News
·
13 Mei 2021 21:41

Pro dan Kontra Begadang karena Mengerjakan Tugas

Konten ini diproduksi oleh Herniva Zanida
Pro dan Kontra Begadang karena Mengerjakan Tugas (130483)
searchPerbesar
Ilustrasi mengerjakan tugas hingga begadang. Sumber: Unsplash.com
Mengerjakan tugas hingga begadang karena dikejar deadline?
Tugas seharusnya tidak memberatkan mahasiswa atau murid sekalipun. Tugas diberikan untuk mengukur kemampuan yang dimiliki setelah diberikan materi belajar. Terkadang seseorang kehilangan semangat untuk belajar bahkan untuk mengerjakan tugas. Mahasiswa lebih sering begadang untuk mengerjakan tugas.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari buku yang berjudul Tubuh Anda Cerminan Kesehatan Anda, Mahendra, mengungkapkan begadang merusak sistem imun pada tubuh yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Organ tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dengan optimal jika tidak istirahat dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa begadang bukan kebiasaan yang baik meskipun untuk mengerjakan tugas.
Tidak hanya dampak buruk yang didapatkan, dampak baik juga didapatkan karena begadang. Begadang pada umumnya dilakukan sendirian. Oleh karena itu, di saat begadang seseorang cenderung lebih merasa nyaman, karena sebagian besar aktivitas sekitar menjadi tenang, begadang juga bisa menjadi sarana me-time yang dapat membantu melepaskan stres dan membuat seseorang merasa lebih relaks.
Meskipun mengerjakan tugas adalah kewajiban, tetapi harus tetap menjaga pola tidur 7-9 jam per hari untuk orang dewasa. Begadang untuk mengerjakan tugas diperbolehkan asalkan menjaga pola tidur dengan baik. Namun Sebagian mahasiswa atau mahasiswi cenderung begadang untuk mengerjakan tugas tanpa memperhatikan pola tidur yang baik. Bagaimana tanggapan pro dan kontra begadang karena mengerjakan tugas?
ADVERTISEMENT
“Saya berada di pihak pro, karena mengerjakan tugas di malam hari menjadi lebih produktif. Yang dimaksud lebih produktif adalah tidak ada gangguan dari orang yang ada di rumah dan suasana nya mendukung untuk kita menjadi lebih fokus.” Ucap Arina Nur Ihsani, salah satu mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada Sabtu (8/05/2021).
Arina menegaskan bahwa pada saat malam hari adalah waktu yang tepat untuk berpikir dan mengerjakan tugas karena, suasana yang tenang, dan tidak banyak gangguan yang dialami jika dibandingkan dengan gangguan di siang hari.
“Saya memilih kontra karena mengerjakan tugas hingga tengah malam bahkan hingga begadang dapat membuat kesehatan tubuh kita terganggu, mengurangi imun karena otak dan tubuh memerlukan istirahat apalagi pada malam hari, tubuh kita sudah diatur atau dijadwalkan untuk istirahat karena pada siang hari tubuh kita telah menjalankan aktivitas yang mungkin sudah memberatkan pikiran dan tubuh. Maka dari itu, pada malam hari merupakan waktu yang tepat untuk tubuh dan pikiran kita istirahat.” Ucap salah satu mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Heide Nabila Hambali, pada Sabtu (8/05/2021).
ADVERTISEMENT
Heide menegaskan bahwa pada malam hari bukanlah waktu yang efektif untuk mengerjakan tugas bahkan hingga begadang. Tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas dari pagi hingga sore hari.
Cara mengubah kebiasaan begadang walaupun untuk mengerjakan tugas ataupun untuk belajar.
1) Niat, niat adalah awal yang baik untuk memulai sesuatu;
2) Membuat daftar tugas;
3) Memprioritaskan deadline waktu yang lebih dekat;
4) Siapkan waktu luang untuk mengerjakan tugas yang mendekati waktu deadline;
5) Buat tempat nyaman untuk mengerjakan tugas ataupun belajar;
6) Jangan menunda waktu;
7) Pikirkan akibatnya dan manfaatnya;
8) Cari teman untuk mengerjakan tugas;
9) Mendengarkan musik untuk mempertahankan semangat;
10) Usahakan untuk mencapai target penyelesaian.
ADVERTISEMENT
Mengerjakan tugas adalah kebiasaan kecil yang mencerminkan seseorang. Jika kamu dapat disiplin dan konsisten mulai dari sekarang maka ke depannya kamu akan terbiasa dengan mudah. Begadang memberikan dampak buruk yang mempengaruhi jangka panjang pada seseorang. Maka mulai dari sekarang belajar disiplin, mulailah memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan tugas agar di malam hari kamu dapat istirahat dengan cukup dan memiliki pola tidur yang baik.