Galakkan Penghijauan, Langkah Wali Kota Pontianak Hadapi Perubahan Iklim

Konten Media Partner
12 Maret 2023 10:03
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Foto bersama usai talkshow yang digelar memperingati ulang tahun Kolase.id. Foto: Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Foto bersama usai talkshow yang digelar memperingati ulang tahun Kolase.id. Foto: Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Hi!Pontianak - Mengkampanyekan penghijauan merupakan salah satu langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam menghadapi perubahan iklim.
Pernyataan itu disampaikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, saat menjadi pembicara dalam talkshow 'Mengendalikan Perubahan Iklim dari Sudut Kebijakan Politik Lingkungan' yang digelar media online Kolase.id dalam rangka Anniversary ke-1 tahun, pada Sabtu malam, 11 Maret 2023 di Cafe Bumi Gemawan.
Edi menyebut, saat ini Pemkot Pontianak berupaya berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim dunia. Salah satunya dengan menyusun Rencana Aksi Perubahan Iklim dengan pendampingan Global Covenant of Mayors for Climate and Energy (GCoM) Asia Pacific, dan Center for Climate Risk and Opportunity Management in Southeast Asia and Pacific Institut Pertanian Bogor (CCROM IPB).
"Dalam rencana aksi ini juga sebagai upaya untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup di Kota Pontianak," ujarnya.
Selain itu, sederet upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak antara lain dengan mendirikan bank sampah, penyediaan TPS3R, menggalakkan penanaman pohon, dan berpartisipasi aktif dalam setiap agenda nasional yang bertema lingkungan. Serangkaian upaya tersebut, sambung Edi, telah membuahkan hasil berupa penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta terpilih sebagai salah satu kota percontohan program GCoM.
"Kita rutin menggalakkan penghijauan, pengolahan sampah 3R, bank sampah, kemudian kita masuk program GCoM, selalu ikut kegiatan-kegiatan isu lingkungan seperti 60+ hour dan lainnya," ungkapnya.
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjadi keynote speaker dalam talkshow membahas isu perubahan iklim. Foto: Prokopim Pemkot Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjadi keynote speaker dalam talkshow membahas isu perubahan iklim. Foto: Prokopim Pemkot Pontianak
Secara berkelanjutan, sambung Edi, pihaknya ingin menjadikan Pontianak sebagai kota hijau. Pengolahan sampah, limbah, iklim udaranya harus bisa terjaga agar tetap sehat. Untuk itu ia mengajak masyarakat agar dapat melakukan penghematan energi, menggalakkan penggunaan sepeda, jalan kaki terus digaungkan.
"Upaya itu dilakukan untuk mencegah dampak perubahan iklim yang serius di masa depan," tuturnya.
Sementara itu Direktur Kolase.id Andi Fachrizal menambahkan, memperingati setahun berdirinya Kolase.id, pihaknya menggelar talkshow dengan tema membahas perubahan iklim. Latar belakang diangkatnya tema mengusung isu perubahan iklim ini karena isu ini menjadi persoalan yang dihadapi seluruh dunia, ditambah ancaman resesi global.
"Sehingga tidak ada pilihan bagi kita semua untuk mencurahkan pemikiran kita kembali beraksi bersama-sama melawan perubahan iklim," terangnya.
Untuk mengupas tuntas apa saja yang menjadi persoalan dan langkah-langkah strategis melawan perubahan iklim ini, Kolase.id mengundang para praktisi dan pengambil kebijakan untuk duduk bersama berdiskusi.
"Kita ingin mendengarkan ide-ide dari hasil pemikiran para narasumber yang hadir dalam talkshow ini. Semoga dari diskusi ini, banyak hal yang bisa kita implementasikan bersama," jelas Andi.