Hubungan Organisasi dengan Komunikasi

Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Angkatan 2022.
Konten dari Pengguna
24 November 2022 5:42
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Gloria Rafael Bancin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : Ba Tik/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
sumber : Ba Tik/Pexels
ADVERTISEMENT
Organisasi adalah wadah atau lingkungan yang memiliki sistem, aturan, serta struktur tersendiri sebagai tempat bagi sekumpulan individu dengan peran serta kemampuan yang berbeda-beda di dalamnya untuk mewujudkan target yang sama. Organisasi berperan sebagai sesuatu yang mengikat individu-individu di dalamnya menjadi satu kesatuan. Wadah ini adalah sarana setiap individu dalam meningkatkan bakat serta kemampuan, karena banyak pengalaman yang lahir dari organisasi.
ADVERTISEMENT
Organisasi berjalan tidak semata-mata karena sistem serta aturan yang telah tersusun sedemikian rupa. Sistem yang terstruktur, visi yang rasional, misi yang mapan, hingga sumber daya manusia yang baik saja tidak cukup menjadi tonggak kuat berdiri bahkan berjalannya suatu organisasi. Ada hal kecil yang nyatanya berdampak besar terhadap berjalannya suatu organisasi. Komunikasi adalah hal kecil yang membawa pengaruh besar dalam organisasi.
Organisasi sebagai wadah dari banyak individu tentu menjadi sesuatu yang amat sangat membutuhkan interaksi di dalamnya. Keterikatan yang melandasi kerja sama antar individu tersebut membutuhkan interaksi yang baik di dalamnya. Kebutuhan inilah yang menghubungkan komunikasi dengan organisasi. Keduanya adalah terikat sebab organisasi tidak ada tanpa komunikasi.
Dalam organisasi, setiap orang yang ada di dalamnya harus ambil andil untuk mewujudkan tujuan yang sama. Perwujudan misi tersebut juga membutuhkan kerja sama yang baik. Sebelum menciptakan kerja sama yang baik dalam organisasi, kerja sama antarpribadi dan kelompok harus diperhatikan. Setiap individu dalam kelompok harus menjalin interaksi satu sama lain; dengan demikian, komunikasi dalam lingkup kelompok kecil dalam organisasi bahkan organisasi itu sendiri ter laksanakan dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Komunikasi organisasi berarti setiap anggota di dalamnya terlibat dalam sebuah interaksi. Ada informasi yang tersampaikan sekaligus tertangkap dalam sebuah interaksi yang mana efek dari proses komunikasi tersebut memberi dampak menyeluruh atau tidak hanya pada sebagian kecil organisasi saja.
Tidak berhenti pada antar anggota, kerja sama yang baik pun mesti diterapkan di antara pemimpin organisasi dengan anggota di setiap tingkatan atau divisi. Pemimpin dalam organisasi butuh membangun relasi yang sehat dengan anggota supaya arahan-arahan yang diberikan pemimpin dapat diterima bahkan didiskusikan bersama anggota-anggota dalam organisasi. Hal tersebut pun berupaya memberikan semangat kerja bagi para anggota karena merasa dekat dengan pemimpin tanpa rasa tertekan yang berlebihan.
Penting bagi setiap individu dalam organisasi untuk mengutarakan hal-hal yang penting kaitannya dengan organisasi. Ide, gagasan, saran, serta pendapat harus tersampaikan dan dikelola bersama di dalam organisasi supaya tercipta kinerja yang sempurna. Di luar daripada kepentingan organisasi, setiap individu yang memiliki latar belakang berbeda-beda membutuhkan kenyamanan atau kedekatan di antaranya supaya tidak ada kecanggungan antar anggota dalam menjalankan kehidupan organisasi.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan alasan-alasan tersebut, komunikasi terbukti memiliki hubungan karib dengan organisasi sebab keduanya adalah terikat; terlebih, organisasi sangat membutuhkan komunikasi dalam pelaksanaannya. Maka, penting sekali diingat bahwa organisasi tidak mampu berjalan tanpa komunikasi. Komunikasi adalah bentuk interaksi yang mendukung segala aspek dalam organisasi ter laksanakan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020