kumparan
search-gray
Entertainment30 Maret 2020 20:23

Menguak Legenda Harimau Putih Pasukan Pajajaran

Konten kiriman user
Untitled Image
Harimau putih atau Harimau Bodas dikabarkan menjadi pasukan kerajaan Pajajaran, dok : pixabay
Mendengar kata Pajajaran terbayang sebuah kerajaan di tanah Pasundan yang mewah nan agung dipimpin oleh raja bijak dan penuh karisma, Raja Pajajaran Prabu Siliwangi. Sang prabu yang dikenal sakti mandraguna juga arif dan bijak ini, ternyata juga memiliki banyak pasukan tidak hanya dari kaum manusia, melainkan juga dari bangsa gaib.
ADVERTISEMENT
Jika dari Jawa Timur ada Prabu Tawangalun dan Kumis Bodasnya maka, di Jawa Barat juga memiliki Siliwangi dan Maung Bodasnya.
Salah satu dari pasukan gaib yang populer hingga saat ini yaitu pasukan gaib macan putih. Oleh karena itu lah kita sering menemukan banyak gambar maupun lukisan di mana seekor macan putih yang selalu berada di sekitar Prabu Siliwangi.
Tak hanya itu, maung bodas juga dijadikan sebuah lambang agung oleh pasukan Kodam Siliwangi TNI Angkatan darat. Pasti Sobat Dukun juga sudah sering menemukan gapura atau patung tersebut di daerah sekitarmu.
Untitled Image
Gambar patung harimau Siliwangi, dok: Kodam III/ Siliwangi
Hadirnya Maung Bodas sebagai khodam pendamping Prabu Siliwangi, memang sudah menjadi perbincangan masayarakat tanah pasundan sejak dahulu kala. Tak sedikit yang berburu mahluk tersebut untuk dijadikan khodam pendampingnya.
ADVERTISEMENT
Namun siapa sangka, mahluk halus berwujud harimau putih itu bukanlah didapat dari hadiah ataupun adanya hubungan pertemanan.
Ternyata, keberadaan macan halus tersebut didapatkan usai sang Prabu menaklukkannya dalam suatu pertempuran sengit. Diketahui, macan putih yang dimaksud ini adalah raja macan putih bernama Maung Bodas dari dunia gaib yang memiliki ribuan tentara sejenisnya.
Oleh karenanya dipercaya jika Prabu Siliwangi mampu menguasai semua khodam yang berwujud harimau se tanah jawa.
Untitled Image
Prabu Siliwangi dan Maung Bodas lengkap denga pusaka kujangnya, dok: pixabay
Kisah ini bermula dari ketika Prabu Siliwangi hendak beristirahat di Curug Sawer Majalengka, guna melepas lelah dalam pengembaraannya. Tanpa disangka, sekawanan macan putih gaib menghadang langkah dan hendak menerkam sang prabu. Namun, karena memang Siliwangi dikenal sangat sakti mandraguna, tidak satupun sekawanan macan itu yang dapat melukainya. Akan tetapi sebaliknya, banyak dari kawanan harimau gaib itu yang tersungkur dan terluka.
ADVERTISEMENT
Hingga selanjutnya, Raja dari kawanan macan putih tersebut maju dan terjadilah pertempuran sengit diantara keduanya. Lagi-lagi dengan kesaktiannya, Siliwangi berhasil mengalahkan sang raja gaib macan putih.
Sejak saat itulah Raja Macan Putih dan seluruh pasukannya mengabdikan diri dan bersedia membantu Prabu Siliwangi sang penguasa tanah Pasundan, dangan taruhan nyawanya. Dari kesaktian Siliwangi yang pilih tanding ditambah adanya bantuan dunia gaib inilah, sang Prabu Siliwangi dapat menjadi Raja tersohor di persada tanah Pasundan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white