Pencarian populer

6 Kuliner Malam Kaki Lima di Sekitar Tugu Jogja

Suasa malam tugu jogja, semakin malam semakin syahdu. Photo by @gembulfoodie
Kota Jogja itu pasti bikin kangen buat yang pernah berkunjung ke sini. Selalu ada dorongan untuk datang kembali lagi. Ada satu ikon wisata di Kota Jogja yang selalu jadi destinasi wisata favorit: Tugu Jogja. Soalnya lokasinya strategis, ada di tengah jantung kota. Kamu bisa nongkrong dan ngobrol lama bareng teman-teman, lalu bisa foto-foto buat update di social media.
ADVERTISEMENT
Waktu paling ideal buat main ke Tugu Jogja itu antara sore hingga malam hari dikarenakan cuacanya tidak terlalu panas dan terik. Kalian bisa lihat sunset di sore hari, dan semakin malam suasananya akan semakin syahdu.
Tetapi kalian sudah pernah belum, ketika nongkrong lama-lama di Tugu Jogja terus merasa kelaparan dan bingung mau makan apa? Biasanya sih ujung-ujungnya ya ke Angkringan Kopi Jos. Biar wisata kalian makin seru saat ke Tugu Jogja, Gembul mau ngasih 6 rekomendasi kuliner malam di sekitar Tugu Jogja yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Tentunya ini makanan enak, murah, dan ngangenin.
  1. Gulai Sapi Pak Samin
Suasana warung gule sapi pak samin. Photo By @gembulfoodie
Berlokasi tepat di seberang sisi Tugu Jogja, spot kuliner legendaris ini sudah berjualan sejak 1968. Meskipun lokasinya di seberang Tugu, tapi masih banyak wisatawan yang tidak tahu akan keberadaan warung ini. Mungkin karena dikira jadi satu sama warung angkringan di sebelahnya dan kurang terlihatnya banner warung dari sisi luar jalan.
ADVERTISEMENT
Saking dekatnya warung ini dengan Tugu, kamu bisa makan malam sambil melihat view Tugu Jogja.
View Tugu Jogja saat makan makan di gule sapi pak samin. Photo by @gembulfoodie
Harga gulai sapinya murah banget, cuma Rp 11 ribu untuk porsi yang dicampur. Rasanya itu enak banget, bikin nagih. Potongan daging sapinya itu gede-gede dan benar-benar daging, bahkan yang ada lemaknya cuma sedikit.
Terus dimasak dengan merata sampai empuk dan meresap ke dagingnya, bisa ditambah kubis, sambal, dan kecap sepuasmu. Lalu buat nasinya, kamu bisa request mau banyak atau sedikit tergantung selera.
Nikmatnya gule sapi pak samin. Photo by @gembulfoodie
🍴 : Gulai Sapi Pak Samin
📍 : Jl. Jend. Sudirman No.5, Yogyakarta (Cek Google Maps)
💰 : Gulai Campur Rp 11. 000, Gulai Dipisah Rp 13.000, dan Dibungkus Rp 20.000
⏰ : 20.00 - 01.00 WIB
ADVERTISEMENT
  1. Rica Pincuk
Suasana warung rica pincuk. Photo by @gembulfoodie
Berlokasi di barat Tugu Jogja, kurang lebih berjarak 350 meter dan bisa ditempuh dengan 4 menit berjalan kaki. Sesuai dengan namanya, makanan di sini dihidangkan dengan cara dipincuk, unik banget. Jadi satu tangan kalian harus memegang piring itu biar tidak tumpah.
Menu menu yang ada di rica pincuk jogja. Photo by @gembulfoodie
Suka banget sama masakan di sini karena nasinya sendiri sudah pulen, terus pilihan lauknya cocok banget sama lidah Gembul yang suka sedikit pedas. Lauknya ada kulit ayam kriuk, rica ampela, ayam rica pedas, ceker rica pedas, ayam rica tidak pedas, rica usus, dan ceker rica bakar.
Jangan lupa minta sambalnya juga karena ini nagih banget. Ada sambal rica sama sambal matah.
Menu favorite di rica pincuk, kulit ayam krispy. Photo by @gembulfoodie
Gembul biasanya pesan yang rica pincuk campur. Jadi nanti bakalan dapat nasi, dua jenis lauk makanan, sambal, timun acar, bawang goreng, kemangi, dan kerupuk. Lauk paling favorit Gembul di sini tentunya kulit ayam, kriuknya #nakdek.
ADVERTISEMENT
Uniknya, setiap menghidangkan makanan, letak di piring pincuknya itu akan ditata dengan rapi. Jadi konsumen makan juga jadi lebih nyaman.
Menu rica pincuk, nasi dengan dua jenis pilihan lauk. Photo By @gembulfoodie
🍴 : Rica Pincuk
📍 : Jl. Pangeran Diponegoro No.71 001, Gowongan, Yogyakarta (Ada Di Google Maps)
💰 : Rentang Harga Rp 12.000 - Rp 17.000
⏰ : 18.30 - 00.00 WIB
  1. Soto Sampah
Warung soto sampah jogja. Photo by @gembulfoodie
Namanya unik, makanan tapi dengan nama sampah. Penasaran kan ya? Kamu bisa jalan ke arah sisi utara Tugu Jogja. Kurang lebih 180 meter dalam waktu 3 menit. Warugnnya juga cukup sederhana dan salah satu warung legend di Jogja karena sudah buka dari tahun 1970.
Istilah nama 'sampah' itu sebenarnya diberikan oleh pelanggan soto ini juga. Jadi dulunya soto di sini mayoritas pelanggannya biasanya anak-anak musik jalanan dan komunitas motor. Mereka melihat wadah masak kuah soto yang selalu penuh dengan rempah-rempah dan berlemak, berpenampilan kurang menarik, tapi memiliki rasa yang sungguh aduhai.
ADVERTISEMENT
Jadi, kemudian mereka sering menyebutnya soto sampah dan akhirnya melekat hingga sekarang.
Kuah yang penuh dengan rempah dan lemak dari soto sampah. Photo by @gembulfoodie
Soto sampah ini buka 24 jam lho gaes, jadi kalian bisa ke sini kapan aja. Buat pilihan sotonya sekarang sudah ada yang soto ayam, babat, sapi, dan versi original-nya soto gajih. Rasa dari soto sampah ini otentik banget, karena saking banyaknya rempah yang digunakan. Gembul bisa bilang soto ini punya cita rasa satu level di atas gurih.
Kenikmatan soto sampah jogja. Photo by @gembulfoodie
🍴 : Soto Sampah
📍 : Jl. Kranggan No.2, Yogyakarta (Ada Di Google Maps)
💰 : Rp 8.000 per porsi
⏰ : 24 Jam
  1. Mie Ayam Santika
Mie ayam santika yang legendaris di timur Tugu Jogja. Photo by @gembulfoodie
Buat yang suka mi ayam, beruntunglah kamu karena di dekat Tugu Jogja ada mie ayam legend, enak, dan murah. Cukup berjalan kaki ke arah timur 280 meter selamat 4 menit. Mi ayam ini juga unik karena pemberian namanya dari pelanggan juga, biar lebih gampang mengenalinya karena memang lokasinya yang ada di depan Hotel Santika.
Proses penyiapan mie ayam santika. Photo by @gembulfoodie
Mi ayamnya memiliki tekstur mi yang pipih dan panjang, jadi lebih mirip yamin. Cita rasanya juga lebih cenderung ke arah gurih. Gembul suka makan di sini karena murah harganya cuma Rp 9.000. Sudah gitu ada pilihan 2 jenis pangsit, ada pangsit goreng sama pangsit basah. Saking doyannya sama pangsit, biasanya Gembul suka tambah semangkok pangsitnya.
Dua set mie ayam, dengan pangsit goreng dan pangsit rebus. Photo by @gembulfoodie
🍴 : Mie Ayam Santika
ADVERTISEMENT
📍 : Jl. Jend. Sudirman No.36, Yogyakarta (Ada di Google Maps)
💰 : Mie Ayam Rp 9.000, Pangsit Isi 8 Rp 4.000
⏰ : 17.00 - 22.00
  1. Gudeg Mercon Mbak Tinah
Suasana gudeg mercon bu Tinah. Photo by @gembulfoodie
Ini kuliner malam di dekat Tugu yang hampir banyak orang tahu. Gudeg Mercon Mbak Tinah memang sudah cukup terkenal di kalangan para wisatawan yang main ke Jogja. Bahkan tidak sedikit artis ibu kota yang sering berkunjung ke mari. Lokasinya tidak jauh dari Tugu Jogja, sekitar 600 meter dan kalau jalan kaki sekitar 8 menit.
Biasanya baru buka jam 9 malam, dan semakin malam antrean pengunjung akan semakin mengular. Gudeg di sini cocok dicoba buat para penikmat rasa pedas, karena memang khasnya ada di sambal merconnya itu.
Pilihan lauk di gudeg mercon bu tinah. Photo by @gembulfoodie
Gembul pribadi terkadang suka malas datang ke sini karena memang antreannya kalau sedang libur panjang bisa cukup lama. Lalu tempatnya cukup gelap, jadi terkadang buat makan saja susah harus menyalakan lampu handphone.
ADVERTISEMENT
Kemudian banyak yang berpengalaman kalau patokan harga di sini kadang suka asal-asalan dan tidak tentu seperti kalkulator rusak. Untung saja sejauh ini selama Gembul ke sini belum mendapatkan harga yang mencekik dompet.
Mencoba gudeg mercon bu tinah dengan aneka laukknya. Phot by @gembulfoodie
🍴 : Gudeg Mercon Mbak Tinah
📍 :Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Yogyakarta (Ada di Google Maps)
💰 : Nasi Gudeg Mercon Rp 15.000, Lauknya Rp 5.000 hingga Rp 40.000
⏰ : 21.00 - 01.00
  1. Angkringan Pak Tomi
Angkringan Pak Tomi yang tetap memakai gerobang angkringan. Photo by @gembulfoodie
Kurang lengkap rasanya kalau sudah berkunjung ke Tugu Jogja, tapi enggak mampir ke angkringan terus nyobain kopi josnya. Di sekitaran Tugu kamu bakal menjumpai banyak banget angkringan, tapi Gembul ada rekomendasi sendiri yang itu tempatnya asik banget.
Jaraknya memang lumayan jauh, ada di selatan Tugu Jogja, kurang lebih 1 kilometer dan kalau jalan kaki bisa 12 menit.
Suasana yang syahdu dan romantis di angkringan pak tomi. Photo by @gembulfoodie
Angkringan ini cukup istimewa karena dia punya view yang sangat romantis khas Jogja, suasananya juga lebih sepi, tidak ada pengamen, dan nyaman buat nongkrong lama bersama teman-teman. Kemudian angkringan ini menerapkan membayar di awal, jadi ketika kamu memesan sekaligus membayar juga.
ADVERTISEMENT
Perlu diantisipasi juga, jangan mengambil menu terlalu banyak karena di angkringan ini tidak ada daftar harganya. Kamu akan tahu total harga makananmu di akhir, jadi jika ragu kamu bisa menanyakan harga satuannya terlebih dahulu.
Menu yang harus dipesan saat makan diangkringan. Photo by @gembulfoodie
Saking banyaknya menu yang ada di angkringan, terkadang suka membuat bingung pengunjung yang baru datang pertama kali ke sana.
Menu yang wajib dicoba menurut Gembul, ada nasi kucing dengan gorengan atau aneka sate-sateannya. Buat yang suka kopi, bisa cobain kopi jos, atau kopi jos susu. Itu bisa bikin hangat tubuhmu. Kalau butuh minuman yang segar-segar, kamu bisa pesan es tapai susu, ini bikin nagih #nakdek.
Penikmat kopi wajib cobain kopi jos disini, enak banget. Photo by @gembulfoode
🍴 : Angkringan Pak Tomi
📍 : Jl. Abu Bakar Ali No.7, Kotabaru, Yogyakarta (Ada di Google Maps)
ADVERTISEMENT
💰 : Rentang harga Rp 1.000 hingga Rp 10.000
⏰ : 16.00 - 00.30
Dari keenam rekomendasi kuliner di dekat Tugu Jogja yang sudah Gembul jelaskan di atas, sudah kalian coba semua belum? Yang paling enak yang mana hayo? Atau mungkin kalian punya rekomendasi juga? Yuk komen di bawah biar Gembul juga tahu.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80