Kesan Magang: Merasakan Jadi Pelayan Publik di Dispendukcapil Kota Surabaya

mahasiswi ilmu komunikasi UNTAG Surabaya
Konten dari Pengguna
2 Juli 2022 7:59
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Della Pramestie tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
(Pelayanan adminduk langsung kepada masyarakat. Dokumentasi pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
(Pelayanan adminduk langsung kepada masyarakat. Dokumentasi pribadi)
ADVERTISEMENT
Saya Adella Pramestie Kirana mahasiswa yang sedang menempuh S1 Ilmu Komunikasi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Di semester kali ini saya berkesempatan mengambil mata kuliah magang untuk memenuhi mata kuliah di semester ini. Dan menerapkan teori yang sudah diberikan dalam perkuliahan. Saya mendapatkan tempat magang di Kelurahan Dr.Soetomo Kecamatan Tegalsari Surabaya dalam program kampus merdeka bersama Dispendukcapil Surabaya.
ADVERTISEMENT
Selama kurang lebih 3 bulan saya magang di sini. Saya sangat disambut hangat oleh rekan-rekan di kelurahan Dr.Soetomo. Banyak hal yang saya dapatkan selama magang di kelurahan Dr. Soetomo. Mulai dari alur kepengurusan dokumen penting seperti akta kelahiran, KK, KTP-EL, Surat keterangan, dll. Kemudian ada peristiwa penting yakni kejadian yang dialami oleh seseorang meliputi kelahiran, kematian, lahir mati, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan.
(Membantu petugas kelurahan pengambilan KTP-EL)
zoom-in-whitePerbesar
(Membantu petugas kelurahan pengambilan KTP-EL)
Kemudian mempelajari dan memperdalam inovasi Dispendukcapil Kota Surabaya yakni dalam sistem pelayanan. Contohnya luring dan daring seperti aplikasi guna pelayanan adminduk di Surabaya yang memudahkan bagi masyarakat mengurus dokumen penting. Lalu selain itu ada juga layanan lain yang berkolaborasi atau bekerja sama dengan Dispendukcapil Kota Surabaya. Di antaranya yakni dengan pengadilan negeri (Lontong Balap), Pengadilan Agama (Lontong Kupang & ACO-ERI), BANK JATIM (KATEPAY), dan pihak lain terkait. Dan inovasi yang di keluarkan oleh Dispendukcapil antara lain melalui aplikasi dan bekerja sama dengan Universitas di Surabaya untuk membantu pemahaman sadar administrasi penduduk.
ADVERTISEMENT
Jadi Dispendukcapil Surabaya memiliki sebuah program bernama KALIMASADA dimana program ini adalah (Kawasan Lingkungan Sadar Adminduk), untuk melancarkan program ini Dispendukcapil memiliki beberapa inovasi yang pertama ada pada aplikasi E-KLAMPID dimana aplikasi ini adalah sebuah forum untuk warga dapat mengurus adminduk sesuai dengan kebutuhannya contohnya Akte kelahiran, Akte kematian, pindah masuk dsb. Dengan membuat akun terlebih dahulu warga nantinya dapat mengurus adminduk sendiri dengan mudah tinggal menyiapkan data-data yang dibutuhkan lalu di scan dan di upload. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh warga saja, melainkan petugas kelurahan pun juga memakainya guna membantu kepengurusan Adminduk warga.
Itulah beberapa inovasi yang dihasilkan oleh Dispendukcapil Surabaya, dan sayangnya belum semua kota di Indonesia melakukan inovasi ini. Sehingga hal ini dapat dikatakan terobosan terbaru untuk kota-kota lain diluar Surabaya. Dan inovasi ini pun masih memerlukan perbaikan berkala demi menghasilkan inovasi yang berkualitas baik dalam melaksanakan pelayanan publik.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·