Food & Travel
·
2 Juni 2021 9:05
·
waktu baca 2 menit

Megahnya Rumah Rp21 T Milik Kesultanan Brunei, Dinobatkan Istana Terbesar Dunia

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Megahnya Rumah Rp21 T Milik Kesultanan Brunei, Dinobatkan Istana Terbesar Dunia (123352)
searchPerbesar
Istana Nurul Iman, Brunei Foto: Instagram/@my.wonderbird
Brunei Darussalam dikenal sebagai salah satu negara Muslim terkaya di Asia Tenggara. Bukti kekayaan negeri Sultan Hassanal Bolkiah itu terlihat dari berdirinya banyak bangunan megah nan indah nyaris di setiap sudutnya dan salah satunya adalah Istana Nurul Iman.
ADVERTISEMENT
Istana Nurul Iman merupakan rumah keluarga Kesultanan Brunei Darussalam ke-29. Istana itu berdiri di ukit Lumadin, Jalan Tutong dan persis di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer arah selatan dari ibu kota Brunei.
Nama 'Nurul Iman' sendiri memiliki arti 'cahaya keimanan' yang mencerminkan negara Brunei yang mayoritasnya penduduk Muslim.
Megahnya Rumah Rp21 T Milik Kesultanan Brunei, Dinobatkan Istana Terbesar Dunia (123353)
searchPerbesar
Istana Nurul Iman Brunei Foto: Shutter Stock
Dikutip dari Atlas Obscura, Istana yang berdiri sejak tahun 1984 ini menghabiskan biaya pembangunan mencapai 1,4 milliar dolar Amerika atau setara Rp21 Triliun. Dibangun di lahan seluas 200.000 meter persegi, Istana Nurul Iman telah mengalahkan luas Istana Buckingham di Inggris.
Tidak hanya itu, Istana Nurul Iman yang sangat megah ini juga dinobatkan sebagai Istana terbesar sedunia versi Guinness World Record.
Meskipun hanya dihuni oleh satu keluarga, Istana Nurul Iman memiliki 1.800 kamar tidur. Selain itu, rumah ini juga memiliki fasilitas mewah, seperti kandang kuda ber-Ac, 257 kamar mandi, 18 lift, sebuah masjid yang mampu menampung 1.500 jemaah, dan sebuah aula untuk menjamu para tamu atau mengadakan kegiatan-kegiatan khusus yang sanggup menampung hingga 4.000 orang, serta 5 kolam renang.
Megahnya Rumah Rp21 T Milik Kesultanan Brunei, Dinobatkan Istana Terbesar Dunia (123354)
searchPerbesar
Ilustrasi Istana Nurul Iman. Foto: Getty Images
Istana yang terlihat dengan bangunan putih besar yang dominan dengan kubah emas serta menara ini dirancang oleh arsitek asal Filipina, Leoandro Locsin, yang memiliki gaya arsitektur Islam-Melayu klasik. Istana Nurul Iman akan tampak sangat indah jika dilihat dari Sungai Brunei lho.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Istana tersebut menjadi kediaman resmi Sultan Haji Hassana Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah, sekaligus sebagai Istana Negara Brunei.
Meskipun ini adalah kediaman pribadi, sultan selalu mengadakan open house selama tiga hari saat Hari Raya Idul Fitri. Diperkirakan ada 110.000 tamu yang datang setiap tahunnya untuk menyaksikan kemegahan Istana Nurul Iman lho. (via)