Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang

Book Author, Travel Writer, Mountaineer, IG-Twitter: harleysastha, Youtube: Harley Sastha
Konten dari Pengguna
22 November 2021 10:50
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Harley B Sastha tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang (84123)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana senja saat matahari terbenam di Pantai Lasiana, TWA Teluk Kupang. Foto: Dina Srikandi
"Paradise", mungkin itu kata yang paling tepat untuk menggambarkan bentang dan lanskap alam Indonesia bagian timur, termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT). Keajaiban alamnya tidak terbantahkan. Mulai dari kedalaman laut hingga puncak-puncak gunung. Tidak terkecuali keberadaan flora dan fauna khas dan endemik yang hidup serta berkembang. Semua itu berpadu harmonis dengan keunikan seni dan budaya masyarakatnya sejak berabad-abad lamanya.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau bicara pantai, NTT, merupakan salah satu yang memiliki hamparan pantai terbentang terbaik yang masing-masing memiliki kekhasan dan eksotismenya sendiri. Di antaranya yang berada di dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam TWA Teluk Kupang. Mengantongi luas 63.881,79 hektar, setidaknya ada enam pantai yang memiliki pemandangan eksotis, yang wajib kamu kunjungi. Tidak heran, kalau pada 22-24 November 2021, TWA Teluk Kupang, ditetapkan menjadi tuan rumah puncak perayaan Hari Konservasi Alam Nasional 2021, yang sejatinya diperingati pada 10 Agustus setiap tahunnya, mulai tahun 2009.
Pantai-pantai di TWA Teluk Kupang menawarkan spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Tidak usah khawatir kalau lapar melanda kamu. Berbagai ragam kuliner khas yang dijajakan masyarakat setempat, dapat dengan mudah kamu nikmati.
Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang (84124)
zoom-in-whitePerbesar
Pohon Kelapa dan Pohon Lontar membuat lanskap alam pantai-pantai di TWA Teluk Kupang semakin eksotis. Foto: Dina Srikandi.
1. Pantai Lasiana
ADVERTISEMENT
Jaraknya, hanya sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Kupang. Objek daya tarik wisata alam (ODTWA) di kawasan pantai Kupang ini, memiliki suguhan panorama pantai yang memanjakan mata. Pantai pasir putih dengan perairan lautnya yang biru jernih, jajaran ratusan pohon lontar (Borassu flabeliber) dan puluhan pohon kelapa, semakin menambah eksotis dan eloknya Pantai Lasiana.
Di sini kamu dapat melakukan aktivitas alam, seperti: jalan-jalan menyusuri tepi pantai, berenang, bermain voli, sepak bola pantai, dan memancing.
Keindahan dan eksotisme matahari terbenam di Pantai Lasiana, selama tiga hari: 22-24 November 2021, akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi para peserta dari seluruh Indonesia yang menghadiri puncak perayaan HKAN 2021.
Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang (84125)
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Lasiana, TWA Teluk Kupang. Foto: BBKSDA NTT
2. Pantai Manikin
Bukan sekadar menyuguhkan eksotisme pantai pasir putih, tetapi, Pantai Manikin juga mengajak kamu untuk wisata edukasi dengan mengenal hutan mangrove. Lokasinya, tidak jauh dari Pantai Lasiana. Jadi, asyik kan, karena dengan mudah kamu bisa singgah di kedua pantai yang berdampingan tersebut. Tugu perbatasan Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, menjadi salah satu tandanya.
ADVERTISEMENT
Saat sedang surut pada waktu sore hari, kamu akan disajikan pemandangan unik dan khas. Hamparan jutaan batu koral dan batu akik membentang sepanjang hingga sekitar tiga kilometer.
3. Pantai Nunsui
Sebagaimana destinasi pantai di Kota Kupang pada umumnya yang memiliki karakteristik landai, Pantai Nunsui pun demikian. Hal ini justru memberi keunikan dan kekhasan pantai-pantai tersebut. Seperti halnya, Pantai Manikin, di sini kamu juga dapat melihat berbagai batuan dengan aneka bentuk yang tidak beraturan, muncul dan terhampar saat air laut surut.
Sebuah pohon yang berdiri sendiri di sekitar pantai kerap menjadi spot untuk mengabadikan magisnya pemandangan matahari terbenam di Pantai Nunsui.
4. Pantai Oesapa
Berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Kupang, Pantai Oesapa, wajib masuk dalam list kunjungan pantai, saat kamu ke Kota Kupang. Hamparan pasir putihnya benar-benar sangat menawan dan memesona.
ADVERTISEMENT
Ratusan hingga ribuan pohon lontar yang berjajar di belakang pantai, semakin menambah eksotisnya Pantai Oesapa. Saat matahari terbenam, niscaya kamu akan terbawa oleh suasana yang terasa begitu romantis dan syahdu. Akses yang mudah dan pemandangan pantai yang memesona, membuatnya kerap menjadi incaran warga kupang bersantai.
5. Pantai Paradiso
Seperti namanya, paradiso atau paradise, Pantai Paradiso memang benar-benar menyajikan panorama pantai memesona dan mengagumkan. Keindahan saat matahari kembali ke peraduannya, membuat siapa pun yang menyaksikan langsung akan sejenak tercekat dan berdecak kagum melihatnya. Sangat indah dan memanjakan mata. Paradiso seolah benar-benar untuk melihat dan merasakan eloknya sekeping surgawi.
6. Pantai Tanjung Pelikan
Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang (84126)
zoom-in-whitePerbesar
Burung Pelikan, salah satu burung migran yang bisa dilihat di pantai Tanjung Pelikan. Foto: BBKSDA NTT
Selain menikmati keindahan panorama pantai, di Pantai Tanjung Pelikan, kamu dapat melihat aktivitas migrasi burung-burung migran. Salah satu di antaranya Pelikan. Bagi kamu yang mempunyai hobi bird watching, pantai ini cocok banget untuk dikunjungi.
ADVERTISEMENT
7. Pantai Pasir Putih Pulau Kera
Di pantai ini, kamu dapat melihat langsung sekaligus eksotis dan magisnya matahari terbit dan terbenam, sambil bersantai di pantai pasir putihnya. Menariknya, kamu dapat melihat hunian para nelayan singgah asal suku Bugis, Bajo dan lainnya.
8. Pantai Uiasa
Nah, untuk kamu yang hobi menyelam atau diving, Pantai Uiasa menjadi pilihan yang tepat untuk melihat panorama terumbu karang dan keanekaragaman hayati biota laut. Ekosistem padang lamun dan terumbu karang di perairan ini terbilang masih baik dan utuh.
Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang (84127)
zoom-in-whitePerbesar
Untuk para pecinta diving, TWAL Teluk Kupang menawarkan pesona keindahan bawah lautnya. Foto: BBKSDA NTT.
9. Pantai Tablolong
Terletak di ujung selatan Kota Kupang, Pantai Tablolong yang memiliki pasir putih, merupakan jalur migrasi ikan dari perairan laut Timor menuju Laut Sewu. Saat cuaca cerah dengan langit yang biru berpadu dengan air laut yang juga berwarna biru dan jernih, semakin menambah elokannya pemandangan pantai yang namanya diambil dari perkampungan nelayan kecil di ujung bagian timurnya.
ADVERTISEMENT
Nah, menariknya lagi, ternyata Pantai Tablolong merupakan wilayah penghasil rumput laut terbesar di provinsi NTT.
Selain sembilan pantai tersebut di atas, ada lagi pantai di ujung selatan di daerah Letenbun yang bisa masuk daftar list kunjungan kamu juga. Terlebih kalau kamu hobi surfing, pantai ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Gumuk-gumuk pasir yang membentuk bukit-bukit kecil, semakin menambah daya tarik objek daya tarik wisata alam pantai ini.
Tidak ketinggalan tentunya pantai sepanjang pesisir dari Rumah Tujuh ke arah Pelabuhan Tenau, yang juga wajib kamu sambangi. Merupakan salah satu lokasi ideal untuk diving. Di sini, kamu juga dapat melakukan snorkeling dan berbagai permainan wahana air lainnya.
Sembilan Pantai Eksotis yang Wajib Kamu Kunjungi di TWA Teluk Kupang (84128)
zoom-in-whitePerbesar
Seorang diver sedang menikmati dan mendokumentasikan kekayaan dan keindahan bawah laut TWA Teluk Kupang. Foto: BBKSDA NTT.
Jadi, bagaimana, keren-keren semuanya ya? Eits, jangan lupa untuk memasukkan pantai-pantai tersebut di atas dalam list kunjungan kamu ke Kota Kupang. Pastikan untuk selalu bijak dan bertanggung jawab dalam berwisata alam. Selalu menjaga kebersihan dan tidak melakukan vandalisme, agar alam tetap terjaga keberlanjutannya.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020