7 Wisata Uji Nyali di Jakarta, Vibes Seramnya Terasa Banget

Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
29 Juni 2022 10:45
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Menara Saidah. Foto: Instagram.com/@ferdianditya
zoom-in-whitePerbesar
Menara Saidah. Foto: Instagram.com/@ferdianditya
Umumnya, liburan dengan berwisata itu untuk melihat indahnya pemandangan, pun sembari bercengkrama bersama orang terkasih. Ya, hal itu untuk menenangkan pikiran usai penatnya beraktivitas, terlebih lagi di lingkungan Jakarta yang penuh dengan hiruk pikuknya.
Meskipun demikian, cara setiap orang untuk mengisi waktu luang dengan berwisata itu nyatanya berbeda-beda wujudnya, lho. Yang mana bagi seseorang yang anti mainstream, menyukai tantangan, hingga punya rasa penasaran yang cukup tinggi, maka wisata penyejuk pikiran saja tak cukup mengibur dirinya.
Berangkat dari hal tersebut, wisata uji nyali hadir dengan membawa suasana horornya yang siap menantang jiwa para wisatawannya. Tentunya, besar harapan wisatawan untuk bisa menangkap momen menyeramkan yang akan menjadi buah tangan dari berwisata uji nyali, nih. Berikut 7 rekomendasi wisata uji nyali, khususnya yang ada di Jakarta.
1. Perlintasan Kereta Bintaro
Pada 19 Oktober 1987 silam telah terjadi kecelakaan kereta api terbesar dan terburuk dalam sejaerah Indonesia. Bagaimana tidak, jika hanya dalam waktu sekejap kecelakaan tersebut mampu menewaskan ratusan orang.
Setelah kejadian tersebut, warga sekitar menyebutkan terjadinya banyak kejadian yang cukup aneh. Mulai dari jeritan serta rintihan korban yang minta pertolongan, baik di malam hari maupun saat siang bolong. Hingga sosok wanita berpayung yang minta dibantu menyebrangi rel, tapi setelah itu ia menghilang begitu saja.
2. Sumur Lubang Buaya
Masih ingat dengan pelajaran sejarah Indonesia terkait peristiwa G30S/PKI? Sumur Lubang Buaya ialah setting tempat dari berlangsungnya tragedi pembuangan mayat korban G 30S/PKI. Alhasil, sumur yang berada di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur, ini memiliki sejumlah aura mistis.
Yang mana berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar menyebutkan bahwa adanya penampakan sosok manusia dengan memakai seragam tentara, namun wajahnya penuh dengan lumuran darah, lho.
3. Terowongan Casablanca
Kemacetan Jakarta akibat padatnya penduduk memang sudah tak bisa dibendung lagi, ya. Terowongan Casablanca sendiri dibangun untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sayangnya, alih-alih mengatasi kemacetan, pembangunan terowongan ini justru memakan banyak korban, lho.
Sejumlah hal aneh yang terjadi ini bukan tanpa alasan, masyarakat sekitar pun mengaitkannya dengan sejarah bahwa terowongan yang dulunya merupakan komplek pemakaman.
Bahkan, setelah pembangunan selesai, terowongan ini justru dikenal dengan keangkerannya, khususnya karena sosok kuntilantak merah yang mengejutkan pengemudi.
Hingga kini, para pengemudi ketika melewati Terowongan Casablanca ini rutin menyalakan lampu serta membunyikan klakson sebanyak tiga kali. Apa tujuannya? Tentunya agar tak diganggu oleh sosok penampakan makhluk tak kasat mata itu, ya.
4. Menara Saidah
Menara Saidah yang ada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Timur, ini merupakan bangunan megah dengan gaya arsitektur Yunani. Tempat ini dulunya menjadi hunian dari sejumlah kantor, nih.
Sayangnya, setelah kejadian horor, banyak kantor yang menumpang sewa di sana jadi hengkang satu per satu. Akhirnya, pada tahun 2007 menara ini secara resmi ditutup lantaran tak ada lagi perkantoran yang menghuninya.
Kini, masyarakat sekitar menyakini bahwa menara tersebut angker dan sudah menjadi istana jin. Salah satu ciri khas mistis di tempat ini yakni sosok manusia kelelawar yang menghuni puncak Menara Saidah. Selain itu, makhluk halus lainnya yaitu kuntilanak merah yang sering muncul di sudut lantai tiga.
5. TPU Jeruk Purut
Apa kamu pernah mendengar legenda pastor yang mati dengan kepala terpenggal? Pastor dikabarkan berbadan besar dengan menggunakan pakaian hitam, layaknya pastor yang hendak beribadah ke Gereja, ya.
Pastor tersebut berkeliling TPU Jeruk Purut dengan membawa anjing di satu tangannya, sedangkan satu tangannya lagi membawa penggalan kepalanya sendiri, lho.
Hal menarik di sini yakni TPU Jeruk Purut ini berada di dekat keramaian Jakarta Selatan. Tentunya, berbeda dengan tempat horor lainnya yang cenderung berada di kawasan yang cukup sepi, ya.
6. Toko Merah
Sadar atau tidak, Toko Merah yang sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto ria bagi para pesepeda ini ternyata menyimpan segudung kisah menyedihkan, lho. Toko Merah yang berada di kawasan Kota Tua ini dulunya merupakan tempat penyiksaan hingga pembantaian etnis Tionghoa. Berangkat dari kejadian tersebut, kini masyarakat sekitar sering mendengar suara tangisan perempuan beserta langkah kaki tentara dari dalam bangunan.
7. Rumah Angker Pondok Indah
Mendengar kata Pondok Indah, rasanya yang muncul ialah kawasan elit yang berada di Jakarta Selatan. Begitu banyak rumah mewah yang berdampingan dengan perkantoran besar berada di kawasan ini.
Sayangnya, terdapat kisah menyediahkan yang menimpa salah satu penghuni rumah mewah di Pondok Indah, tepatnya pada tahun 80-an. Yang mana penghuni rumah mewah tersebut yakni 7 orang Warga Negara Asing (WNA) yang rumahnya mengalami kerampokan dan mereka semua dibunuh.
Alhasil, rumah megah tersebut jadi angker dengan sejumlah kisah mistis yang beredar. Mulai dari adanya salah satu mayat yang masih disembunyikan di dalam patung, hingga sosok manusia yang mondar-mandir dengan bagian tubuh yang tidak lengkap.
Nah, itu tadi 7 wisata uji nyali yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Jadi, tempat uji nyali mana yang menantang jiwamu? Pun kamu berharap mendapatkan momen horor yang seperti apa dari kunjunganmu tersebut? (mel)