Konten dari Pengguna

Kilas Balik Kemeriahan Ramadan 1445 H di Masjid Fatimatuzzahra

Elvano Mega Susanta
Seorang Anak Gen Z yang Menyukai bidang Video dan fotografi - Sedang Berkuliah di Universitas Amikom Purwokerto
11 Mei 2024 19:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Elvano Mega Susanta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PURWOKERTO - Banyak kegiatan positif dilakukan seluruh umat islam untuk merayakan bulan penuh berkah, terutama masyarakat yang antusias melaksanakan kegiatan ibadah di masjid. Kegiatan rutin di masjid selama bulan Ramadan seperti shalat tarawih, tadarus Al-Quran, dan kajian ceramah telah menjadi agenda wajib di masjid. Jamaah dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mengikuti kegiatan- kegiatan tersebut.
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Salah satunya, Masjid Fatimatuzzahra, yang terletak di lingkungan Pesantren Mafaza, Jl. H. Madrani, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah. Meskipun berada dilingkungan pesantren, Masjid Fatimatuzzahra terbuka lebar bagi siapapun yang ingin beribadah dan memperdalam ilmu agama. Keterbukaan masjid membantu masyarakat untuk belajar tentang Islam dan memperkuat pengetahuan tentang agama.
ADVERTISEMENT
Masjid Fatimatuzzahra juga sering mengadakan kegiatan lain di bulan Ramadan seperti buka puasa bersama, pembagian takjil, dan mengadakan kegiatan Bazzar Ramadan. Kegiatan ini menciptakan suasana Ramadan yang meriah dan sebagai bentuk wujud kepedulian sosial terhadap sesama. Masjid Fatimatuzzahra juga aktif dalam kegiatan sosial lainnya seperti membantu korban bencana alam, korban perang di palestina dan memberikan bantuan kepada kaum dhuafa. Kegiatan-kegiatan sosial ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Terletak di lingkungan Pesantren, Masjid Fatimatizzahra sering mengadakan kegiatan pembelajaran agama Islam untuk santri, dan menjadi tempat kegiatan dakwah dan syiar Islam bagi masyarakat sekitar.
Dengan berbagai kegiatan yang ada, Masjid Fatimatuzzahra bisa jadi salah satu opsi tempat ibadah yang nyaman di Purwokerto selama bulan suci Ramadan. Tidak hanya menjadi tempat ibadah saja, tetapi menjadi tempat penunjang ibadah sehari-hari , serta menjalin silaturahmi antar sesama umat Islam.
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Masjid Fatimatuzzahra telah memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang bernilai makna. Mulai dari shalat Tarawih hingga kegiatan sosial lainnya, untuk mendorong diri dan meningkatkan kualitas hidup masing-masing orang.
ADVERTISEMENT
Bulan suci Ramadan 1445 H, meninggalkan kenangan indah bagi seluruh umat Islam, terutama kegiatan sosial yang memperkuat tali silahturahmi dan solidaritas. Setiap tindakan kebaikan selama Ramadan dapat membawa keberkahan bagi diri sendiri dan orang lain.
Kilas balik ini, dapat dijadikan pengingat bahwa bulan Ramadan telah berlalu, namun tetap semangat dalam menjalani aktivitas kembali. Setelah bulan Ramadan, diharapkan anak muda dapat berkontribusi dalam memakmurkan masjid.