Konten dari Pengguna

Gunung Prau Bagi Pemula

Elisabet hana Kartika lana
Saya mahasiswa Universitas di Tangerang
4 Desember 2023 16:14 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Elisabet hana Kartika lana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Adakah yang tidak mengetahui Gunung Prau, Gunung Prau merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 2.590 meter dari permukaan laut (mdpl).
Dokumentasi Pribadi di Puncak Gunung Prau.
Gunung Prau menjadi tapal batas empat kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.
ADVERTISEMENT
Karena desa Dieng sudah sangat tinggi, maka pendakian menuju puncaknya relatif singkat dan mudah (2.600m). Pemandangannya benar-benar spektakuler saat menyambut fajar matahari, mungkin jadi pemandangan terbaik di Jawa Tengah.
Dokumentasi Pribadi
Gunung Prau bisa ditempuh dalam waktu singkat, bahkan melalui jalur Patak Banteng hanya 2 jam saja untuk naik. Para pendaki tak harus berkemah, dari basecamp sejak sebelum subuh sudah dapat mulai melakukan perjalanan mendaki dan sampai tepat saat matahari di cakrawala.
Uniknya lagi, jika sudah mencapai puncaknya maka pendak bisa melihat pemandangan indah dari atas yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro tepat di depannya. Pendaki Gunung Prau kebanyakan lebih sibuk mengambil foto Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari pada mengambil foto ke arah Gunung Prau.
Dokumentasi Pribadi
Namun sebenarnya, kalau cuaca sedang cerah, terdapat lima gunung yang bisa dilihat langsung saat menghadap arah timur, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Jika pendaki sejenak melihat ke arah barat, akan terlihat pemandangan Gunung Slamet.
ADVERTISEMENT
Bulan Juli hingga Agustus adalah waktu terbaik untuk mendaki Gunung Prau. Cuaca pada tiga bulan ini sedang cerah-cerahnya. Pendaki dapat menikmati suasana matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset). Bila siang hari, terhampar langit biru bersih tanpa awan.
Dokumentasi Pribadi
Selain tiga bulan ini, pendaki tetap bisa mendaki, kok. Hanya saja cuacanya tidak secerah Juli hingga Agustus. Sesekali turun kabut bahkan hujan bila sudah memasuki bulan November atau Desember sehingga mempersulit pendakian.
Dokumentasi Pribadi
Yang harus diperhatikan bila mendaki pada Juli hingga Agustus, waspadai suhu dingin. Sebab saat itu sudah masuk musim kemarau. Saking dinginnya, suhu udara bisa di bawah 0 derajat celcius. Bahkan bisa membentuk embun es.
Kalau sudah begitu, jangan lupa membawa peralatan pendakian yang safety dan sesuai dengan udara dingin. Jangan sampai niat menyaksikan magical sunrise Gunung Prau gagal karena tidak membawa jaket tebal.
ADVERTISEMENT
Pada Januari hingga Maret atau April, Gunung Prau biasanya akan ditutup total. Penutupan ini telah menjadi rutinitas tahunan pihak pengelola. Alasannya utama adalah faktor cuaca yang telah memasuki musim penghujan. Penutupan juga bertujuan untuk pemulihan ekosistem, perbaikan dan perawatan jalur, reboisasi atau penghijauan, serta pembersihan dari sampah.
Dokumentasi Pribadi