Memancing Merupakan Pengobatan Mental Gratis

Dion Apriandi
Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 18:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dion Apriandi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
photo by Dion Apriandi
zoom-in-whitePerbesar
photo by Dion Apriandi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa yang melatarbelakangi orang hobi memancing?
Seperti kebanyakan orang memiliki hobi lain, ada semacam kepuasan bagi mereka ketika melakukannya. Mereka yang hobi memancing juga menikmati kepuasaan saat berhasil mendapatkan ikan, terutama bila ikannya besar. Memancing juga hobi yang ekonomis, tidak perlu membeli peralatan mahal, dan akses tempat memancing juga banyak yang tanpa biaya. Alasan terakhir tentunya karena ingin mendapat ketenangan dan relaksasi dari aktivitas sosial sehari hari yang padat.
ADVERTISEMENT
Apa manfaat memancing?
Manfaat memancing? Memang ada? Bukannya cuma buang buang waktu? Pendapat semacam ini tidak sepenuhnya salah bila berkaitan dengan alasan, tapi setidaknya juga perlu berimbang. Manfaat memancing juga ada, bahkan telah dibuktikan.
Menurut Jordan & Hinds (2016) : Ekoterapi, termasuk memancing, efektif dalam meningkatkan kesehatan mental dengan cara menghubungkan individu dengan alam. Individu merasa lebih tenang, berkurang kecemasan, dan lebih mampu mengatasi masalah setelah terlibat dalam aktivitas memancing. Keterlibatan dalam alam memiliki efek restoratif pada fungsi kognitif dan kesejahteraan emosional.
Penelitian tersebut juga di benarkan oleh Kaplan & Kaplan (1989) bahwa memancing dapat berfungsi sebagai sarana pemulihan kognitif dan pengurangan stres. Ketika memancing, seseorang menunjukkan peningkatan dalam fungsi kognitif, seperti konsentrasi dan perhatian, serta penurunan signifikan dalam tingkat stres. Lingkungan alami yang terkait dengan memancing memainkan peran penting dalam proses pemulihan ini.
ADVERTISEMENT
Selain dua penelitian ini, bahkan menurut penelitian Rogers and Schmidt (2011) yang berjudul “Fishing for Therapy : Veterans Experiences With PTSD” menunjukkan jika memancing bila dipakai sebagai terapi kepada Veteran perang dapat mengurangi kecemasan, peningkatan kualtias tidur, dan perasaan akan keterikatan sosial yang kuat. Perlu diketahui, PTSD merupakan kondisi kesehatan yang sering dialami veteran perang. Gejalanya bahkan meliputi kecemasan, mimpi buruk serta masalah tidur.
Saran untuk mereka yang hobi memancing
Sebagai pria yang juga memiliki hobi yang sama, ada beberapa saran dari saya. Gunakan mata dengan liar, sebab lokasi yang dekat dengan air pasti juga terdapat sarang hewan buas seperti ular dan buaya. Memancing juga perlu waktu, sebagai pria yang mungkin sudah memiliki anak dan istri, penting untuk mendahulukan kebutuhan mereka terutama bila memancing cuma sekadar hobi untuk menghilangkan stres. Bila memancing memang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, saya berharap juga untuk tidak lupa waktu.
ADVERTISEMENT
Setidaknya sebagai seorang pria, prioritas kita yang pertama adalah keluarga. Hobi bisa di akhir, tapi kebutuhan mereka tetap nomor satu.