Woman
·
17 Februari 2021 23:46

Cara Cegah Timbulnya Jerawat Akibat Pakai Masker

Konten ini diproduksi oleh Farhati Mardhiyah
Cara Cegah Timbulnya Jerawat Akibat Pakai Masker (257942)
source: freepik.com
Punya masalah kulit wajah setelah seharian pakai masker? Selama wabah pandemi ini belum berakhir, masker adalah pelindung diri untuk mencegah penularan virus. Namun menggunakan masker dalam periode waktu yang lama dapat menimbulkan timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.
ADVERTISEMENT
Terlalu lama menggunakan masker memang rentan mengalami permasalahan kulit seperti jerawat maskne. Penyebab jerawat yang disebabkan oleh adanya gesekan, tekanan, kelembaban dan suhu panas dalam masker.
Oleh karenanya, kamu wajib mengetahui bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat akibat pakai masker. Beberapa tips ini mungkin bisa kamu coba!

Gunakan Masker dengan Bahan yang Lembut

Selain masker sekali pakai seperti masker medis, kamu juga bisa menggunakan pilihan masker kain yang kini banyak ditemukan di pasaran.
Namun, perhatikan jenis kain dan bentuknya apakah pas di wajah kamu atau tidak. Sebaiknya pilih bahan kain masker seperti nilon, rayon dan polyester yang dapat menyerap keringat lebih banyak.
Selama menggunakan masker, hindari menggeser, menekan, menutup dan membuka masker berulang. Sebab adanya gesekan antara kain masker dan permukaan kulit dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
ADVERTISEMENT

Rajin Mengganti Masker

Masker medis maupun masker kain harus selalu rutin diganti untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri pada masker.
Seperti yang disampaikan beberapa pakar, disarankan menggunakan masker maksimal hanya 4 jam dan wajib diganti dengan masker yang baru ataupun bersih.
Masker kain yang lembab oleh keringat dapat memicu pori-pori wajah tersumbat oleh produksi minyak berlebih di dalam masker. Oleh sebab itu, setidaknya buka masker per-2 jam sekali saat lingkungan sekitar kamu aman ya!

Rutin Bersihkan Kulit Wajah

Cara Cegah Timbulnya Jerawat Akibat Pakai Masker (257943)
source: freepik.com
Selama menggunakan masker bukan berarti kulit wajah kamu selalu bersih dan aman dari bakteri. Penumpukan bakteri yang mungkin saja dari produksi minyak berlebih yang menyumbat pori, bisa menyebabkan kulit wajah iritasi dan menimbulkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, bersihkan wajah sebelum dan sesudah menutup area wajah dengan masker. Lalu, tetap gunakan skincare seperti pelembab dan sunscreen untuk melindungi kulit wajah kamu dari sinar UV.

Gunakan Makeup Breathable dan Formula yang Ringan

Cara Cegah Timbulnya Jerawat Akibat Pakai Masker (257944)
source: instagram.com/lookecosmetics
Hindari menggunakan makeup tebal, apalagi yang memiliki kandungan komedogenik. Sebab bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat dan memicu timbulnya jerawat.
Meskipun pakai masker, kamu tetap bisa menggunakan makeup yang breathable dengan tekstur dan formula yang ringan seperti cushion. Sebagai rekomendasinya, kamu bisa mencoba Holy Flawless BB Cushion.
Cushion yang dilengkapi dengan kandungan skincare ekstrak green tea ini bisa membuat kulit wajah kamu lebih nyaman selama memakai masker.
Sebab manfaat ekstrak green tea berfungsi sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-bakteri, yang bekerja dengan baik mengontrol sebum pada wajah.
ADVERTISEMENT
Tidak perlu takut kulit wajah lebih kering, karena cushion Looké ini juga dilengkapi Hyaluronic Acid yang bisa memberikan kelembaban kulit wajah secara alami.