News
·
6 Februari 2021 22:29

Drama Penangkapan Harimau Tora yang Lepas dari Kandang Sinka Zoo Singkawang

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Drama Penangkapan Harimau Tora yang Lepas dari Kandang Sinka Zoo Singkawang (257656)
searchPerbesar
Harimau Tora yang berhasil diamankan. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Hi!Singkawang - Kerja keras tim gabungan TNI-Polri dan BKSDA selama kurang lebih 24 jam untuk mencari harimau yang lepas dari kandangnya di kebun binatang Sinka Zoo Singkawang, Kalimantan Barat, membuahkan hasil. Seekor harimau bernama Tora berhasil diamankan dengan tembak bius.
ADVERTISEMENT
Operasi penangkapan harimau Tora ini cukup sulit. Semak-semak hingga pepohonan menjadi rintangan bagi petugas saat berupaya menembakan obat bius ke harimau tersebut.
Tak hanya itu, petugas juga menggunakan drone dalam proses pencarian harimau yang lepas itu. Demi menjaga keselamatan, para personel saling melindungi satu dengan yang lainnya.
"Personel yang berada paling depan, dekat dengan Tora itu jaraknya kurang lebih 4 meter," Dandim 1202/Singkawang, Letkol Inf Condro, Sabtu malam, 6 Februari 2021.
Berkat kerja sama para petugas, harimau Tora berhasil diamankan dengan tembakan bius. Saat ini, Tora sudah diamankan dan masih terus dipantau oleh petugas.
Elka Surya, Juru Bicara Sinka Zoo Singkawang mengatakan, tim masih menunggu Tora hingga sadar. Dari hasil pemeriksaan, kata dia, kondisi Tora cukup baik dan telinganya sudah mulai bergerak.
ADVERTISEMENT
"Dosisnya (bius) lumayan, 3 kali tembakan bius. Alhamdulillah Tora sudah diamankan, kita masih pantau reaksinya hingga sadar nanti," tuturnya.