Konten dari Pengguna

Pengenalan Game Scratch, Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Kenalkan Dasar Pemrograman

Habibah Mylah Dalilah
Computer Science Students at Diponegoro University
9 Februari 2025 14:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Habibah Mylah Dalilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Wonogiri, 23 Januari 2025 – Dalam upaya meningkatkan literasi digital dan kemampuan berpikir komputasional sejak dini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I menggelar program Pengenalan Game Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Computational Thinking di SDN 03 Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Program ini ditujuka
Foto bersama siswa kelas 6 SDN 03 Gumiwang Lor dengan hasil karya masing-masing kelompok. Sumber : Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Foto bersama siswa kelas 6 SDN 03 Gumiwang Lor dengan hasil karya masing-masing kelompok. Sumber : Dokumentasi Pribadi
n khusus bagi siswa kelas 6 sebagai langkah awal dalam memahami konsep dasar pemrograman dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (23/01) ini mendapat antusiasme tinggi dari para siswa. Dengan menggunakan aplikasi Scratch, sebuah platform pemrograman berbasis visual yang dirancang untuk pemula, para peserta diajak untuk mengenal konsep dasar computational thinking atau berpikir komputasional. Konsep ini meliputi cara memecahkan masalah secara logis, menyusun langkah-langkah sistematis, serta mengenali pola dalam pemrograman. Pemilihan Scratch sebagai media pembelajaran didasarkan pada kemudahan penggunaannya bagi anak-anak. Scratch memungkinkan siswa memahami logika pemrograman tanpa harus langsung berkutat dengan kode yang rumit. Dengan antarmuka yang berbasis blok, mereka dapat menyusun perintah layaknya menyusun puzzle, sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan.
Foto bersama siswa kelompok 3 dengan hasil karyanya yang di dampingi oleh kakak pembimbing dari KKN Tim I Undip. Sumber : Dokumentasi Pribadi
Program ini diawali dengan sesi pengenalan dasar-dasar berpikir komputasional. Siswa diberikan contoh penerapan computational thinking dalam kehidupan sehari-hari, seperti bagaimana langkah-langkah dalam membuat mie instan atau cara menemukan rute tercepat ke sekolah. Setelah itu, mereka diperkenalkan dengan Scratch dan diberikan latihan sederhana untuk membuat karakter bergerak serta menjalankan perintah tertentu.
ADVERTISEMENT
Salah satu guru SDN 03 Gumiwang Lor, Ibu Ika, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. "Program ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Selama ini mereka hanya menggunakan teknologi untuk bermain, tetapi melalui kegiatan ini mereka bisa memahami bagaimana teknologi bekerja dan bahkan menciptakan sesuatu sendiri," ujarnya.
Kegiatan ini ditutup dengan sesi presentasi hasil karya siswa, di mana mereka menunjukkan animasi sederhana yang telah mereka buat menggunakan Scratch. Mahasiswa KKN berharap bahwa program ini dapat menjadi titik awal bagi siswa SDN 03 Gumiwang Lor dalam mengenal dunia pemrograman dan mengembangkan keterampilan berpikir logis mereka.
Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa KKN Tim I berharap computational thinking dapat menjadi bagian dari pola pikir generasi muda sejak dini. Selain itu, mereka juga berharap pihak sekolah dapat terus mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi era digital yang semakin berkembang.
ADVERTISEMENT