News
·
9 Oktober 2018 14:15

6 Manfaat Hijab di Kehidupan Sehari-hari

Konten ini diproduksi oleh Hijab Lifestyle
6 Manfaat Hijab di Kehidupan Sehari-hari (479469)
Pejudo putri Indonesia Miftahul Jannah (tengah) berunding dengan perangkat pertandingan sebelum bertanding di kelas kelas 52 kg blind judo Asian Para Games 2018 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (8/10). (Foto: ANTARA FOTO/BOLA.COM/M Iqbal Ichsan)
ADVERTISEMENT
Assalamualaikum sahabat hijab, memakai hijab bagi seorang muslimah sudah menjadi kewajiban. Baru-baru ini ramai diberitakan seorang atlet Judo yang didiskualifikasi dikarenakan enggan melepas hijabnya. Entah apa yang mendasari pihak official sehingga melakukan hal tersebut. Tahukah kamu sahabat bahwa selain menjadi kewajiban seorang muslimah, hijab ternyata memiliki beberapa manfaat positif dalam kehidupan sehari-hari. Yuk simak uraian berikut ini:
1. Menutup Aurat
Sudah tentu ini adalah manfaat dasar yang akan diperoleh seorang perempuan yang menggunakan hijab dalam kesehariannya. Dengan menggunakan hijab kita akan menutupi seluruh aurat yang tidak diperbolehkan dilihat orang lain kecuali suami. Contohnya adalah kekukan dada dan paha.
2. Mencegah dari Paparan Sinar Matahari
Sinar matahari yang terik akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala yang mungkin berdampak serius bagi sahabat. Dengan menggunakan hijab, maka sahabat akan terlindungi dari masalah tersebut yang artinya tidak perlu menggunakan penutup kepala tambahan lagi.
ADVERTISEMENT
3. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit
Perlu sahabat ketahui mengenakan pakaian ketat plus terkena sinar matahari dalam waktu lama akan mengakibatkan kulit menderita kanker milanoma. Wanita berhijab pasti memiliki pakaian yang longgar dan pasti terhindar dari bahaya ini.
4. Menjaga Kesehatan Rambut
Sinar matahari, debu, polusi, dan berbagai radikal bebas yang terdapat diudara dapat mengakibatkan berbagai masalah serius untuk rambut. Sebut saja ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan berbagai keluhan lain yang dapat sahabat atasi dengan menggunakan hijab. Debu dan polusi merupakan penyebab utama masalah rambut, menggunakan hijab adalah salah satu solusi praktisnya.
5. Berusaha Berperilaku Lebih Baik
Menggunakan hijab tidak semata menutupi aurat, melainkan juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berprilaku baik sesuai kaidah agama. Yang dimaksud menjaga pandangan disini adalah bagaimana wanita menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam.
ADVERTISEMENT
Walaupun banyak yang mengatakan bahwa hijab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun jika seseorang telah memiliki niat berhijab, maka ia tentu akan berusaha untuk menjalani perintah agamanya.
6. Mencegah Diganggu atau Digoda Oleh Laki-Laki
Percaya atau tidak ini adalah manfaat menggunakan hijab yang tidak disadari, namun survei telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perempuan yang menggunakan hijab.