Toner Dipakai Setelah Apa? Ini Urutan yang Benar

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
23 November 2022 18:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Toner. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Toner. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Toner adalah produk skin care berbasis air yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan sisa kotoran dan minyak setelah mencuci wajah. Meski begitu, saat ini fungsi toner meliputi banyak hal, misalnya untuk membantu menutup pori-pori hingga membantu mencerahkan kulit.
ADVERTISEMENT
Banyak yang salah menduga bahwa toner adalah micellar water. Secara tekstur memang cukup mirip, tapi penggunaannya sangat berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan soal toner di bawah ini.

Jenis-jenis Toner

Ilustrasi Jenis-jenis Toner. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis-jenis Toner. Foto: Unsplash
Toner terbagi dalam dua kategori utama, yakni toner astringent dan toner penyeimbang. Toner astringen dirancang untuk kulit yang lebih berminyak, kulit kombinasi, atau kulit yang rentan berjerawat. Toner astringen meliputi toner eksfoliasi yang diformulasikan dengan AHA (asam glikolat, asam laktat, asam mandelic) dan BHA (asam salisilat).
Sementara toner penyeimbang diformulasikan lembut untuk menyeimbangkan pH kulit, melembabkan, dan menenangkan kulit. Jenis toner ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif.
Toner astringen tidak boleh digunakan setiap hari. Pakailah sekali atau dua kali seminggu. Jika kamu memiliki kulit yang kering, sebaiknya kuantitas penggunaan lebih dikurangi lagi, misalnya jadi sebulan sekali untuk mencegah kulit makin kering.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan toner penyeimbang, toner ini dapat digunakan dua kali sehari. Kamu bisa menjadikan toner ini bagian permanen dalam skin care routine-mu.

Manfaat Toner untuk Kulit

Ilustrasi Manfaat Toner untuk Kulit. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Toner untuk Kulit. Foto: Unsplash
Dari penjelasan di atas, kamu sudah tahu bahwa toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Namun, bukan hanya itu manfaat potensial dari toner.
Toner memiliki manfaat utama untuk menghilangkan minyak, bekas kotoran, bakteri, dan riasan. Toner juga bermanfaat untuk menghilangkan debu, polusi, dan kotoran yang masih tertinggal setelah wajah dicuci dengan pembersih wajah.
Menggunakan toner juga dapat meningkatkan kemanjuran produk lain. Toner yang sifatnya eksfoliasi atau yang membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, akan membantu produk perawatan kulit lainnya menembus lebih dalam ke dalam kulit.
Jadi, produk lain seperti serum, moisturizer, dan sunscreen dapat bekerja maksimal di kulit.
ADVERTISEMENT

Cara Pakai Toner yang Benar

Ilustrasi Cara Pakai Toner yang Benar. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Pakai Toner yang Benar. Foto: Unsplash
Nah, setelah tahu penjelasan tentang toner dan pentingnya toner dalam step skin care, kamu harus tahu juga cara pakai toner yang benar. Sebab, jika salah, maka toner tidak akan bekerja maksimal di kulitmu.
Lakukan tiga langkah sederhana di bawah ini, maka toner akan mencapai hasil yang efektif di kulitmu.
  1. Cuci wajah menggunakan pembersih wajah yang lembut dan cocok untuk kulitmu. Pastikan kotoran dan minyak bersih dari kulitmu.
  2. Setelah wajah dicuci dan masih agak lembap, aplikasikan toner untuk menghilangkan kotoran dan residu yang tersisa dari pembersih wajahmu. Step ini juga akan membantu kulit bersiap menerima produk selanjutnya.
  3. Aplikasikan pelembab untuk melembabkan dan melindungi kulit setelah pemakaian toner. Jika kamu menggunakan serum, maka aplikasikan serum terlebih dahulu setelah toner.
ADVERTISEMENT
Itulah tiga langkah sederhana yang mulai sekarang harus kamu praktikkan. Penggunaan toner bisa dengan kapas, bisa juga dengan tangan, ya.
Perhatikan konsentrasinya produknya, jika agak kental dan berfungsi untuk melembapkan, maka bisa menggunakan tangan. Tapi jika cair dan berfungsi untuk eksfoliasi, sebaiknya gunakan kapas.
(DEL)
Apa manfaat toner?
chevron-down
Toner sebaiknya pakai kapas atau tangan?
chevron-down
Duluan serum atau toner?
chevron-down
.