Pencarian populer

Siomai Monster Seberat 1 Kg yang Siap Bikin Kenyang

Panggilan buat para pencinta kuliner siomai. Ada warung di Yogyakarta yang menyajikan siomai seberat 1 kilogram. Berani cobain enggak nih? Soalnya sejauh ini, yang berhasil menghabiskan siomai ini baru satu orang saja. Dengan catatan, siomai harus dimakan di tempat dan benar-benar hanya dimakan oleh satu orang.

Kata pemilik warungnya, satu orang yang sudah berhasil menghabiskan siomai tersebut mengatakan kalau dia enggak makan seharian dari pagi sampai siang. Lalu sorenya baru deh makan habis-habisan siomai 1 kilogramnya.

Siomai 1 kilogram dan siomai ukuran normal. Photo by @gembulfoodie

Singkat cerita, Kak Lisna, selaku owner dari Dilory Siomay ini, mencetuskan ide untuk membuat siomai seberat 1 kilogram karena ia sering jajan siomai tetapi selalu merasa kurang puas saat menyantapnya. Hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil-kecil. Jika ingin menambah 1 porsi lagi jadinya akan terlalu banyak, dan jika menambah satuan akan terasa lebih mahal.

Akhirnya, Kak Lisna mencetuskan kreasi untuk membuat siomai yang besar dan sekiranya masih bisa dinikmati oleh satu orang, atau bisa dinikmati ramai-ramai.

Satu siomai 1 Kilogram bisa dinikmati secara bersama-sama. Photo by @gembulfoodie

Dilory Siomay ini masih tergolong kuliner baru di Yogyakarta, karena baru dibuka sejak tanggal 5 Januari 2019. Namun, siomai ini langsung bisa mencuri perhatian dengan berat 1 kilogram dan ukurannya yang super besar itu. Rasa dan model siomainya juga cukup unik. Bukan seperti siomai dari Bandung, tetapi lebih ke arah siomai chinese khas dari daerah Pontianak yang menyerupai dimsum.

Dalam sehari produksi, siomai yang dibuat bisa mencapai 35 kilogram. Bahkan ketika sedang ramai dan banyak pesanannya, siomai yang diproduksi bisa sampai 60 kilogram.

Dari segi rasa siomai ini enak banget. Terasa asin gurih dari bahan ayam dan ikan di dalamnya. Kalau kata Teman Gembul yang ikut mencicipi, siomai ini dimakan langsung tanpa bumbu saja sudah enak. Siomainya juga benar-benar padat dari ujung atas sampai bawah, enggak ada rongga yang kosong. Sampai buat memotongnya saja kami kesusahan karena saking padatnya.

Isi dari Siomai 1 kilogram yang benar-benar padat. Photo by @gembulfoodie

Makan siomai kurang lengkap kalau enggak ada bumbu kacangnya kan ya. Nah di sini bumbu kacangnya bisa tambah sendiri sesukamu. Selain itu, bumbu kacangnya memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Dari segi rasa, bumbunya lebih cenderung ke arah manis. Tekstur dan kekentalan bumbunya didominasi tepung maizena. Kacangnya dibuat halus dan tidak terlalu banyak, jadi rasa bumbu kacangnya tidak terlalu mendominasi.

Kenapa rasanya dibikin seperti itu? Supaya tidak mengalahkan rasa asli dari siomainya itu sendiri.

Harga siomai ini juga cukup terjangkau. Seporsi siomai 1 kilogram dihargai Rp 35 ribu. Itu enggak hanya dapat siomai saja lho, tapi sudah beserta kentang, kol, telur, dan tahu, tapi dalam ukuran normal ya. Jadi selain siomai ukuran 1 kilogram, di sini juga ada siomai dengan ukuran normal dan XL. Lalu ada juga menu baru Choi Pan dan Nori Crab yang enggak kalah #nakdek, soalnya kemarin Gembul udah cobain juga.

Selain siomai 1 kilogram, ada menu Choi Pan yang tidak kalah enak. Photo by @gembulfoodie

Walau besar, siomai 1 kilogram ini punya tingkat keempukan yang pas dan merata, jadi enggak perlu khawatir bakalan keras. Ada garansinya juga kalau kamu dapat siomai yang keras ya, mereka sangat menjaga kualitas produksinya. Gembul sudah kedua kalinya ke sini. Yang pertama mencoba siomai 1 kilogram, tapi akhirnya enggak habis, masih sisa lumayan banyak dan untungnya bisa dibungkus.

Setiap pembelian yang dibawa pulang, dibungkus menggunakan model wrapping. Jadi kedap udara dan enggak cepat dingin. Saat kedatangan yang kedua kemarin, Gembul datang dengan 3 teman Gembul. Mereka pesan siomai yang satu 1 kilogram juga. Tapi kali ini langsung dibagi untuk berempat. Kalau dihitung-hitung jadi setiap orang dapat seperempat bagian yang beratnya 250 gram.

Bisa dibeli untuk dibawa pulang dan bungkusnya menggunakan wrapping. Photo by @gembulfoodie

Penjualnya juga ramah, selalu dengan sabar menjawab setiap pertanyaan pelanggan yang kepo soal siomainya. Buat informasi saja, siomai di sini semuanya halal ya. Tempatnya nyaman dan bersih, tapi memang terlalu kecil dan hanya mampu menampung kurang lebih 8 orang saja.

Terkadang susah banget buat mencari lokasi warungnya, karena papan nama yang kurang pas. Belum lagi lokasi parkir yang terbatas karena jumlah yang sedikit dan posisinya yang berada di pertigaan.

Warungnya sederhana, hanya terdiri dari beberapa meja. Photo by @gembulfoodie

Jika kamu ingin mencoba siomai 1 kilogram, lebih baik kamu tanya dulu ke kontak atau direct message di akun Instagram mereka untuk menanyakan stoknya. Hal ini dikarenakan jumlah produksi mereka yang masih terbatas, namun permintaannya cukup tinggi.

Buat kalian yang malas gerak dan cari-cari alamat, kalian bisa raih handphone dan pesan melalui ojek online. Itupun jika stoknya juga masih ada. Secara keseluruhan siomai ini cocok banget buat dicoba.

🍴 : @dilory.siomay

📍 : Jl. Tawes III No.1, Mladangan, Minomartani, Ngaglik, Sleman (Gmaps Ready)

💰 : Siomai biasa 2.5, Siomai xl 15k, Siomai 1 Kg 35k

🛵 : Gofood Ready

⏰ : 11.00 - 21.00 (Sehabisnya dan hari Senin libur)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33