Memaknai Bahasa Indonesia Sesungguhnya

daniel
Mahasiswa Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 14:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari daniel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di masyarakat sekitar kita sering melakukan interaksi yang dikenal dengan komunikasi guna menyampaikan informasi guna tersampaikan maksud atau makna dari informasi yang kita sampaikan ke lawan bicara.
ADVERTISEMENT
Bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang setiap katanya memiliki makna dan hubungan atas suatu konsep dengan tujuan untuk sebagai bentuk sarana komunikasi. Penyampaian bahasa dapat disampaikan dalam bentuk tulisan lisan.
https://unsplash.com/s/photos/speaking (Sumber).
Setiap negara memiliki perbedaan bahasa, ada beberapa faktor yang memengaruhi seperti letak demografi, budaya dan sejarah. Bahasa yang kita gunakan sehari-hari di Indonesia ialah bahasa Indonesia. Menurut sejarah, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan atau bahasa nasional yang tercantum dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928, yang berbunyi “kami putra dan putri Indonesia, berbahasa satu bahasa indonesia”. Bahasa Indonesia dikenal sebagai bahasa persatuan, guna untuk mempersatukan bangsa atas luasnya daerah serta banyaknya pulau yang ada di Indonesia yang memiliki keberagaman bahasa daerah.
https://unsplash.com/s/photos/indonesian (Sumber).
Kita sebagai warga negara dari bangsa Indonesia dituntut untuk mencintai dan bangga atas bahasa yang kita miliki. Namun sayangnya, masih banyak terjadi disekitar kita yang meninggalkan bahasa Indonesia mereka menganggap bahasa Indonesia kurang keren. Dan juga faktor globalisasi yang berjalan begitu cepat membuat bahasa Indonesia mulai tergerus oleh bahasa asing.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa upaya untuk menjaga kelesatarian Bahasa Indonesia atas perkembangan zaman, misalnya:
Kita sebagai warga negara yang punya kewajiban untuk lestarinya Bahasa Indonesia, maka dari itu gunakan bahasa nasional Bahasa Indonesia sebagai bahasa kita sehari-hari dalam masyarakat, sekolah, kampus, dan dimana pun kita berada.
ADVERTISEMENT