5 Cara Menentukan Undertone Kulit, Yuk Simak Selengkapnya!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 23:17
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Cara Menentukan Undertone Kulit, Yuk Simak Selengkapnya!  (19545)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit perempuan tipe 3 dan 4 menurut skala Fitzpatrick. Foto: Shutterstock
Jika kamu baru ingin menggunakan makeup atau baru memulai untuk belajar makeup, maka sebaiknya kamu harus tahu cara menentukan undertone kulit terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Undertone kulit merupakan patokan warna yang biasanya digunakan untuk menentukan makeup atau shade yang cocok untuk kulit kamu.
Saat memilih make up, tentunya kamu tidak boleh sembarangan karena setiap orang memiliki tone kulit yang berbeda-beda, hal itulah yang menyebabkan foundation, concealer, atau bahkan bedak seluruh wanita tidak bisa disamaratakan.
Ada tiga klasifikasi undertone yang harus kamu ketahui, pertama adalah cool undertone, warm undertone, dan neutral undertone. Lalu bagaimana cara membedakannya? Yuk, simak infromasi berkut ini!

5 Cara Menentukan Undertone Kulit

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini adalah cara menentukan warna undertone kulit kamu.

1. Cek warna urat nadi kamu

Cara ini merupakan cara yang paling mudah ketika kamu ingin mengecek jenis undertone kulit kamu.
Perlu kamu ketahui pada dasarnya undertone dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah warm undertone. Pada warm undertone, urat nadi terlihat lebih dominan warna hijau dan hijau pekat. Sedangkan untuk cool undertone, urat nadi kamu cenderung didominasi oleh warna biru dan ungu, dan untuk neutral undertone memiliki warna nadi biru, hijau dan biru muda.
ADVERTISEMENT

2. Cek dengan menggunakan perhiasan

Terkadang, urat nadi memang tidak bisa dilihat oleh sebagian orang. Semua tergantung dengan ketebalan kulit masing-masing sehingga agak cukup sulit menentukan urat nadi kamu berwarna apa.
Jika terjadi seperti itu, cara kedua yang harus kamu lakukan ketika ingin mengetahui jenis undertone kamu adalah mencoba untuk menggunakan perhiasan yang kamu miliki.
Kamu cukup gunakan perhiasan tersebut kemudian bandingkan mana perhiasan yang cocok dengan kamu. Biasanya, yang memiliki undetone cool akan sangat cocok jika menggunakan perhiasan berwarna silver. Namun untuk kamu yang memiliki undertone warm biasanya cocok jika menggunakan perihasan berwarna emas.

3. Cek dengan menggunakan kuteks hijau dan biru

Jika kamu masih kebingungan dan belum bisa memeriksa warna undertone kamu, berarti kamu wajib mengikuti cara yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa memastikan warna undertone kulit kamu dengan mengaplikasikan kutek berwarna hijau dan biru. Kamu bisa aplikasikan kuteks biru di tangan kanan dan kuteks hijau di tangan kiri kemudian bandingkan.
Jika tangan kamu cocok menggunakan kuteks berwarna biru, tandanya kamu memiliki tipe kulit cool undertone. Namun jika kamu lebih cocok menggunakan kuteks berwarna hijau, tandanya kamu memiliki warm undertone.

4. Cek dengan memperhatikan warna busana yang cocok

Kalau masih belum bisa menentukan warna undertone kamu, coba cara yang satu ini.
Kamu bisa menggunakan cara sederhana seperti memperhatikan warna pakaian apa yang cocok untuk kulit kamu. Jika kamu sangat cocok dengan warna earth tone seperti warna nude dan oranye, berarti kamu memiliki tone kulit warm. Namun jika kamu cocok dengan warna pakaian seperti ungu, biru, dan hijau tandanya kamu memiliki warna kulit cool.
ADVERTISEMENT

5. Cek dengan memperhatikan perubahan warna kulit saat terkena matahari

Cara terakhir adalah dengan mengandalkan sinar matahari. Kamu perlu memperhatikan bagaimana perubahan warna kulit kamu ketika seharian terpapar sinar matahari. Untuk seseorang yang memiliki warna cool undertone, warna kulit mereka akan berubah menjadi kemerahan. Sedangkan, seseorang yang memiliki warna kulit warm undertone kulitnya akan berubah menjadi lebih gelap atau tan, dan untuk yang memiliki kulit neutral undertone akan sulit membedakan antara kemerahan atau justru berubah menjadi lebih tan.
Berikut tadi adalah informasi mengenai cara menentukan undertone kulit kamu. Semoga bermanfaat!
(DL)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020