Aksi Heroik Polisi di Sekadau Selamatkan Wanita Coba Bunuh Diri di Sungai Kapuas

Konten Media Partner
31 Januari 2024 9:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bripka William mengevakuasi perempuan yang hendak bunuh diri di Sungai Kapuas. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Bripka William mengevakuasi perempuan yang hendak bunuh diri di Sungai Kapuas. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Hi!Sekadau - Aksi heroik Bripka William Gastelly berhasil menyelamatkan seorang perempuan yang hendak bunuh diri di Sungai Kapuas, tepatnya di steher Pasar Sekadau, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Selasa malam, 30 Januari 2024.
ADVERTISEMENT
Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, melalui Kasat Samapta Polres Sekadau, Iptu Triyono, menjelaskan saat itu anak-anak yang berada di sekitar Sungai Kapuas melihat korban yang berinisial AI dalam keadaan seperti tenggelam.
Peristiwa itu lalu dilaporkan kepada Bripka William. Ia yang mendapatkan informasi tersebut bergegas untuk menyelamatkan korban dengan menggunakan speedboat bersama anggota patroli Perintis Presisi.
"Korban berhasil diselamatkan di tengah Sungai Kapuas dalam keadaan tidak sadar, kemudian dibawa ke klinik Anugrah untuk mendapatkan perawatan medis. Saat ini, kondisinya sudah membaik dan korban telah pulang bersama keluarganya," kata Triyono, Rabu, 31 Januari 2024.
Triyono mengatakan, perempuan tersebut nekat mengakhiri hidupnya karena merasa bersalah telah membuat laporan menjadi korban begal, namun belakangan diketahui itu adalah hoaks. Faktanya, AI justru menjadi korban penipuan pembelian handphone secara online dengan kerugian sebesar Rp 9 juta.
ADVERTISEMENT
Menyikapi kejadian itu, Triyono mengimbau masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap kesehatan mental dan kondisi emosional orang-orang di sekitarnya. Jangan malah menghakimi, tanpa mengetahui keadaan yang sebenarnya.
"Doronglah mereka untuk mencari bantuan profesional dan berbagi cerita kepada teman, keluarga, atau lembaga yang dapat memberikan dukungan. Ingatlah bahwa kesediaan kita untuk mendengarkan dan memberikan bantuan bisa membuat perbedaan besar dalam mengatasi situasi sulit seperti ini," imbaunya.
-------------------------------------------------
Anda bisa mencari bantuan jika mengetahui ada sahabat atau kerabat, termasuk diri anda sendiri, yang memiliki kecenderungan bunuh diri.
Informasi terkait depresi dan isu kesehatan mental bisa diperoleh dengan menghubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat, atau mengontak sejumlah komunitas untuk mendapat pendampingan seperti LSM Jangan Bunuh Diri via email [email protected] dan saluran telepon (021) 9696 9293, dan Yayasan Pulih di (021) 78842580.
ADVERTISEMENT