Tekno & Sains
·
9 Oktober 2020 11:33

5 Nama Hewan yang Juga Merupakan Kata Kerja

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
Tak diragukan bahwa bumi merupakan planet tempat makhluk hidup tinggal dengan keanekaragaman. Spesies yang ada di planet ini mencapai 8,7 juta, terdiri dari hewan, tumbuhan, dan organisme lain. Tentunya, jumlah tersebut belum semuanya diketahui, dan akan terus bertambah seiring dengan penemuan terbaru.
ADVERTISEMENT
Beberapa spesies memiliki nama yang terinspirasi dari nama penemu, seperti welwitschia, tumbuhan yang mampu hidup 1.000 tahun, ditemukan oleh Friedrich Welwitsch. Burung terbesar di dunia, condor Andes (Vultur gryphus) berasal dari tempat dimana hewan tersebut bermukim, yaitu Pegunung Andes. Namun, melansir dari Merriam Webster, ternyata ada beberapa nama hewan yang juga merupakan kata kerja, sehingga sering membingungkan.

Badger yang berarti “melecehkan” (Luwak)

5 Nama Hewan yang Juga Merupakan Kata Kerja (505420)
Luwak. Foto: Beeki from Pixabay
Badger atau dalam Bahasa Indonesia berarti “luwak” adalah mamalia penggali dari keluarga musang. Sebagai kata kerja, “to badger” berarti melecehkan atau mengganggu seseorang secara terus menerus.
Meskipun beberapa nama hewan digunakan sebagai kata kerja karena tindakannya mirip dengan apa yang dilakukan, tidak demikian bagi hewan omnivora berkaki pendek ini. Istilah “badger” pada luwak diduga berasal dari kegiatan berburu badger dengan anjing. Kata kerja “dog” dan “hound” juga bisa berarti “melecehkan” atau “mengganggu”.
ADVERTISEMENT

Snipe yang berarti “menembak” (Burung berkik)

5 Nama Hewan yang Juga Merupakan Kata Kerja (505421)
Burung Berkik. Foto: Tom_Rabe from Pixabay
Snipe adalah burung berparuh tipis dari keluarga sandpiper. “To snipe” dalam kata kerja secara harfiah dapat diartikan sebagai “menembak seseorang dari lokasi yang tersembunyi atau jauh dari jangkauan”. Ini sesuai dengan tingkah laku burung yang kerap kali bersembunyi di alang-alang untuk berburu.
Seperti banyak kata kerja penyerangan lainnya, “snipe” dalam istilah politik juga dapat berarti mengkritik seseorang secara tidak adil. Dalam hal ini seringkali kritik tersebut tidak dapat dipertahankan dengan mudah.

Rat yang berarti “mengkhianati” (Tikus)

5 Nama Hewan yang Juga Merupakan Kata Kerja (505422)
Tikus. Foto: sipa from Pixabay
Hewan pengerat yang terkenal dengan hidung runcing dan ekor panjang ini memiliki reputasi kurang baik. Tikus sering dikaitkan erat dengan kotoran, selokan, sampah, dan tempat kumuh lainnya. Kutu yang bersarang pada bulu tikus diduga dapat menularkan bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari hubungan itu, tikus merupakan hewan peliharaan yang populer, dan secara historis telah digunakan sebagai subjek penelitian laboratorium. Meskipun tidak ada perilaku khusus yang membuat tikus menjadi kata kerja, hewan ini sering digunakan sebagai idiom yang mengacu pada melarikan diri lalu dianggap sebagai bentuk ketidaksetiaan.

Parrot yang berarti “mengulangi kata-kata” (Burung beo)

5 Nama Hewan yang Juga Merupakan Kata Kerja (505423)
Burung Beo. Foto: Couleur from Pixabay
Burung beo bukan satu-satunya burung yang dapat meniru suara. Tetapi, beo dikenal melakukan kemampuan mengulangi suara manusia bahkan yang terbilang rumit bagi burung peniru suara. Kemampuan burung meniru suara dipelajari dari panggilan keluarga dan kawanannya sebagai alat komunikasi.
Kata kerja “to parrot” menggambarkan tindakan untuk mengulangi kata-kata atau pikiran orang lain dan seringkali tanpa mempertimbangkan artinya. Kata kerja tersebut dinilai tepat untuk mendeskripsikan tingkah laku burung beo yang sering kali berisik namun tetap dianggap sebagai hewan cerdas.
ADVERTISEMENT

Fox yang berarti “mengecoh” (Rubah)

5 Nama Hewan yang Juga Merupakan Kata Kerja (505424)
Rubah. Foto: Shingo_No from Pixabay
Ungkapan seperti “licik seperti rubah” bukan karena tanpa alasan. Rubah memiliki reputasi sebagai hewan yang licik. Hewan itu hadir pada beberapa cerita rakyat di dunia, salah satunya adalah “The Fox and the Crow”. Kisah itu menceritakan tentang seekor rubah menipu gagak untuk menjatuhkan sepotong keju dari paruhnya.
Oleh karena itu, kata kerja “fox”, berarti “mengecoh” atau “membingungkan”. Tetapi ada kata serupa, seperti “outfox”, secara harfiah sebenarnya memiliki hal yang sama, tetapi lebih menunjukkan pertarungan kecerdasan.