Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.89.0
Konten dari Pengguna
Cublaksuweng, Souvenir VIP Kahiyang - Bobby
8 November 2017 12:08 WIB
Diperbarui 14 Maret 2019 21:14 WIB
Tulisan dari Cublaksuweng tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pagi ini, Rabu (8/10) putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu telah resmi menjadi istri dari pemuda Batak, Bobby Nasution.
ADVERTISEMENT
Dalam khasanah Jawa, ada sebuah lagu kanak-kanak (dolanan anak) yang secara khusus menjadikan kotak perhiasan sebagai judul lagu. Yakni Cublak-Cublak Suweng.
Secara harfiah, cublak berarti wadah sedangkan suweng adalah anting, perhiasan yang dipasang di telinga.
Sumber tertulis yang menceritakan sejarah dan makna lagu Cublak-Cublak Suweng memang belum jelas benar. Namun, dalam percakapan para pendemen kebudayaan Jawa, Cublaksuweng menjadi salah satu lagu yang memiliki tempat yang tinggi diantara lagu dolanan anak lainnya karena kedalaman maknanya.
Sunan Giri dipercaya sebagai sosok yang menciptakan lagu dan permainan Cublaksuweng.
Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri terkenal dengan metoda dakwahnya yang mirip dengan Sunan Kalijaga yakni menjadikan gamelan, sastra, dan tembang yang berfokis kepada rasa sebagai metoda dakwahnya. Salah satu yang paling terkenal dari metoda Sunan Giri yakni tembang Cublaksuweng ini.
ADVERTISEMENT
Berikut ini lirik lengkap beserta makna lagu dolanan Cublak-Cublak Suweng yang sering didiskusikan di forum pendeman budaya Jawa.
Cublak-cublak suweng, Suwenge teng gelenter. Mambu Ketundung Gudel. Pak Empo lera-lere. Sopo ngguyu delikkake. Sir Sir Pong Dele Kopong Sir. Sir Pong Dele Kopong.
1. Cublak Suweng = tempat Suweng. Secara harfiah suweng memang berarti perhiasan namun suweng juga bisa dibaca sebagai permainan bahasa, pemiyuhan dari Suwung yang berarti Kosong atau Sepi.
Jadi Cublaksuweng adalah paradok antara harta yang berupa segepok perhiasan sebagai material nyata berupa emas dan intan atau harta sejati yang berupa sebuah kesunyian, kotak suwung yang hanya berisi udara dan sepi itu sendiri.
ADVERTISEMENT
2. Suwenge teng gelenter = suweng berserakan. Perhiasan itu berserakan.
3. Mambu ketundhung gudel = Mambu (baunya) Ketundhung (dituju) Gudel (anak Kerbau).
Maknanya harfiahnya bahkan hewan saja seperti anak kerbau menyadari keberadaan harta yang berserakan itu.
Tafsirnya, orang-orang bodoh (diibaratkan Gudel) merasa bahwa harta sejati adalah perhiasan emas yang indah berserakan itu. Mereka berebut mendapat perhiasan itu dengan penuh nafsu ego dan keserakahan.
4. Pak empo lera-lere = Pak empo (bapak ompong) Lera-lere (menengok kanan kiri). Orang-orang bodoh itu mirip orang tua ompong yang kebingungan.
Meskipun hartanya melimpah, ternyata itu harta palsu, bukan Harta Sejati atau kebahagiaan sejati. Mereka kebingungan karena dikuasai oleh hawa nafsu keserakahannya sendiri.
ADVERTISEMENT
5. Sopo ngguyu ndhelikake = Sopo ngguyu (siapa tertawa) Ndhelikake (dia yg menyembunyikan).
Paradoks utama lagu ini mulai muncul kembali di larik ini yakni justru dia yang tak silau dengan perhiasan yang berserakan dan menjadi rebutan itulah yang mengerti dimana sebenarnya harta sejati.
6. Sir-sir pong dele kopong = konklusi dari lagu Cublaksuweng adalah Sir (hati nurani) pong dele kopong (kedelai kosong tanpa isi).
Artinya kebahagian atau makna paripurna dari kehidupan akan bisa ditemukan jika kita senantiasa mampu melihat kenyataan-kenyataan terdalam dimana hati nurani yang sunyi menjadi perangkat penting untuk membacanya.
Kosong, Sunyi, Suwung, menempati posisi tinggi dalam khasanah kebudayaan kuno maupun tradisi agama-agama samawi.
ADVERTISEMENT
Jika kebudayaan modern menempatkan Teleskop Hubble yang mengarah ke angkasa raya untuk berusaha membaca sangkan paraning dumadi (darimana manusia berasal dan kemana manusia akan menuju) maka Cublaksuweng menawarkan sebuah teleskop yang mengarah ke kedalaman Jiwa manusia.
Hari ini kita bisa percaya, keduanya musti bekerjasama untuk menyelesaikan problem-problem komplek yang terbentang di takdir sendu manusia.
Tafsir ini bisa saja keliru karena tak ada satupun pihak pengantin yang mau memberi konfirmasi. Kami ingin mempercayai bahwa ada yang sedang didorong menjadi perenungan bersama dari peristiwa pesta anak presiden ini : para pemegang tumpuk kekuasaan musti mengenal Cublaksuweng.
Semoga terus berbahagia, berbagi, dan menemu kesejatian ya Kahiyang dan Bobby.
ADVERTISEMENT
Amin.