Woman
·
13 September 2021 11:39
·
waktu baca 2 menit

5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah (632796)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan sedih. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Self-esteem merupakan nilai diri yang dimiliki seseorang untuk mendeskripsikan dirinya sendiri. Tentunya, self-esteem memiliki peran yang samgat penting dalam kehidupan setiap orang.
ADVERTISEMENT
Seseorang yang memiliki self-esteem rendah akan cenderung memandang rendah dirinya sendiri hingga rentan depresi. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki pandangan positif terhadap keberhargaan diri sendiri.
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 tanda kamu punya self-esteem yang rendah:
1. Selalu Memandang Negatif Diri Sendiri
Seseorang yang memiliki self-esteem rendah cenderung tidak dapat meilihat sisi positif yang ada pada dirinya. Kamu justru memandang dirimu lemah dalam segala hal dan terus menerus mengkritik diri sendiri. Pemikiran seperti ini secara berkepanjangan akan membuatmu mudah minder dan takut mencoba hal baru.
2. Sering Meragukan Diri Sendiri
5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah (632797)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan meragukan diri sendiri. Foto: Shutterstock
Tak jarang, banyak orang yang merasa takut gagal saat ingin memulai sesuatu. Namun, jika kamu terlalu sering meragukan diri sendiri, kamu akan sulit untuk mengambil keputusan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, kamu juga akan sulit bersosialisasi dan cenderung menghindari dari perkumpulan karena tidak percaya diri dengan kemampuanmu.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
3. Sering Mengikuti Perkataan Orang Lain
Mendengarkan pendapat orang lain tentu boleh kamu lakukan. Namun, kamu tidak harus mengikuti semua perkataan orang lain terhadap dirimu.
Hal tersebut justru akan membuatmu tidak berani mengungkapkan pendapat kepada orang lain. Padahal, kamu memiliki pendapat sendiri dan berhak untuk menolak serta berargumen.
4. Terlalu Sering Meminta Maaf
5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah (632798)
searchPerbesar
Ilustrasi. Foto: Shutter Stock
Tidak semua jalan kehidupan yang terjadi sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan rencanakan. Setiap orang wajar jika melakukan kesalahan.
Namun, kamu tidak harus terus menerus meminta maaf atas kesalahan yang sebenarnya tidak kamu lakukan kepada orang lain. Kamu cenderung sering meminta maaf kepada orang lain dan menyalahkan diri sendiri.
ADVERTISEMENT
5. Haus Akan Validasi
Seseorang dengan self-esteem yang rendah selalu ingin mendapatkan validasi dari orang lain. Setiap orang memang senang jika mendapatkan pujian.
Namun, jika kamu terus menerus ingin dipuji dengan cara semua orang harus menyukaimu, kamu justru akan merasa lelah karena berusaha kerasa menyenangkan hati semua orang. Padahal, belum tentu orang lain memiliki prinsip yang sama denganmu.