserbu Wisatawan (62963)
Penampakan Pulau Batu Datar di tengah kawasan wisata alam Waduk Darma Kuningan, Jawa Barat. (Andri Yanto)
Ciremaitoday.com, Kuningan - Menyusutnya air di kawasan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, rupanya memberikan keuntungan tersendiri bagi pengelola wisata alam tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebab ketika air telah menyusut, maka akan muncul pulau kecil di tengah Waduk Darma yang menjadi daya tarik wisataan untuk berkunjung ke salah satu objek wisata alam andalan di Kabupaten Kuningan.
Bagi sebagian masyarakat setempat, pulau kecil itu diberi nama Batu Datar. Konon pada zaman dahulu, kawasan Waduk Darma merupakan areal permukiman warga.
Bahkan, jejak peninggalan adanya kehidupan masyarakat, terlihat dari bekas-bekas jalan maupun jembatan di tengah waduk. Pulau Batu Datar menjadi wahana baru di kawasan Waduk Darma, sebab dapat dijadikan tempat selfi maupun glamping.
“Kita saat ini sedang di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita perketat protokol kesehatan dan tetap menjaga kebersihan kawasan Waduk Darma. Kita juga sedang menata spot-spot baru, termasuk kawasan di bibir waduk juga dirapihkan,” kata salah seorang pengelola Waduk Darma Kuningan, Adam Firdaus saat ditemui Ciremaitoday, belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Apalagi saat air Waduk Darma surut, pihaknya tengah menyiapkan spot baru sebagai tempat berfoto pengunjung ataupun selfi. Sebab ketika air surut, maka akan muncul pulau di tengah waduk yang biasa disebut warga Batu Datar.
“Sebab jaman dulu, kawasan Waduk Darma ini adalah permukiman warga. Hal itu dapat dilihat dari bekas-bekas peninggalan jaman dulu berupa jalan dan jembatan di tengah waduk,” ungkapnya.
Dia menyebut, pengunjung dapat berjalan kaki hingga ke tengah waduk mendekati pulau Batu Datar. Namun hal itu dapat dilakukan jika airnya sudah betul-betul surut, namun sekarang jika ingin ke tengah waduk harus menggunakan perahu.
“Mungkin tak sampai satu bulan ini daratan sudah mulai terlihat hingga ke tengah waduk. Mudah-mudahan kalau terlaksana nanti kita akan buat glamping di pulau itu, termasuk untuk spot selfie bagi pengunjung,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Namun sebelumnya, pihaknya akan menata dan membersihkan terlebih dulu kawasan pulau Batu Datar. Supaya setiap pengunjung bisa lebih nyaman saat berada di pulau kecil tersebut.
“Kita juga sekarang sediakan fasilitas otoped, sehingga anak-anak bisa berkeliling di kawasan Waduk Darma,” pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white