News
·
9 April 2021 15:46

Revitalisasi Tahap 2 Waduk Darma Kuningan Dijadwalkan April 2021

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Revitalisasi Tahap 2 Waduk Darma Kuningan Dijadwalkan April 2021 (5664)
Area taman hasil revitalisasi tahap pertama kawasan wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Andri Yanto)
Ciremaitoday.com, Kuningan - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal melakukan revitalisasi tahap kedua kawasan wisata Waduk Darma, Kabupaten Kuningan. Proses revitalisasi ini dijadwalkan pada April 2021.
ADVERTISEMENT
Adapun anggaran yang disiapkan Pemprov Jawa Bawat diperkirakan mencapai Rp 40 miliar. Tahap revitalisasi lanjutan ini akan menyasar sejumlah warung hingga area permainan anak-anak.
"Iya rencananya April 2021 sudah mulai revitalisasi tahap dua. Namun kepastian tanggal berapa kita belum tahu, yang jelas pada bulan April akan dilakukan," kata Dewas Perumda Aneka Usaha Kuningan, Agus Mauludin kepada awak media, Jumat (9/4/2021).
Dia berharap, adanya revitalisasi ini mudah-mudahan dapat terbangun kawasan wisata seperti yang diharapkan Gubernur Jawa Barat. Walapun memang, revitalisasi tahap dua ini akan menyasar ke bangunan warung-warung milik warga.
"Kita memang akan rancang jangan sampai warga yang sudah berdagang di sini, malah nanti kehilangan mata pencaharian. Artinya, kita akan berikan ruang (relokasi) bagi masyarakat supaya masih dapat berdagang di sini," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Ke depan, lanjutnya, kawasan wisata Waduk Darma akan dijadikan tempat pariwisata yang terintegrasi dengan desa-desa lain. Sebab wisata Waduk Darma bukan berada di satu desa saja, namun ada beberapa desa lain sebagai penyangga kawasan wisata.
Revitalisasi Tahap 2 Waduk Darma Kuningan Dijadwalkan April 2021 (5665)
Lokasi parkir di kawasan wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Andri Yanto)
"Sehingga nanti para pengunjung bisa juga berwisata ke desa-desa penyangga dengan potensi wisata ciri khasnya. Mudah-mudahan ini menjadi kawasan wisata yang terintegrasi, kita sudah beberapa kali pertemuan dengan para pengurus desa-desa di sekitar Waduk Darma," sebutnya.
Oleh sebab itu, Ia menjelaskan, revitalisasi ini akan lebih fokus pada penataan di area kawasan wisata baik tempat berdagang, taman hiburan dan lainnya.
Sementara Kepala Desa Jagara, Nana Sutriana didampingi Kepala Desa Cikupa, Asep Surahman menyampaikan, rasa syukurnya ketika ada revitalisasi untuk menata kawasan wisata yang lebih baik kedepan. Hanya saja, jangan sampai revitalisasi ini merugikan masyarakat yang sudah bertahun-tahun memiliki usaha di Waduk Darma menjadi terpinggirkan.
ADVERTISEMENT
"Adanya revitalisasi ini tentu menjadi anugerah bagi kami. Namun kami juga memikirkan tentang masyarakat kami, agar revitalisasi ini tidak merugikan mata pencaharian masyarakat di sini," ujarnya.
Sebab menurutnya, tak sedikit warga di desanya yang berusaha di kawasan Waduk Darma Kuningan. Mereka sebagian besar menjadi pedagang warung, menarik perahu wisata hingga berjualan keliling.
"Jadi jangan sampai, setelah revitalisasi malah masyarakat kami dirugikan bahkan dikorbankan. Kami meminta agar mereka tetap bisa diakomodir untuk berusaha di sini, sehingga mata pencaharian warga kami tetap ada," pungkasnya.