5 Tips Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Thrifting

Hijab Lifestyle
All about hijab.
Konten dari Pengguna
11 Oktober 2022 11:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi thrifting pertama kali. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi thrifting pertama kali. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Untuk bisa tampil stylish dan kekinian, kamu tidak perlu merogoh kocek yang mahal. Pasalnya, berbelanja pakaian bekas sampai saat ini masih banyak diminati berbagai kalangan, dari muda hingga tua. Kegiatan ini disebut dengan thrifting.
ADVERTISEMENT
Thrifting adalah kegiatan membeli barang-barang bekas yang masih layak untuk dipakai. Jika beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan barang high brand dengan harga yang terjangkau, lho. Sangat menarik, bukan?
Buat kamu yang baru ingin melakukan kegiatan thrifting pertama kali, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.
1. Outfit yang nyaman
Ilustrasi outfit yang nyaman. Foto: Shutterstock
Saat kamu ingin berbelanja barang bekas, yang salah satunya ada di Pasar Senen, sebaiknya gunakan outfit yang nyaman untuk mempermudah kegiatan selama melakukan thrifting. Hal ini karena di sana pasti akan ada banyak sekali orang yang juga melakukan thrifting. Selain itu juga tempatnya yang membuatmu bisa jadi bertambah gerah meski tempatnya sudah ber-AC.
Jadi, pastikan untuk pakai pakaian yang nyaman dan tidak berlapis-lapis, ya.
ADVERTISEMENT
2. Siapkan uang tunai
Hampir semua thrift shop bertempat di area pasar atau bahkan pinggir jalan. Sehingga membuat para pedagang sulit untuk menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan mesin debit atau digital. Mungkin memang ada beberapa thrift shop yang menggunakan pembayaran seperti itu, tapi daripada kamu tidak dapat membeli barang yang disukai, lebih baik menyiapkan uang tunai, ya.
3. Cek pakaian sedetail mungkin
Ilustrasi mengecek pakaian saat belanja di thrift shop. Foto: Shutterstock
Saat sedang thrifting, pastikan kamu untuk melakukan pengecekan baju sedetail mungkin karena kondisi dari pakaian bekas yang dijual di thrift shop tidak mungkin bisa 100% sempurna. Makanya, kamu harus fokus dalam memilih dan mengecek barang dengan kualitas yang mendekati sempurna. Mulai dari kondisi warna, jahitan, hingga apakah terdapat noda atau robekan pada pakaian.
ADVERTISEMENT
4. Jangan ragu menawar
Meski pakaian yang dijual sudah murah, tidak ada salahnya jika kamu menawar harga. Tapi, jangan menawar terlalu berlebihan ya.
5. Jangan lupa dicuci dahulu
Ilustrasi mencuci baju, Foto: Shutterstock
Setelah kamu mendapatkan dan membeli barang-barang yang dicari, kemudian membawanya pulang, jangan lupa untuk mencuci pakaiannya dahulu sebelum digunakan. Sebab, barang-barang yang dibeli merupakan second hand atau sudah pernah digunakan sebelumnya. Terlebih, kamu pun tidak tahu siapa yang pakai barang tersebut. Jadi, lebih baik dicuci dan direndam menggunakan detergen dan air panas untuk menghilangkan kotoran dan noda yang menempel di pakaian.
Nah, itu saja lima hal yang wajib kamu perhatikan selama thrifting pertama kali. Semoga membantu, ya!