Wajib Tahu, Ini 7 Tips Memilih Produk Makeup untuk Kulit Berjerawat

All about hijab.
Konten dari Pengguna
27 Juni 2022 10:42
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hijab Lifestyle tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menggunakan makeup untuk kulit berjerawat. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan makeup untuk kulit berjerawat. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Memiliki kulit berjerawat memang dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri bagi perempuan. Bahkan, untuk menggunakan makeup pun cenderung susah karena harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan ada beberapa produk makeup yang tidak disarankan untuk digunakan kulit berjerawat.
ADVERTISEMENT
Orang yang memiliki kulit berjerawat cenderung memiliki kulit yang berminyak dan berkomedo. Produksi minyak yang berlebih pada wajah bisa membuat makeup menjadi mudah luntur dan tidak bisa menempel. Maka dari itu, kamu mesti memilih makeup khusus untuk kulit berjerawat.
Berikut ada beberap tips memilih makeup untuk kulit berjerawat seperti dilansir dari berbagai sumber.
1. Produk makeup dengan kandungan antibakteri
Ilustrasi produk makeup. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi produk makeup. Foto: Shutter Stock
Jerawat yang tumbuh pada wajah umumnya disebabkan oleh bakteri yang berkembang pada kulit wajah. Kesalahan dalam memilih makeup dapat menyebabkan iritasi dan kulit jerawat semakin parah.
Untuk itu, pilihlah makeup yang mengandung salicylic acid, kaolin, clay, dan zinc. Kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan bisa membuat jerawat lebih kering.
ADVERTISEMENT
2. Primer khusus kulit berjerawat
Untuk kulit berjerawat, tidak semua primer bisa kamu gunakan. Kamu wajib banget memilih primer yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat, karena primer jenis ini akan membuat jerawat aman dan makeup menempel dengan sempurna.
3. Color corrector warna hijau
Ilustrasi penggunaan color corrector. Foto: wing-wing/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penggunaan color corrector. Foto: wing-wing/Shutterstock
Penggunaan color corrector akan menjadi teman baik bagi yang punya kulit berjerawat. Gunakan color corrector berwarna hijau untuk menutupi jerawat dan menetralkan warna jerawat kemerahan, sehingga pengaplikasian concealer ataupun foundation akan sempurna tertutupi. Sehingga tampilan makeup-mu akan lebih sempurna.
4. Foundation dengan hasil akhir semi-matte
Kamu yang suka hasil makeup matte ataupun glowy mesti sangat hati-hati, karena jika kulitmu berjerawat akan membuat jerawat semakin kering sehingga makeup akan terlihat tidak halus. Pun mereka yang memiliki kulit berjerawat harus menghindari foundation dewy karena akan menambah bobot minyak wajah, alhasil jerawat akan bertambah parah.
ADVERTISEMENT
Jadi, sebaiknya pilihlah foundation dengan hasil akhir semi-matte untuk hasil akhir yang flawless.
5. Bedak tabur tanpa kandungan fragrance
Ilustrasi Bedak Tabur Foto: Shutterstock/Taffpixture
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bedak Tabur Foto: Shutterstock/Taffpixture
Untuk set makeup, pilihlah bedak tabur yang memiliki tektur ringan dan tidak membuat pori-porimu tersumbat alias pilih bedak tabur khusus kulit berjerawat. Selain itu, jangan pula memilih bedak tabur yang memiliki kandungan fragrance, sebab hal ini bisa menyebabkan kulitmu iritasi.
6. Hindari penggunaan highlighter
Highlighter memang selalu dijadikan penyempurna tampilan makeup, namun jangan kamu aplikasikan pada kulit berjerawat. Bukan membuat tampilan makeup-mu semakin berkilau, justru dapat membuat tekstur kulit berjerawatmu semakin jelas.
7. Hindari produk berbahan dasar oil
Ilustrasi produk berbahan dasar air. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi produk berbahan dasar air. Foto: Shutterstock
Hal terakhir yang mesti kamu perhatikan dengan baik sebelum membeli produk adalah kandungan yang terdapat di dalamnya. Bagi kulit berjerawat, hindarilah produk makeup berbahan dasar oil karena bisa memicu peradangan pada kulit. Sebaiknya, gunakan makeup yang berbahan dasar air, khususnya dalam produk yang dilapisi keseluruh wajah, seperti moisturizer, primer, dan foundation.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia 7 tips yang dapat kamu terapkan dalam memilih produk makeup untuk kulit berjerawat. Selalu perhatikan kandungan di dalam setiap produk, ya!