Pencarian populer

Zamzam, Air Ajaib yang Sarat Gizi

Ilustrasi air Zamzam (Foto: Pixabay)

Bagi kaum Muslim di dunia, menegak air zamzam merupakan rasa syukur yang luar biasa. Selain sebagai pelepas dahaga, air tersebut memiliki manfaat bagi yang meminumnya.

Menurut Dr. Yahya Koshak, seorang dokter dan ilmuwan asal Mekkah, air zamzam terbebas dari kuman dan bakteri. Hal ini dibuktikan dengan sinar ultraviolet yang menujukkan tidak adanya kuman dan bakteri di air zam-zam.

Jika ditelisik dari sisi kimia, berdasarkan Saudi Geological Survey, air yang terdapat di sumur kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kakbah ini memiliki kandungan alkali sebesar pH 7.9–8.0.

Suatu air dapat dikatakan air alkali jika memiliki potensial Hidrogen (pH) --derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Air alkali memiliki pH lebih dari 7.

Dengan hal tersebut, air zam-zam termasuk dalam air alkali yang tidak memiliki warna dan bau namun mempunyai rasa yang berbeda dengan air yang lain.

Air alkali mempunyai kandungan mineral seperti kalsium, silika, potasium, magnesium, bikarbonat. Dengan adanya kandungan bikarbonat yang tinggi (366mg/l), air zam-zam merupakan air termurni di dunia dibandingkan air pegunungan Alpen (357mg/l).

Tak hanya itu, air zamzam memiliki senyawa kimia lainnya klorida, fluoride, nitrate dan sulfate. Semua hal tersebut dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Jika air zamzam mengacu kepada manfaat air alkali, air zamzam dapat mengurangi risiko gula darah yang meliputi Alzeimer dan diabetes. Air zamzam dapat pula mengurangi risiko penyakit liver. Hal ini dikarenakan senyawa kimia yang terkandung dalam air zamzam.

Selain itu, menurut ilmuwan Jerman Dr. Knut Pfeiffer, kepala pusat medis terbesar di Munich, Jerman, mengatakan, air zamzam secara luar biasa dapat meningkatkan tingkat energi dalam sistem sel tubuh.

Manfaat lain air zamzam yang bisa didapatkan tubuh menurut Mury Kuswari, Pengurus Pakar Gizi Pangan Indonesia, adalah sebagai berikut;

1. Membuat tubuh lebih segar karena tinggi mineral

2. Menjadi solusi bagi yang mempunyai masalah dengan lambung

3. Merupakan antioksidan yang baik karena kaya akan kandungan mineral

4. Menjadi penyeimbang cairan tubuh karena mengandung kalium dan natrium

5. Bagus untuk tulang dan gizi karena mengandung kalsium yang tinggi

6. Mudah diserap tubuh

7. Secara umum membuat tubuh lebih sehat

Kuswari menyarankan, orang Indonesia dapat meminum air zam-zam sehari sekali karena keterbatasan untuk mendapatkan air zam-zam. Meminum air zam-zam sebaiknya sebelum tidur atau pagi sesudah bangun tidur.

“Metabolisme tubuh saat kita tidur tinggi, terjadi basal metabolisme. Mineral dari air zam-zam sangat baik dalam menunjang metabolisme maupun mengganti mineral yang digunakan saat metabolisme,” kata Kuswari pada kumparan (kumparan.com).

Infografis Air Zamzam (Foto: Bagus Permadi/kumparan)

Ilustrasi air zamzam (Foto: ANTARA)

Baca juga: Hikayat Keabadian Air Zamzam

Baca juga: Air Zamzam yang Konon Tidak Akan Pernah Habis

Baca juga: 5 Keistimewaan Air Zamzam

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: