Woman
·
15 Oktober 2020 13:11

Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai (30397)
Ilustrasi kanker payudara. Foto: Pexels
Kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakuti oleh perempuan. Banyak perempuan yang tidak memiliki kesadaran dan juga perhatian lebih akan payudaranya, karena khawatir dia sendirilah yang memiliki penyakit tersebut. Hal itu menyebabkan segelintir perempuan jarang membawa topik mengenai payudara di lingkungan sekitar.
ADVERTISEMENT
The National Cancer Institute memperkirakan bahwa lebih dari 190.000 perempuan akan didiagnosis dengan kanker payudara setiap tahunnya. Bahkan menurut data World Health Organization (WHO), satu dari delapan perempuan akan mengalami kanker payudara dalam hidupnya.
Di Indonesia sendiri, jumlah pasien yang datang memeriksakan diri ke rumah sakit memiliki usia yang sangat muda, yakni di rentang usia 25 hingga 35 tahun. Bahkan sebagian besar diantaranya sudah dalam keadaan stadium lanjut. Oleh karena itu, penting untuk kita mendeteksi kanker payudara sedini mungkin agar kita dapat meningkatkan harapan hidup pasien.
Ketika mendengar kata kanker payudara, kita pasti bisa langsung menjelaskan tanda-tandanya. Benjolan, dan juga perbedaan ukuran pada kedua payudara tersebut. Namun, faktanya, gejala kanker payudara tidak hanya bisa dipastikan dengan dua faktor tersebut.
ADVERTISEMENT
Berikut ini 5 tanda-tanda lain dari kanker payudara:
1. Tekstur kulit di payudara berubah, muncul kerutan kasar seperti kulit jeruk
Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai (30398)
Tekstur kulit jeruk. Foto: Pixabay
Selain benjolan, ternyata gejala kanker payudara dapat dilihar dari tekstur kulit di payudara. Kulit yang sudah terkena kanker akan terlihat seperti tekstur kulit jeruk. Dengan pori-pori kulit yang sangat terlihat jelas, warna kulit yang berubah menjadi kemerahan, puting atau kulit payudara mengelupas, payudara mengeras, dan terdapat cekungan seperti lesung pipi, merupakan tanda pertama seseorang memiliki kanker payudara.
2. Perubahan pada puting
Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai (30399)
Ilustrasi payudara. Foto: iStock
Payudara yang terjangkit kanker bisa dilihat juga dengan puting yang berubah. Mulai dari puting yang masuk ke dalam, menebal, dan mengeluarkan cairan. Cairan yang keluar dari puting biasanya cairan bening hingga darah.
ADVERTISEMENT
3. Perubahan bentuk ukuran payudara
Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai (30400)
Ilustrasi payudara. Foto: Pexels
Pada umumnya, perbedaan ukuran hingga 20 persen antara payudara kanan dan kiri tergolong normal. Namun, jika kamu merasa salah satu payudara kamu lebih besar dari biasanya. Ini merupakan hal yang perlu diwaspadai.
4. Perubahan kandung kemih atau usus
Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai (30401)
Ilustrasi diare. Foto: Shutterstock
Tak hanya menimbulkan tanda-tanda perubahan pada area payudara, jenis kanker yang satu ini juga dapat dapat menyebabkan perubahan hormonal yang mengeringkan uretra dan membuatnya sulit untuk mengontrol kandung kemih. Kondisi ini dikenal sebagai inkontinensia.
Maka dari itu, jika kamu mengalami masalah buang air besar yang tidak teratur, diare atau sembelit tanpa alasan yang jelas baiknya kamu patt mencurigai. Ini merupakan salah satu tanda-tanda dari kanker payudara.
ADVERTISEMENT
5. Nyeri punggung dan leher yang tidak dapat dijelaskan
Jarang Disadari, 5 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kamu Waspadai (30402)
Ilustrasi nyeri leher. Foto: Pexels
Jika kamu pernah merasakan nyeri punggung atau leher, padahal sudah melakukan peregangan atau istirahat yang cukup, bisa jadi ini salah satu tanda bahwa kamu memiliki kanker payudara. Hal ini dapat terjadi ketika tumor tumbuh dan mendorong saraf serta ligamen, atau ketika kanker bermetastasis menjadi kanker tulang.
Wah, ternyata tanda-tanda kanker payudara ini sangat jelas ya. Sudah tidak ada halangan lagi untuk kamu periksa sedini mungkin nih, girls! (bel)
Ingin dapat dana pengembangan buat usaha kamu? Caranya kunjungi link di bawah ini: