Cara Membuat Face Mist Saffron, Bikin Kulit Lebih Glowing

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
21 November 2022 15:22
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Membuat Face Mist Saffron. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Membuat Face Mist Saffron. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Saffron adalah sejenis rempah dari bunga Crocus Sativus yang berasal dari Asia Barat Daya. Belakangan ini saffron begitu terkenal di kalangan beauty enthusiast karena konon mengandung banyak manfaat untuk kulit.
ADVERTISEMENT
Saffron dikenal mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kulit. Manfaat selengkapnya dari saffron bisa kamu simak di bawah ini, ya.

Manfaat Saffron untuk Kulit

Berikut sejumlah manfaat saffron untuk kulit dirangkum dari Healthline.

1. Melindungi dari radiasi UV

Saffron memiliki senyawa aktif crocin yang mampu membantu kulit terhindar dari radiasi ultraviolet (UV). Radiasi UV meningkatkan produksi radikal bebas, yang menyebabkan stres oksidatif. Radiasi ini akan merusak sel-sel kulit dan mempercepat penuaan kulit.
Sebuah studi di tahun 2018 yang berjudul Crocin, A Natural Molecule with Potentially Beneficial Effects Against Skin Ageing, menemukan bahwa crocin memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah molekul yang mengurangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

2. Melawan Peradangan

Ilustrasi Cara Membuat Face Mist Saffron. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Membuat Face Mist Saffron. Foto: Unsplash
Peradangan, yang dapat disebabkan oleh stres oksidatif, merupakan akar dari banyak penyakit. Peradangan yang dimaksud di sini, termasuk pula peradangan kulit.
ADVERTISEMENT
Sifat antioksidan crocin dapat membantu melawan stres oksidatif dan peradangan ini. Menurut studi lab 2018 yang disebutkan di atas, crocin menekan ekspresi berbagai protein inflamasi.
Selain itu, sebuah studi hewan 2018 menemukan bahwa crocin membantu menyembuhkan dermatitis atopik pada tikus. Dermatitis atopik disebabkan oleh ekstrak dermatophagoides farinae (tungau rumah), yang umumnya terjadi pada manusia.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka yang tepat adalah kunci untuk kesehatan kulit. Saffron bisa menurunkan risiko seseorang terkena komplikasi, termasuk infeksi kulit dan jaringan parut.
Dalam studi hewan tahun 2008, krim dengan ekstrak saffron dapat meningkatkan penyembuhan luka pada tikus. Selain itu, saffron juga meningkatkan pertumbuhan sel kulit, yang diperlukan untuk menutup luka.
Meski demikian, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan manfaat ini.
ADVERTISEMENT

4. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi ketika kulit kelebihan pigmen atau melanin, sehingga kulit jadi lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya. Kelebihan pigmen atau melanin pada kulit terjadi karena jaringan parut, paparan sinar matahari, atau perubahan hormonal.
Sebuah studi pada manusia tahun 2013 menemukan bahwa senyawa aktif saffron, termasuk crocin, dapat menurunkan melanin sehingga noda hitam akibat hiperpigmentasi jadi hilang. Senyawa dalam saffron bekerja dengan menekan tirosinase, enzim yang penting untuk produksi melanin.

Cara Membuat Face Mist Saffron

Ilustrasi Cara Membuat Face Mist Saffron. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Membuat Face Mist Saffron. Foto: Unsplash
Untuk membuat face mist saffron, caranya mudah, kok. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Kamu cukup menyiapkan hal-hal berikut:
  • Witch hazel atau air mawar
  • Saffron
Tuang 1/2 cangkir witch hazel atau air mawar ke dalam botol semprot. yang bersih. Tambahkan 3 atau 4 helai saffron dan diamkan selama 1 hingga 2 hari.
ADVERTISEMENT
Warnanya akan berubah keemasan dan face mist saffron siap digunakan. Semprotkan langsung pada kulitmu atau aplikasikan menggunakan kapas.
(DEL)
Apa manfaat saffron?
chevron-down
Apakah saffron bisa mencerahkan kulit?
chevron-down
Apa itu saffron?
chevron-down