Pencarian populer

4 Situs Online Berbahasa Indonesia untuk Referensi Skripsi Kamu

Ilustrasi Internet. Foto: Pixabay
Hi!Pontianak - Skripsi kerap jadi dilema dan persoalan bagi mahasiswa tingkat akhir. Proses pengerjaan skripsi yang menguras waktu dan tenaga, untuk memperoleh data penelitian akan terasa melelahkan, kadang menemukan titik buntu dan bikin putus asa.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, skripsi harus tetap kamu selesaikan sebagai syarat untuk mendapat gelar sarjana. Nah, dengan kemudahan teknologi saat ini, kamu tidak perlu bingung mencari bahan dan materi skripsimu, karena sekarang sudah banyak situs online yang menyediakan referensi data dan informasi lengkap dan terpercaya. Berikut Hi!Pontianak telah merangkum 4 situs online berbahasa Indonesia yang bisa membantu menyediakan materi terpercaya untuk skripsi kamu.
  1. Perpustakaan Nasional (Perpusnas)
Laman e-Resources Perpusnas (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)
Situs ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Mereka memiliki jurnal-jurnal ilmiah yang bisa kamu download secara gratis. Untuk bisa men-download jurnal atau riset-riset penelitian, kamu harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu melalui website yang disediakan. Selain itu PNRI juga memiliki sebuah perpustakaan online, yakni iPusnas untuk sumber skripsimu yang bisa diakses dengan mudah, dan sistemnya sama seperti saat pinjam buku di perpustakaan biasa. Menarik, bukan?
ADVERTISEMENT
  1. Academia
Ingin mencari paper riset dari seluruh dunia? Academia bisa menjadi tempat yang dituju. Ini merupakan situs yang menyediakan berbagai paper hasil riset dari seluruh dunia yang bisa diakses secara gratis. Mahasiswa bisa menemukan hasil-hasil penelitian dari berbagai bidang yang bermanfaat. Selain mencari paper, pengguna bisa juga membagi hasil risetnya di sini. https://www.academia.edu/
  1. Google Scholar
Laman Google Scholar. Foto: istimewa
Hal pertama yang bisa kamu lakukan kalau sudah ada tema skripsi adalah cek ke Google Scholar. Di Google Scholar, kamu bisa nemuin berbagai jurnal online yang berhubungan dengan topik skripsimu, sehingga memudahkan kamu untuk mengutip data-data yang kamu butuhkan untuk bahan skripsi yang dibutuhkan. situs ini bisa kamu akses di https://www.scholar.google.co.id/
  1. Indonesian Publication Index
ADVERTISEMENT
Hampir sama dengan Google Scholar maupun Microsoft Academic. Bedanya Indonesian Public Index menyediakan publikasi ilmiah dalam bahasa Indonesia. Buat kamu yang kesulitan dalam bahasa Inggris, situs ini bisa menjadi alternatif. http://id.portalgaruda.org (hp6)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.84