Cara Pakai Softlens untuk Pemula, Sudah Tahu Belum?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
19 Agustus 2022 16:07
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara pakai softlens untuk pemula (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pakai softlens untuk pemula (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Sudah tahu belum cara pakai softlens untuk pemula? Pemakaian softlens ini dianggap bisa lebih praktis loh ketimbang kacamata.
ADVERTISEMENT
Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting manusia dalam menunjang kesehatannya. Tentu saja kita bakal melakukan berbagai cara buat menjaga kesehatan mata.
Namun, pada kenyataannya kadang ada saja ya gangguan pada penglihatan yang umum dialami. Sebut saja mata minus atau yang dikenal dengan miopi. Makanya, banyak orang dengan mata minus yang akhirnya perlu memakai kacamata.
Sebagai alternatif penggunaan kacamata, kamu bisa memakai kontak lens atau softlens untuk mengatasi masalah mata minus ini. Penggunaan lensa kontak pun dinilai lebih praktis.
Biarpun lebih praktis, tapi kamu perlu tahu loh cara pemakaian softlens yang tepat. Kalau enggak, kesehatan mata bisa terganggu, misalnya mengalami iritasi, mata merah, maupun mata menjadi kering.
Selain untuk membantu penglihatan, pilihan softlens juga sudah makin beragam loh. Jadi, kamu bisa memilih softlens yang bisa mempercantik tampilan matamu!
ADVERTISEMENT
Nah, karena penggunaannya enggak bisa sembarangan. Kamu perlu mengetahui cara pakai softlens untuk pemula. Gimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Cara Pakai Softlens untuk Pemula

Ilustrasi cara pakai softlens untuk pemula (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pakai softlens untuk pemula (Sumber: Pexels)
Sebenarnya softlens serta kacamata mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, seperti mata minus, plus, silinder, atau gangguan mata akibat penuaan.
Hanya saja yang membedakan keduanya adalah cara pemakaian serta perawatannya. Buat lensa kontak pemakaiannya ini langsung dengan cara memasangkannya pada kedua bola matanya, tepatnya di bagian permukaan kornea mata.
Sedangkan, pemakaian kacamata adalah dengan cara menggantungkannya di kedua telinga serta tulang hidung.
Tapi, bagi kamu yang menggunakan kacamata, kadang kita suka merasa jadi lelah ya menggunakan kacamata. Belum lagi ketika kacamata hilang, gagangnya patah, atau yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Makanya enggak heran banyak yang akhirnya beralih dari kacamata ke softlens. Seperti namanya, softlens merupakan alat yang membantu penglihatan yang terbuat dari plastik lembut dan fleksibel, sehingga memungkinkan oksigen bisa mudah menembus kornea.
Bukan cuma sebagai pengganti kacamata, kini softlens pun banyak digunakan untuk keperluan fashion.
Ilustrasi cara pakai softlens untuk pemula (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pakai softlens untuk pemula (Sumber: Pexels)
Buat sebagian orang, penggunaan softlens pun dinilai lebih mudah dan praktis dibandingkan kacamata. Misalnya buat atlet, pekerja seni, aktris, penyanyi, atau orang-orang yang lebih banyak bekerja di outdoor dan aktivitas yang cukup berat. Jadi, kamu enggak perlu khawatir kacamata bakal hilang atau pecah.
Cara Pemakaian Softlens untuk Pemula
Menurut laman resmi American Academy of Ophthalmology, berikut adalah langkah pemakaian lensa kontak yang tepat.
1. Cuci Tangan
Cuci tangan terlebih dahulu.
2. Ambil Lensa
Ambil lensa secara perlahan dan hati-hati.
3. Bilas Lensa
Bilas lensa dulu dengan cairan khusus untuk softlens. Cek apakah ada robekan pada lensa.
4. Pasang Softlens
Mulai memasang softlens dengan hati-hati. Tutup mata secara perlahan.
Biar lebih aman untuk pemakaian softlens, kamu bisa memotong kuku untuk mencegah timbulnya sobekan pada lensa. Lalu, pastikan mata kamu dalam kondisi lembap dan sehat, pasalnya lensa yang terpakai pada mata yang kering bisa berisiko memicu masalah pada mata.
ADVERTISEMENT
Jika diperlukan, gunakan juga obat tetes mata secara rutin sesuai dengan anjuran untukmu yang aktif menggunakan softlens ya!
Itu dia penjelasan cara pakai softlens untuk pemula. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagimu ya!
(AN)