Buah Kiwi: Sumber "Vitamin C" Terbaik Yang Kaya Manfaat

Doni Hariandi
Dosen Universitas Andalas
Konten dari Pengguna
14 Mei 2024 8:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Doni Hariandi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Buah Kiwi (sumber: shutterstock.com)
zoom-in-whitePerbesar
Buah Kiwi (sumber: shutterstock.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada yang suka dengan buah kiwi? Buah berbulu hijau kecil yang mungkin sering kita lihat di supermarket atau pasar buah, ternyata menyimpan sejuta keunikan di balik penampilannya yang sederhana. Buah kiwi berasal dari Selandia Baru (Aotearoa). Di Selandia Baru (Aotearoa), penanaman kiwi secara komersial dilakukan dan kiwi kemudian populer di kalangan orang Inggris dan Amerika yang saat itu bekerja di Selandia Baru di masa Perang Dunia II. Komersialnya buah kiwi di Selandia Baru (Aotearoa) membuat buah kiwi menjadi terkenal di berbagai belahan dunia dan diakui sebagai buah yang berasal dari Negeri kiwi. Penduduk asli Maori di Selandia Baru (Aotearoa) menyebut buah kiwi sebagai "yang memiliki rasa yang baik" atau "yang memiliki bulu-bulu".
ADVERTISEMENT
Buah kiwi memiliki bentuk yang unik, menyerupai telur ayam dengan kulit berwarna cokelat dan bulu-bulu halus di permukaannya. Daging buahnya berwarna hijau terang atau keemasan dengan deretan biji kecil dan berwarna hitam. Tekstur buah kiwi sangat halus dan rasanya manis dengan sensasi rasa asam yang unik.
Keunggulan dan manfaat buah kiwi yang patut di coba dan harus ada dalam daftar pola makan kita, diantaranya adalah:
1. Kaya Akan Vitamin C
Buah kiwi dikenal sebagai salah satu sumber terbaik vitamin C. Satu buah kiwi dapat menyediakan sekitar 117% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kerusakan sel.
ADVERTISEMENT
2. Serat yang Tinggi
Buah kiwi mengandung serat yang tinggi, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mempertahankan kesehatan usus, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus seperti divertikulosis. Konsumsi cukup serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengatur kadar gula darah.
3. Sumber Antioksidan yang Kuat
Selain vitamin C, buah kiwi juga mengandung antioksidan lain seperti vitamin E dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur, Anda dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.
4. Mendukung Kesehatan Jantung
Buah kiwi kaya akan kalium, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal, mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.
ADVERTISEMENT
5. Meningkatkan Kualitas Tidur
Buah kiwi memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur dapat membantu tidur lebih cepat dan lebih lama. Ini karena buah kiwi mengandung senyawa seperti serotonin dan antioksidan, yang dapat membantu menenangkan sistem saraf dan merangsang produksi hormon tidur.
6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah kiwi dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus, sehingga mampu meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS) dan konstipasi.
Buah kiwi dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar hingga diolah menjadi berbagai menu hidangan seperti jus atau smoothie, saus atau selai, es krim atau sorbet.
Buah kiwi seringkali dianggap sebagai rahasia kesehatan yang terlupakan padahal memiliki sejumlah manfaat yang tak terbantahkan dalam memenuhi nutrisi tubuh. Dengan berbagai keunikan dan kesederhanaannya serta manfaatnya yang luar biasa, jangan ragu untuk menambahkan buah kiwi kedalam daftar makanan sehat kita.
ADVERTISEMENT