Alasan Mahasiswa Tidak Suka Duduk di Barisan Depan

Saya adalah seorang mahasiswi jurusan Matematika di Universitas Sebelas Maret.
Konten dari Pengguna
6 April 2023 8:55
·
waktu baca 2 menit
Tulisan dari Hamidah Nabila Zahra tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mahasiswa yang Memilih Posisi Duduk Bagian Belakang. Sumber : Hamidah Nabila Zahra
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan perkuliahan, mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih posisi duduk selama berada di ruang kelas. Ketika memilih tempat duduk, mahasiswa pasti telah mempertimbangkan seberapa nyaman untuk memandang papan atau layar yang berada di depan kelas.
ADVERTISEMENT
Pemilihan posisi duduk tersebut juga memengaruhi performa mereka selama di kelas. Semakin depan posisi duduk mahasiswa selama di kelas, memungkinkan fokus mahasiswa lebih tinggi ketika perkuliahan daripada mahasiswa yang posisi duduk di belakang.
Namun, tidak semua mahasiswa menyukai posisi duduk di depan. Banyak alasan yang mereka gunakan untuk tidak memilih posisi duduk di depan. Berikut adalah beberapa alasan tersebut:
Ilustrasi mahasiswa ujian. Foto: exam student/Shutterstock
Saya juga seorang mahasiswa yang lebih sering memilih posisi duduk di belakang. Mungkin posisi baris ke-2 atau ke-3. Alasan kenyamanan untuk melihat layar yang membuat saya memilih posisi duduk di bagian tersebut. Selain itu, untuk menghindari pusat perhatian dosen dan mahasiswa yang lain di kelas.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, tidak jarang juga mahasiswa memilih posisi duduk di depan karena beberapa alasan yang mereka miliki. Terutama untuk mendapat fokus dan informasi yang lebih banyak terhadap suatu mata kuliah yang diajarkan dosen. Selain itu, mahasiswa juga dapat menunjukkan ketertarikannya terhadap suatu mata kuliah tersebut.