kumparan
search-gray
Food & Travel2 Agustus 2020 9:14

Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja

Konten kiriman user
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365888)
Pizza kaki lima Tunqu Nangkring di Jogja. Photo by @gembulfoodie
Kuliner di kota Yogyakarta itu emang tidak ada matinya ya. Terutama di titik wisata seperti Tugu Jogja, kuliner yang identik disini tentu saja adalah Angkringan. Namu jika kamu liat secara seksama ada satu kuliner yang menurut gembul itu cukup unik banget. Jadi ada Tunqu Nangkring, yang memiliki konsep pizza kaki lima. Sejarah singkatnya mereke awal buka pada tahun 2017 hanya untuk tes pasar. Kemudian baru mulai berjualan reguler pertengahan 2018 namun masih dilokasi yang pertama. Pada tahun september 2019 pindah dikawasan Jalan Mangkubumi yang tidak jauh dari Tugu Jogja dan Stasiun Tugu.
ADVERTISEMENT
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365889)
Alat pemanggang pizza yang digunakan di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Saat kamu datang kesini, matamu pasti akan langsung tertuju pada satu tungku perapian yang cukup besar. Tungku itulah yang digunakan disini untuk proses pemanggangan pizza. Jadi proses pemanggannya masih dengan cara klasik. Jadi kamu bisa banget melihat proses pemanggangan pizza pesananmu, karena memang dapur terbuka. Dahulu pemanggangan di tungku memang menggunakan kayu sungguhan, namun kemudia dihasilkan asap yang cukup banyak. Sehingga cukup mengganggu yang berjualan disekitar meraka. Maka dari itu sekarang proses pemanggan sudah menggunakan gas tabung saja. Selain besar, bentuk dan warnanya memang sangat mencolok. Jadi tungku pizza ini dibuat sendiri oleh mereka dan terdapat roda dibawahnya untuk memdukung mobilitas.
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365890)
Proses pemanggangang pizza di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Jenis pizza yang disajikan adalah dengan model italian pizza. Konsep kaki lima sendiri dipilih karena memang sebelumnya belum pernah ada model pizza seperti ini. Kemudian pandangan masyarakat mengenai pizza itu selalu identik dengan makanan yang mahal.
ADVERTISEMENT
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365891)
Daftar menu pizza di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Namun di Tunqu Pizza ini harga pizzanya cukup terjangkau sekali ya. Untuk range harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 37.000 hingga Rp 45.000 setiap satu porsi pizza. Satu porsi pizza bisa dibagi mejadi 8 potong slice pizza
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365892)
Adona pizza Tunqu Nangkring yang dibuat homemade. Photo by @gembulfoodie
Bahan bahan yang digunakan untuk membuat pizza disini semuanya homemade. Mulai dari adonan, hingga bagian topingnya. Lalu semuanya bahannya benar benar fresh ya. Lalu untuk proses pembuatan pizza nya sediri itu sudah ada devisinya masing masing. Misalkan yang menyiapkan pizza, memanggang pizza, memotong pizza dan tentunya ada kasir juga
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365893)
Proses peracikan pizza di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Dahulu sebelum pandemi covid datang, jika kalian datang saat awal warung pizza ini bukak kurang lebih jam set 5 sore. Kalian yang penasaran atau anak anak yang penasaran dengan proses pembuatan pizza disini. Dapat mengambil bagian dan ikut serta untuk mencoba membuat pizza pesanan mu sendiri. Namun untuk saat ini pada masa pandemi pembeli sudah tidak perkenankan untuk mencoba membuat pizzanya sendiri.
ADVERTISEMENT
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365894)
Atraksi pembuatan pizza di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Meskipun pengunjung sudah tidak bisa ikut ambil bagian untuk membuat pizza. Mereka masih bisa melihat proses pembuatan pizzanya, namun tetap dengan menjaga jarak. Pemandangan yang unik sesekali akan kamu liat, ketika chef mulai menyiapkan adonan pizza lalu sesekali melempar lemparnya keatas sambil diputar putar. Pertunjukan atraksi yang cukup mencuri perhatian mata ya
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365895)
Proses pemangganan pertama yang hanya diberi saus saja. Photo by @gembulfoodie
Jika antrian sedang tidak terlalu ramai, menunggu pesanamu tidak lah terlalu lama. Biasanya untuk membuat satu pizza hingga benar benar disiapkan itu membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit saja. Setelah mencicipi pizzanya kemarin, maka diketahui bahwa karakter pizza disini memang dibuat crispy. Jadi secara standart, pizza disini akan dipanggang sebanyak dua kali. Adonan disiapkan lalu diberi saus kemudian dipanggang untuk pertama kali.
ADVERTISEMENT
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365896)
Proses pemanggangan kedua dengan diberi full toping. Photo by @gembulfoodie
Setelah selai kemudian diangkat dan diberi beraneka toping sesuai pesanan dan dimasukan kedalam pemanggang lagi. Pizza yang dihasilkan jadi memliki teksture yang crispy, kejunya meleleh, namu toping yang tidak terlalu garing. Sebuah komposisi pizza yang #nakdek . Namun kalian masih tetep bisa untuk requst untuk dipanggang sekali saja.
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365897)
Menikmati pizza di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Nama nama pizza yang disajikan disini bisa dibilang cukup unik. Misalkan saja ada Sakarepmu, Daging Londo, Keju Thok dam masih banyak lagi. Komposisi dari setiap menu sudah tertulis dengan jeas dibawah menu itu sendiri. Penamaan tersebut dilakuan untuk memberikan kesan simple dan unik sehingga menjadi mudah diingat menunya. Ada beberapa menu yang memang sudah favorute dinisi. Kemudia kemarin akhirnya memutuskan untuk memesan itu saja. Pizza Sarang Lemak dan Gagal Diet.
ADVERTISEMENT
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365898)
Pizza sarang lemak di Tunqu Nangkring. Photo by @gembulfoodie
Pizza Sarang Lemak ini komposisinya terdiri dari keju Mozzarella, Irisan Iga Sapi, Daging Sapi, Nanas, Tomat Segar, Bawang Bombay, Lada Hitam, Oregano dan Daun Basil. Warna pizzanya cukup menarik perhatian banget. Pizza harus segera dinikmati karena masih hangat, jadi keju mozzanya masih bisa molor. Untuk rasanya sendiri cukup unik, gurih dan segar dari perpaduan daging dengan buah nanas dan sayur tomatnya.
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365899)
Pizza gagal diet di Tunqu Nangkring . Photo by @gembulfoodie
Berikutnya ada pizza Gagal Diet. Komposisinya ada mozzarela, daging sapi, sosis sapi, bakso ikan laut, paprika, bawang bombay, Lada Hitam, Oregano, dan Daun Basil. Pada pizza ini seneng banget sama perpaduan toping bakso ikan, sosis sapi dengan lada. Menghasilkan rasanya yang gurih pedas. Lalu jika masih kurang kalian tentunya masih bisa menambahkan extra mozza ataupun toping.
ADVERTISEMENT
Mencicipi Pizza Kaki Lima 'Tunqu Nangkring' yang Berada di Sekitar Tugu Jogja (365900)
Proses pemotongan pizza dengan pisau yang unik di Tunqu Nankring. Photo by @gembulfoodie
Satu lagi yang menarik perhatian adalah pisau yang digunakan untuk memotong pizzanya. Bentuknya panjang dengan pegangannya diujung, kalau tidak salah namanya Mezzaluna. Jadi buat temen temen sekalian yang lagi berkunjung ke Yogyakarta dan jalan jalan dikawasan Tugu Jogja. Ada kuliner lain alternatif selain angkringan yaitu Tunqu Pizza. Meskipun kaki lima tempat makannya tetep nyaman, teratur, dan melaksanakan protokol kesehatan. Namun jika ingin tetap dirumah saja, kalian masih memesan pizza ini melalui ojek online ya. Sejauh ini rasa pizza disini sudah cukup cocok di lidah warga sekitar, wisatawan lokal ataupun manca negara.
🍴: Tunqu Nangkring
📍: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592
💰 : Rp 37.000 - Rp 45.000
ADVERTISEMENT
⏰ : 16.30 - 22.00 (Senin Tutup)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white