kumparan
11 November 2019 11:10

Gelar Budaya Sambas Akan Dilaksanakan di Pontianak dan Yogyakarta

Event Gelar Budaya Sambas akan digelar oleh Ikmas di Kota Pontianak dan Yogyakarta. Foto: Dok Ikmas
Hi!Pontianak - Event Gelar Budaya Sambas (GBS) akan digelar serentak oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Sambas (Ikmas), di Kota Pontianak dan Yogyakarta pada November 2019. Event kebudayaan ini merupakan event tahunan yang telah digelar ke-4 kalinya.
ADVERTISEMENT
Tahun ini, event kebudayaan akan digelar 19-20 November 2019 di Gedung Auditorium Untan. Pada kegiatan budaya tersebut, Ikmas akan menampilkan berbagai macam pertunjukan, seperti penampilan Tarian Tandak Sambas, Musik Akustik Filsafah Melayu, Parodi Cerite Sambas serta menampilkan Kesenian Silat Otar-otar asli didatangkan langsung dari Kota Lama Kecamatan Galing serta Penampilan Merah Jingga Band Etnic Artis Pontianak dan Mazinur (Filsafah Melayu) Artis Sambas sebagai Guest Star di acara ini.
Event kebudayaan akan digelar 19-20 November 2019 di Gedung Auditorium Untan. Foto: Dok Ikmas
Dewo Sriono, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, GBS Ikmas Pontianak mengangkat tema "Junjung Marwah, Lestariakan Budaye", spesial promo budaya, yaitu Kesenian Silat Otar-otar asli dari Kota Lama kecamatan Galing Kabupaten Sambas.
“Insya Allah rangkaian acara dua hari pada tanggal 19 hingga 20 November 2019 bertempat di Gedung Auditorium Untan Pontianak. Diharapkan masyarakat Sambas hadir dalam acara ini karena kita jug menyajikan makanan khas Sambas, acaranya gratis tidak dipungut biaya,” katanya, Senin (11/11).
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk pelaksanan event GBS Ikmas Yogyakarta yang ke-4 akan mengangkat tema "Sepentas Budaye, Menenun Rindu di tanah Jawe", spesial promo Kanin Lungi Sambas yang akan dilaksanakan seminggu setelah GBS Ikmas Pontianak dengan rangkaian acara yang sama, pada tanggal 27-28 November 2019, di Gedung Utama Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Berkapasitas kurang lebih 1.000 pengunjung.
Event Gelar Budaya Sambas juga akan digelar, pada tanggal 27-28 November 2019, di Gedung Utama Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Foto: Dok Ikmas
Ardy Sanjaya, Dewan Kehormatan Ikmas menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.
“Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sambas yang telah mendukung penuh adik-adik mahasiswa Sambas dalam upaya melestariakan Budaya asli Sambas. Dengan tujuan untuk silaturahmi warga Sambas di luar daerah serta mengangkat marwah dan memperkenalkan budaya Sambas,” tuturnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan