Begini Makna Surga di Telapak Kaki Ibu

All about hijab.
Konten dari Pengguna
1 Juni 2020 13:17
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Seorang bayi yang menggenggam jari ibunya. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Seorang bayi yang menggenggam jari ibunya. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Orang tua menjadi peran penting dalam tumbuh kembang anak. Khusus untuk seorang ibu, mereka telah berjuang sangat keras sejak mengandung hingga membesarkan seorang anak.
ADVERTISEMENT
Kalian pasti seringkali mendengar penyataan "surga berada di telapak kaki ibu" kan? Kalau dalam bahasa Arab diucapkan dengan kalimat al-jannau tahta aqdam al-ummahat. Penyataan tersebut menggambarkan kalau kita semua harus berbakti kepada ibu.
Seorang ibu mendapatkan kedudukan tertinggi dalam Islam. Ini telah dijelaskan dalam satu hadis dari Abu Hurairah ra berkata:
"Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Nabi shalallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu. (HR. Bukhari)
ADVERTISEMENT
Di dalam hadis tersebut, nama ibu disebutkan sebanyak tiga kali dan ayah satu kali. Nah, kiasan "surga di telapak kaki ibu" adalah satu perumpamaan yang bahwasannya sebagai anak wajib menghormati tiga kali lebih baik ketimbang ayah. Bukan berarti ayah tidak harus dihormati, ya. Tetapi, dalam bentuk jasa seorang ibu di sini jauh lebih besar pengorbanannya.
Dalam hal apa pun, sebagai seorang anak sudah seharusnya mementingkan kepentingan seorang ibu dibanding kepentingan pribadi. Mungkin inilah yang dimaksud "surga berada di telapak kaki ibu". Dan kiasan tersebut pula telah diyakini oleh banyak orang untuk tidak melawan, membantah, membentak, bahkan sampai menyakiti hari seorang ibu.
Dirangkum dari berbagai sumber, seorang ibu dari orang-orang mukmin kelak di surga akan diberikan tempat tertinggi bersama dengan Nabi Muhammad SAW .
ADVERTISEMENT
Untuk itu, penting bagi kita semua untuk menyayangi ibu dan buatlah hari-harinya tersenyum bahagia atas setiap perbuatan dan perkataan yang diberikan untuk ibu. Sesungguhnya, surga berada di telapak kaki ibu.
Wallahualam.