Peran Wanita Muslim dalam Perubahan Sosial

Gina Safitri
Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
11 Juli 2023 21:05 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Gina Safitri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
lustrasi Pengusaha Muslim (Sumber: https://pixabay.com/id/illustrations/kerja-komputer-muslimah-laptop-7730627/)
zoom-in-whitePerbesar
lustrasi Pengusaha Muslim (Sumber: https://pixabay.com/id/illustrations/kerja-komputer-muslimah-laptop-7730627/)
ADVERTISEMENT
Wanita Muslim adalah istilah yang mengacu pada perempuan yang menganut agama Islam. Wanita Muslim memegang keyakinan agama Islam, mengikuti ajaran-ajaran Islam, dan menjalankan praktik-praktik keagamaan yang ditetapkan dalam Islam. Bagi wanita Muslim, agama Islam memainkan peran penting dalam kehidupan mereka. Mereka mengimani bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah melalui Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk hidup. Wanita Muslim berusaha menjalankan perintah-perintah Allah dan mengikuti tuntunan agama yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadis.
ADVERTISEMENT
Penting dicatat bahwa Islam mengajarkan kesetaraan antara pria dan wanita di hadapan Allah. Namun, terdapat perbedaan dalam peran dan tanggung jawab yang diharapkan dari pria dan wanita dalam kehidupan sehari-hari. Wanita Muslim diharapkan menjaga kesopanan dan kehormatan dalam berpakaian, menjalankan ibadah seperti salat (sembahyang), berpuasa selama bulan Ramadan, memberikan sumbangan amal, dan menghormati prinsip-prinsip moral dan etika Islam. Selain itu, wanita Muslim juga memainkan peran penting dalam keluarga dan masyarakat. Mereka dapat menjadi ibu, istri, saudari, anak, dan anggota masyarakat yang berkontribusi pada perkembangan komunitas Muslim secara keseluruhan.
Mengapa penting untuk membahas peran wanita Muslim dalam perubahan sosial? Wanita Muslim merupakan bagian penting dari masyarakat yang beragam. Dalam perdebatan dan diskusi tentang perubahan sosial, penting untuk melibatkan dan memberikan ruang bagi suara-suara wanita Muslim agar dapat mewakili pengalaman, pandangan, dan aspirasi mereka. Dengan melibatkan mereka, kita menciptakan representasi yang lebih inklusif dan menghargai keberagaman dalam masyarakat.
ADVERTISEMENT
Diskusi tentang peran wanita Muslim dalam perubahan sosial adalah tentang memberdayakan mereka untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan masa depan yang lebih baik. Wanita Muslim memiliki potensi yang besar untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat mereka melalui pendidikan, pekerjaan, kewirausahaan, kepemimpinan, dan advokasi. Mengakui peran mereka dan memberikan kesempatan yang setara akan membantu meningkatkan pemberdayaan wanita dan mengatasi ketidakadilan gender.
Wanita Muslim dalam perubahan sosial mengacu pada peran dan kontribusi wanita yang beragama Islam dalam konteks perubahan dan transformasi sosial yang terjadi dalam masyarakat. Ini melibatkan keterlibatan wanita Muslim dalam berbagai aspek kehidupan sosial, seperti pendidikan, politik, ekonomi, budaya, dan masyarakat pada umumnya. Pentingnya peran wanita Muslim dalam perubahan sosial terkait dengan upaya untuk mencapai kesetaraan gender, pembebasan wanita, dan penghormatan terhadap hak-hak wanita dalam kerangka nilai-nilai Islam. Dalam Islam, wanita memiliki hak yang diakui dan dihormati, dan mereka memiliki peran penting dalam masyarakat dan keluarga.
ADVERTISEMENT
Perubahan sosial dapat mencakup peningkatan akses wanita Muslim terhadap pendidikan, yang memungkinkan mereka untuk terlibat dalam berbagai sektor pekerjaan dan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk berkembang dalam karier mereka. Di mana wanita karier dalam Islam memang diperbolehkan asalkan mendapatkan ijin dari suami dan bekerja untuk membantu keluarga, ini akan jadi sebuah kegiatan yang menyenangkan apalagi jika didasari oleh ibadah (Ismiyati, 2019). Wanita Muslim juga dapat berpartisipasi dalam politik dan pemerintahan, baik sebagai pemilih maupun sebagai pemimpin politik, untuk mempengaruhi kebijakan dan pengambilan keputusan yang memengaruhi masyarakat.
Selain itu, wanita Muslim dapat memainkan peran penting dalam mengubah norma sosial dan budaya yang menghambat kemajuan wanita. Mereka dapat mengadvokasi untuk mengakhiri praktik-praktik yang merugikan wanita, seperti kekerasan dalam rumah tangga, pernikahan anak, atau diskriminasi gender. Wanita Muslim yang berperan dalam perubahan sosial sering menjadi contoh dan inspirasi bagi wanita lain untuk mengambil langkah-langkah yang serupa.
ADVERTISEMENT
Dalam banyak kasus, wanita Muslim sering kali dihadapkan pada stereotip dan prasangka yang tidak akurat. Diskusi yang mendalam dan berkelanjutan tentang peran wanita Muslim dalam perubahan sosial dapat membantu memecah stereotip yang negatif dan memperluas pemahaman kita tentang identitas mereka. Ini akan membantu membangun jembatan antara komunitas dan mempromosikan dialog yang lebih baik antara berbagai kelompok dalam masyarakat.
Membahas peran wanita Muslim dalam perubahan sosial juga berkontribusi pada membangun solidaritas dan kerja sama antar agama. Ketika kita mengakui dan menghormati kontribusi yang dibawa oleh wanita Muslim, kita menciptakan kesempatan untuk bekerja sama dalam upaya yang lebih besar untuk mengatasi masalah sosial yang melintasi batas-batas agama dan budaya. Ini mendorong terciptanya hubungan yang lebih kuat dan saling pengertian di antara komunitas-komunitas agama yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Peran wanita Muslim dalam perubahan sosial membantu menggarisbawahi pentingnya pengarusutamaan gender dalam pembangunan masyarakat yang berkeadilan. Dalam banyak masyarakat, wanita Muslim menghadapi tantangan khusus dan kebutuhan yang harus diperhatikan. Diskusi tentang peran mereka dalam perubahan sosial membantu menyoroti isu-isu yang dihadapi wanita Muslim, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, kekerasan berbasis gender, dan partisipasi politik.
Ini penting dalam upaya mencapai kesetaraan gender yang lebih besar. Adapun hasil penelitian bahwa Peran wanita dikatakan penting karena banyak beban-beban berat yang harus dihadapinya, bahkan beban-beban yang semestinya dipikul oleh pria (Hanim, 2020). Sejak dahulu, keikutsertaan wanita dalam aktivitas sosial dan pertemuan dengan kaum laki-laki, baik secara kebetulan maupun disengaja untuk suatu tujuan yang baik, sudah merupakan corak kehidupan yang umum dalam masyarakat muslim dalam bidang umum dan khusus (Syuqqah, 1997). Dalam konteks ini, penting untuk mengakui dan mendukung peran wanita Muslim dalam perubahan sosial, serta mempromosikan kesadaran akan hak-hak mereka dan kemampuan mereka untuk berperan aktif dalam memajukan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Dalam kesimpulannya, membahas peran wanita Muslim dalam perubahan sosial penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, pemberdayaan wanita, dan memecah stereotip. Ini juga mempromosikan solidaritas antar agama dan pengarusutamaan gender. Dengan melibatkan suara-suara mereka, kita dapat memperluas pemahaman kita tentang keberagaman manusia dan bekerja bersama dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang.