Perempuan dalam Politik

ewia ejha putri
1. Pimpinan Lembaga PKBM Pahlawan kerinci. 2. Anggota LHKP Muhammadiyah Jambi 3. Pengamat Sosial
Konten dari Pengguna
10 September 2023 18:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari ewia ejha putri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Foto: Dok. Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Foto: Dok. Pribadi
ADVERTISEMENT
Politik adalah elemen penting dalam kehidupan negara. Untuk mencapai tujuan negara yang adil, damai, dan sejahtera, kontribusi dari semua lapisan masyarakat—termasuk perempuan—sangatlah krusial.
ADVERTISEMENT
Mengapa perempuan perlu memahami politik? Dan, bagaimana kontribusi positif mereka dapat membantu mencapai pembangunan politik yang lebih baik?

Mengapa Perempuan Harus Memahami Politik

Politik memengaruhi setiap aspek kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memahami politik. Kenapa?
Pertama, agar memiliki suara. Memahami isu-isu politik memberikan perempuan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses politik, seperti pemilihan umum. Juga berkontribusi pada pemilihan pemimpin yang mewakili nilai-nilai dan kepentingan mereka.
Kedua, agar dapat memengaruhi kebijakan. Dengan pengetahuan politik yang kuat, perempuan dapat berperan aktif dalam pembuatan kebijakan, memastikan bahwa kebijakan yang diadopsi oleh pemerintah mencerminkan kebutuhan dan aspirasi mereka.

Kontribusi Positif Perempuan dalam Politik

Perempuan memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif dalam politik, yang pada gilirannya akan mempercepat pencapaian tujuan pembangunan negara yang adil, damai, dan sejahtera.
ADVERTISEMENT

1. Perspektif yang Beragam

Perempuan membawa perspektif yang berbeda dalam perdebatan politik. Mereka cenderung fokus pada isu-isu sosial, pendidikan, dan kesejahteraan keluarga, yang dapat memberikan keseimbangan yang lebih baik dalam pembuatan kebijakan.

2. Kepekaan terhadap Isu-isu Sosial

Perempuan sering memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap isu-isu sosial seperti kekerasan terhadap perempuan, perawatan kesehatan reproduksi, dan kesetaraan gender, yang dapat membantu menemukan solusi yang lebih baik dan inklusif untuk masalah-masalah ini.

3. Mendorong Perubahan Budaya

Partisipasi aktif perempuan dalam politik dapat membantu mengubah budaya politik yang mungkin masih didominasi oleh maskulinitas. Ini bisa merangsang budaya politik yang lebih inklusif dan kolaboratif.
Dalam hal ini pentingnya perempuan memahami politik dan berperan aktif dalam proses politik. Kontribusi positif perempuan dalam politik dapat membawa perubahan signifikan dalam pembangunan politik yang lebih baik, menuju kehidupan negara yang adil, damai, dan sejahtera.
ADVERTISEMENT
Melalui pemahaman politik dan partisipasi aktif, perempuan dapat memengaruhi kebijakan, membawa perspektif yang beragam, dan mendorong perubahan budaya dalam politik.
Dalam era ini, inklusi perempuan dalam politik bukan hanya aspirasi moral, tetapi juga kunci untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.